Salah satu yang menarik baru baru ini hadir untuk Linux, dimana kabarnya bahwa Windows Calculator telah hadir pada system operasi open source tersebut.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita sedikit flashback kembali, dimana sebelumnya Microsoft telah membagikan source code dari aplikasi Windows Calculator Modern ke GitHub dibawah lisensi MIT. Dan dengan itu kabarnya bahwa Calculator tersebut telah di Ported ke C# dan sekarang dapat diluncurkan di iOS, Android dan Web dengan bantuan WebAssembly oleh Uno Platform.

Selain hadir di berbagai plaftform termasuk iOS dan Android, baru baru ini dikabarkan bahwa Uno Platform telah membawa Windows Calculator ke Snap Store di Linux, bernama Uno Calculator kini pengguna bisa menginstall Windows Calculator ini di distro linux favoritnya.

Cara Install Uno Calculator

Untuk kamu pengguna Linux, ubuntu misalnya, kamu bisa dengan mudah mendapatkan Uno Calculator ini, cukup dengan mendownloadnya via Software Center, atau menggunakan perintah terminal berikut:

sudo snap install uno-calculator --beta

Fungsi dan Tampilan

Pada dasarnya, fungsinya dari Uno Calculator (Windows Calculator) ini adalah, ya sebagai Calculator, sebuah alat hitung sederhana yang dapat kamu gunakan seandainya diperlukan.

Dari segi tampilan, bagian dalam user interface sangat mirip dengan apa yang hadir di Calculator Windows 10, dengan tombol dan lokasi navigasion panel yang berada disamping kiri atas dan berbagai mode perhitungan yang cukup beragam.

Namun yang berbeda, seperti pada gambar diatas, tampilan border layout dari Uno Calculator ini akan menyesuaikan dengan tampilan default dari system operasi.

Screenshoot by Bintang Danuarta via Disqus

Selain itu jika dibandingkan dengan calculator default di Linux, Uno Calculator ini hadir dengan berbagai fitur dan macam macam perhitungan yang mungkin akan bermanfaat untuk sebagian orang, sebut saja, perhitungan temperature, data, energi, area dan lainnya, untuk mengaksesnya kamu cukup klik saja navigations panel dikiri atas window yang terbuka.

Nah untuk kamu pengguna Linux, sudah coba install Uno Calculator ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : Snapcraft, WinAero

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.