Baru baru ini ada satu hal yang menarik perhatian saya, dimana pengguna Twitter @NTDev, melakukan sebuah uji coba menjalankan Windows 7 dengan spesifikasi yang sangat jauh dibawah dari minimum Requirements Windows 7 itu sendiri.

Yap, meskipun OS yang sudah resmi berakhir sejak tahun 2020 ini memiliki minimum requirements dengan 1 GB RAM atau 2 GB untuk versi 64 bit dan Single Core 1 GHz Processor, namun berdasarkan uji coba NTDEV, dia mencatat bahwa Windows 7 bisa berjalan dengan Processor Pentium-S 5MHz yang mana itu 200 kali lebih rendah dibandingkan minimum requirements resmi dari Microsoft, dan bahkan RAM yang digunakan cukup dengan 128 MB saja.

NTDEV mencatat, bahwa awalnya LogonUI menolak untuk memuat apapun, dan tentu kawan kawan, hal ini tidak akan terjadi jika semuanya dilakukan secara default, karena NTDEV juga melakukan modifikasi besar besaran, dimana seluruh folder OOBE telah dihapus, dan registry juga telah di tweak untuk meniru keadaan pseudo-OOBE untuk data konfigurasi Boot.

Setelah boot berhasil, tampaknya system juga berjalan dengan stabil, dimana WCPUCLK atau Real Time Clock Checker yang mengonfirmasi bahwa sistem memang berjalan pada 5Mhz.

Meskipun ini hanyalah eksperimen, dan tentu tidak layak untuk digunakan sebagai daily driver dan bahkan Windows 7 sendiri sudah berakhir, namun ini cukup menarik loh, ternyata dibawah dari minimum requirements dari Microsoft, jika pengguna mengulik lebih dalam, OS ini bahkan bisa berjalan dengan spesifikasi 200 kali dibawah yang menjadi minimal dari OS itu sendiri.

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : NTDEV (Twitter) (1)(2), Tom’s Hardware

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.