Windows Package Manager, atau biasa dikenal juga dengan Winget adalah sebuah tool yang pertama kali diperkenalkan pada Event Virtual Microsoft Build 2020, dengan winget ini, pengguna dapat menggunakan perintah ‘winget’ dan diikuti dengan ‘install namaaplikasi’, selanjutnya Windows akan secara otomatis mendownload dan menginstal aplikasi tersebut kedalam perangkat. Mirip seperti apa yang bisa kita lakukan di Linux.

Mengenai Windows Package Manager ini, tentunya hingga sekarang masih terus mendapatkan pengembangan, dan salah satunya pada Preview 0.2.3162 ini, karena ada dua buah peningkatan dan perubahan behavior pada aplikasi ini.

Salah satunya adalah perubahan Default Location untuk Log Installer, yang mana kini telah dipindah ke lokasi yang sama dengan log winget itu sendiri, dengan ini aplikasi feedback hub bisa mengkoleksi data dengan lebih mudah, karena jika pengguna mendapati sebuah bug, pengguna cukup submit saja sebuah feedback dan Log akan dikirimkan pada Microsoft untuk di review dan dilihat apa saja yang salah.

Yang kedua adalah Trusted sources (seperti Microsoft Community Package Manager Repository) akan mendapatkan sebuah downloaded files yang di set ke Zone 2, yang lainnya akan di set ke Zone 3 dan file tersebut akan dijalankan melalui antivirus lokal sebagai attachment execution services.

Hanya dua itu saja yang Microsoft perkenalkan dalam winget ini, dan tentu meskipun masih berupa versi Preview, winget dirasa cukup stabil untuk digunakan, dan bahkan beberapa pembaca WinPoin pun tampaknya adalah pengguna winget, termasuk saya sendiri.

Salah satu hal yang menyenangkan dari Winget adalah, kita bisa menginstall aplikasi dengan cepat tanpa harus banyak klik, cukup ketik dan selesai.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan Windows Package Manager Preview v0.2.3162, kamu bisa langsung saja meluncur pada halaman GitHub berikut, dan download file .appxbundle yang tersedia.

Nah kamu suka winget? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai tool ini dikolom komentrar dibawah.

Via : GitHub

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.