Home Editorial #WinExplain: Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

#WinExplain: Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

Sebut saja Bian, dia seorang akuntan yang menjalankan software akuntan tahun 2000 di komputernya, dan tidak ada alasan baginya untuk melakukan upgrade. Dia terus menggunakan software itu selama bertahun-tahun. Software itu berjalan baik ketika digunakan di Windows 7, tapi ketika digunakan di Windows 8 mulai mengalami banyak masalah. Bagaimana jika software tersebut dijalankan di Windows 10 dan Windows yang lebih baru lagi? Apakah software tersebut masih bisa digunakan? Padahal Bian tidak ingin mengganti software tersebut karena sudah terbiasa menggunakannya. (Baca: File ISO Windows 10 Build 10074 Sudah Dirilis, Ayo Download!)

Kalau kamu memiliki masalah yang sama seperti si Bian, sudah terbiasa menggunakan software selama bertahun-tahun tapi selalu menggunakan OS terbaru dari Windows. Mungkin artikel dari WinPoin berikut ini akan membantu kamu. Windows memiliki kompabilitas, memungkinkan semua orang untuk tetap menjalankan aplikasi penting ke versi terbaru dari Windows. Sayangnya, ada batasan dengan kompabilitas pada Windows. Semakin lama sebuah software, semakin besar kemungkinan software akan break.

Sebaiknya kamu menjauhi software lama dan mulai menggunakan software baru. Software lama yang kamu gunakan sekarang mungkin sudah ada versi terbarunya. Lebih baik kamu upgrade ke versi terbaru yang kompatibel dengan versi Windows sekarang.

 

Software Tidak Sama Dengan Media

Kalau kamu punya CD lama yang sudah berumur 10 tahun kamu mungkin masih bisa memainkannya di CD player terbaru. Begitu juga dengan DVD yang juga bisa dimainkan di DVD player. Tapi CD software sangatlah berbeda.

Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

Audio CD atau video DVD, mereka menggunakan format media standart. Dengan kata lain, audio CD memiliki data audio di dalamnya. Komputer mengartikan data ini sebagai audio. Itu sebabnya audio CD yang dibuat pada tahun 1990 masih bisa dimainkan pada komputer Windows 8, Mac atau device lainnya. Komputer tau pasti bagaimana ia mengartikan audio CD sebagai audio. Audio CD tidak perlu tahu sistem operasi atau device yang memainkannya.

Sedangkan software sangatlah berbeda. Software tidak memiliki standart yang membuat komputer tahu bagaimana mengartikannya. Software berisi code yang dijalankan komputer kamu. Software akan melakukan yang harus ia lakukan. Software yang ditulis untuk Windows 3.1 atau Windows 95 akan sangat membingungkan ketika dijalankan Windows 7 atau Windows 8.

Windows sangat keren yang memiliki kompabilitas untuk menjalankan software-software lama, meskipun masih terbatas. Sangat mengesankan bahwa versi terbaru Windows masih bisa menjalankan software Windows 95 dan Windows XP. Padahal software Windows 95 dibuat berdasarkan DOS. Sedangkan Windows XP dibuat berdasarkan Windows NT kernel.

 

Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan??

Lalu kenapa masih ada beberapa software yang tidak bisa dijalankan di Windows versi terbaru?? Dari penjelasan di atas mungkin kamu masih tidak begitu mengerti. Untuk itu WinPoin akan meringkasnya ke tingkat yang lebih mudah kamu mengerti kenapa software tidak mau berjalan dengan benar.

Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

  • Software Tidak Mau Berjalan: Beberapa software mungkin menolak untuk diinstall jika mereka melihat versi Windows tidak sesuai dengan yang mereka inginkan.
  • Software 16-bit: Windows versi 32-bit berisi emulator environment 16-bit yang bisa menjalankan software Windows 3.1. Sedangkan emulator itu dihapuskan di Windows versi 64-bit sehingga software Windows 3.1 tidak akan bisa berjalan.
  • Software DOS: Sejak Windows XP, versi Windows ini tidak lagi dibuat menggunakan DOS. Software dan game yang bergantung pada real DOS tidak akan bisa berjalan secara native di Windows versi modern. Command Prompt adalah fitur kompabilitas tidak lengkap, itu bukanlah full system DOS.
  • Tidak Ada dalam Library: Beberapa software mungkin membutuhkan library lama yang tidak termasuk dalam Windows dan ini membuat software lama tidak akan berkerja di Windows terbaru.
  • Masalah Keamanan: Software lama tidak menggunakan keamanan dari fitur Windows modern dan mungkin tidak akrab dengan UAC. Windows mencoba untuk mengelabuhi software lama yang berjalan dengan UAC tapi itu tidak memperbaiki semua masalah.

Ini bukanlah daftar lengkap dari permasalahan yang kamu hadapi jika menggunakan software lama di Windows versi baru. Software lama yang telah dibuat bukanlah software yang dirancang untuk 10 tahun kedepan sehingga ia tidak akan tahu permasalahan apa yang akan terjadi di masa depan. Lagi pula software lama telah banyak ditinggalkan kalau mereka tidak segera diupdate dan menyesuaikan diri dengan Windows terbaru.

 

Lalu Bagaimana Cara Menjalankan Software Lama??

Ketika kamu benar-benar membutuhkan software lama di komputer terbaru, mungkin kamu bisa mengikuti beberapa tips yang WinPoin berikan di bawah ini.

 

Gunakan Pengaturan Windows Compatibility

Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

Windows memiliki tool built-in compatibility mode yang bisa membantu kamu untuk menjalankan software lama. Caranya dengan mengklik kanan pada shortcut software, pilih Properties dan klik tab Compatibility. Setelah itu kamu bisa memilih versi Windows yang akan menjalankan software itu. Windows akan mengelabuhi software dengan membuatnya berjalan di versi Windows lama. Cara ini mungkin tidak akan bekerja pada semua software lama untuk itu mungkin kamu bisa menggunakan trik di bawah ini. (Baca: Cara Membuat Software Lama Berjalan Pada Windows 8)

 

Gunakan Virtual Machine

Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

Jika trik di atas tidak bekerja untuk kamu, mungkin virtual machine akan membantu. Software virtual machine semacam VMWare akan membantu kamu untuk menginstall Windows versi lama dan menjalankan software itu disini. Sebagai contoh, jika kamu memiliki software Windows XP maka kamu harus menginstall Windows XP ke dalam VMWare tersebut. Pasti software lama yang kamu gunakan akan berjalan dengan mulus. Sayangnya kamu membutuhkan resource memory RAM yang besar jika menggunakan cara ini. (Baca: Cara Instal Windows XP di VMware Player Lengkap Dengan Gambar)

 

Gunakan PC Abal-abal

Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

Kalau kamu punya komputer lama yang tidak dipakai, kamu bisa menginstallnya menggunakan sistem operasi yang cocok dengan software lama kamu. Dengan begini kamu tidak memerlukan virtual machine, selain itu jika komputer kamu yang sekarang menggunakan memory RAM yang kecil maka tidak akan mengganggu kinerja kamu. Kamu lebih leluasa mengerjakan tugas apa pun.

 

Gunakan Trik Dual Boot

Kenapa Software Lama Tidak Bisa Dijalankan di Windows Versi Baru??

Kalau kamu tidak memiliki komputer yang sudah tidak dipakai dan juga memiliki memory RAM yang kecil. Mungkin kamu bisa menggunakan trik dual boot, kamu hanya perlu membuat partisi baru untuk sistem operasi yang mendukung software lama. (Baca: Cara Dual Boot Windows 7 dan Windows 8 (Dilengkapi Gambar))

 

Sebenarnya kamu tidak harus tetap menggunakan software lama. Bisa saja software lama tersebut tetap bekerja di Windows versi baru tapi itu tidak akan bekerja dengan benar. Apalagi jika software tersebut membutuhkan tambahan hardware. Bagaimana cara kamu menggunakan software lama di Windows versi baru? Jika kamu memiliki tips dan trik untuk mengatasinya, silahkan bagikan komentar kamu di kolom komentar di bawah ini.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Ngapain pakai software lama, malah ketinggalan jaman, persis seperti temanku yang dari dulu suka pakai Office 2007 gak mau pakai yang terbaru

    • dulu saya juga gitu, lebih suka pake win 7 daripada 8 atau 8.1 :v

  • Ivan Agustian

    knapa ga sebut saja Mawar????

    • udah dipake koran koran om :v

      • Ivan Agustian

        hahahaha

  • Tapi memang bener sih, ada org yang sistemnya mungkin udah jadul sangat. Saya kasih dia tips, pake Virtual Machine.

    • Ahmad Erfan Masputra

      Bang Fahmi Saya Newbie Tentang Bahasa Program
      Apakah Saya Bisa Belajar/private Dengan Bang Fahmi
      mohon di jawab bang

  • Rasshid

    Sebut aja si mimin :v

  • Addy Yang

    kerja tempat lama pake office 2003 pas di tempat baru kena tes office 2010 kacau lahhh :v

  • Bhaka II

    kalo menurut gue sih, alasan sudah terbiasa dengan software jadul itu konyol sekali, alasan sebenernya kalo menggunakan software baru pastinya membutuhkan duit lagi, tau sendiri harga software mahal bgt

  • doblonk

    siapa bian ?