Home News Windows 10 Cloud: Versi Baru Windows yang Lebih Simple, Murah, dan Ringan

Windows 10 Cloud: Versi Baru Windows yang Lebih Simple, Murah, dan Ringan

Windows 10 Cloud: Versi Baru Windows yang Lebih Simple, Murah, dan Ringan

Sebagai informasi, Microsoft saat ini tengah sibuk mengembangkan versi baru dari Windows yaitu Windows 10 Cloud. Banyak rumor yang beredar mengenainya, ada yang berspekulasi bahwa ini adalah Windows versi online, Windows versi sewa (cloud subscription Windows 365, seperti Office 365), dan sebagainya.

Namun ternyata bukan.

Lalu apa itu Windows 10 Cloud dan apa bedanya dengan Windows 10 saat ini?

Windows 10 Cloud adalah versi Windows yang sudah disederhanakan, dibuat jadi lebih simple, sehingga bisa dijual dengan harga lebih murah.

Kabarnya Microsoft merilis ini untuk berkompetisi langsung dengan Chromebook yang saat ini sedang berusaha merebut pasar dengan menyertakan Google Play Store kedalamnya. (Baca juga: Setelah Aplikasi Android, Kini Adobe Photoshop Juga Dihadirkan ke Chromebook)

Windows 10 Cloud dikabarkan hanya bisa menjalankan aplikasi UWP saja, yaitu aplikasi yang didownload dan diinstall langsung melalui Windows Store. Mirip seperti Windows RT, tetapi tidak lagi terbatas hanya untuk perangkat ARM saja. (Baca juga: Sebuah Revolusi, Full Windows 10 Bisa Berjalan di Hardware ARM!)

Windows 10 Cloud sendiri bakal memiliki 3 versi, yaitu Windows 10 Cloud OEM, Windows 10 Cloud Retail, dan Windows 10 CloudN OEM.

Windows 10 Cloud: Versi Baru Windows yang Lebih Simple, Murah, dan Ringan

Tersedianya versi retail memastikan bahwa Windows 10 Cloud tidak seperti Windows 8.1 with Bing yang hanya tersedia bagi OEM saja, melainkan bisa dibeli bebas juga versi retailnya dan diinstall sendiri di PC pengguna. (Baca juga: Inilah Windows 8.1 with Bing)

Dengan versi yang lebih simple, harga yang lebih murah, namun terbatas untuk menjalankan aplikasi UWP saja, apakah kamu tertarik menggunakan Windows 10 Cloud ini?

Bagikan pendapat kamu disini

via zdnet | petri

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.