Apa Itu Heartbleed, Bagaimana Cara Mengatasinya, dan Kabar Sesat Mengenainya

Apa Itu Heartbleed, Bagaimana Cara Mengatasinya, dan Kabar Sesat Mengenainya

6

Apa Itu Heartbleed, Bagaimana Cara Mengatasinya, dan Kabar Sesat Mengenainya

Beberapa hari terakhir ini kita digemparkan dengan merebaknya kabar seputar bug di OpenSSL yang dinamakan Heartbleed. Bug ini begitu ganas dan berbahaya hingga setiap pengguna maupun pengelola website sebaiknya tidak mengabaikannya begitu saja. Bahkan banyak orang menyebut Heartbleed sebagai ancaman keamanan online terbesar yang pernah ada. Tetapi apa itu Heartbleed? Bagaimana cara mengatasinya? Dan apa saja kabar sesat mengenainya?

 

Apa itu Heartbleed?

Perlu diketahui bahwa Heartbleed bukanlah virus. Heartbleed adalah celah keamanan di salah satu ekstensi OpenSSL yang disebut Heartbeat. Celah keamanan ini memungkinkan attacker untuk membaca memory dari server yang diproteksi oleh OpenSSL. Hasilnya mereka bisa mencuri password, username, dan informasi sensitif lainnya.

 

Kapan Heartbleed Pertama Kali Muncul?

Karena Heartbleed merupakan bug di ekstensi Heartbeat, maka bug ini muncul ketika Heartbeat diimplementasikan di OpenSSL. Ekstensi Heartbeat dibuat oleh Dr. Robin Seggelmann pada tahun 2011. Ekstensi ini kemudian direview oleh Dr. Stephen N. Henson (salah satu dari empat core developer OpenSSL) yang ternyata gagal menyadari adanya bug di ekstensi tersebut. Heartbeat pun akhirnya dijadikan sebagai ekstensi OpenSSL yang aktif secara default dan mulai diadopsi oleh banyak pengelola website sejak dirilisnya OpenSSL versi 1.0.1 pada 14 Maret 2012.

 

Seberapa Luas Penyebaran Heartbleed

Setidaknya 2/3 website di dunia menggunakan proteksi OpenSSL, sehingga sebanyak itu pula penyebarannya. Website besar seperti Google, Gmail, Facebook, Dropbox, Yahoo, Flickr, Instagram, Pinterest, dan berbagai website populer lainnya juga tidak terhindarkan dari Heartbleed ini.

Beruntung sudah mulai banyak pengelola website yang mengupdate OpenSSL di server mereka sehingga tidak perlu khawatir dengan Heartbleed lagi.

 

Cara Mengetahui Website yang Terkena Heartbleed

Dari sisi pengguna

Kamu bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan Heartbleed Test dari Filippo ataupun dari McAfee. Masukkan saja URL website yang ingin kamu cek. Jika hasilnya vulnerable maka website tersebut masih belum kebal terhadap Heartbleed. Kamu juga bisa menggunakan addon browser untuk semakin memudahkan melihat apakah website yang kamu kunjungi sudah kebal terhadap Heartbleed atau belum.

Dari sisi pengelola website

Silahkan cek versi OpenSSL di server yang kamu gunakan. Jika versi OpenSSL di server kamu adalah 1.0.1 hingga 1.0.1f, maka server kamu belum kebal terhadap Heartbleed.

 

Cara Mengatasi Heartbleed

Bagi pengguna

Beberapa orang menyarankan kamu untuk segera mengganti password setelah Heartbleed ditemukan. Hal ini salah dan kurang tepat! Jangan buru-buru mengganti password sebelum website tersebut kebal terhadap Heartbleed. Jika situs yang kamu gunakan belum kebal terhadap Heartbleed, tunggu dulu hingga si pengelola website melakukan patch terhadap OpenSSL di servernya. Setelah situs tersebut kebal terhadap Heartbleed, barulah ganti password kamu.

Mengganti password saat situs tersebut belum kebal terhadap Heartbleed cukup berbahaya. Si attacker masih bisa mencuri lagi detail password baru yang kamu masukkan. Mereka baru tidak bisa mengambil detail password baru kamu jika OpenSSL di server situs tersebut sudah di patch oleh pengelolanya.

Solusi lainnya adalah dengan menggunakan satu password untuk satu situs. Dengan begitu jika kamu tanpa sengaja menggunakan layanan website yang belum kebal terhadap Heartbleed, dan si attacker berhasil mengambil detail akun kamu, maka dia tidak bisa membobol akun kamu di layanan-layanan lainnya. Tentu saja untuk memudahkan kamu dalam mengingat password, kamu bisa menggunakan Password Manager seperti KeePass maupun LastPass.

Untuk semakin mengamankan akun kamu, pastikan kamu mengaktifkan Two-Factor Authentication jika memang fitur tersebut tersedia. Saat ini berbagai situs besar dan populer sudah menerapkan teknologi ini. Dengan begini attacker tidak akan bisa bebas keluar masuk ke akun kamu meskipun dia sudah mengantongi username dan passwordnya.

Bagi Pengelola Situs

Jika server kamu masih menggunakan OpenSSL 1.0.1 hingga 1.0.1f, segera update OpenSSL tersebut ke versi 1.01g. Cara mengupdatenya bervariasi tergantung dari OS apa yang kamu gunakan di server kamu. Jangan lupa juga ingatkan user untuk mengganti password mereka. Kamu juga bisa “sedikit memaksa” dengan melakukan reset password semua user. Ini semua demi keamanan pengguna layanan di situs kamu.

 

Beberapa Mitos yang Salah Seputar Heartbleed

  • Heartbleed itu virus: Salah. Heartbleed bukanlah virus. Dia adalah bug di ekstensi Heartbeat OpenSSL versi 1.0.1 sampai 1.0.1f
  • Segera update antivirus biar kebal Heartbleed: Salah. Update antivirus tidak akan berpengaruh terhadap kebal atau tidaknya PC terhadap Heartbleed. Sekali lagi Heartbleed bukanlah virus dan dia tidak menyebar atau menginfeksi PC kita.
  • Jika situs yang kamu gunakan belum kebal terhadap Heartbleed, segera ganti password kamu: Salah. Ganti password kamu setelah situs tersebut di patch dan kebal terhadap Heartbleed. Mengganti password sebelum situs tersebut kebal terhadap Heartbleed sama artinya dengan memberikan kesempatan kepada sang attacker untuk mencuri detail password baru kamu.

Itulah penjelasan seputar Heartbleed, cara mengatasinya, dan beberapa kabar sesat mengenainya. Sekali lagi jangan takut komputer kamu terinfeksi Heartbleed karena Heartbleed bukanlah virus.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Fiqriansyah Hasbi

    maaf boleh tanya , tapi kalau situs http://www.9gag.com pas saya buka masih normal , tapi pas ingin login ada heartbleed nya kok bisa ya ?

    • Coba cek dlu pke Situs yang Detect Heartbleed, Pke ini…

      https://filippo.io/Heartbleed/

    • Febian

      maksudnya g bs login karena ada heartbleed gmn ya?
      aku barusan cek, 9gag udah non vulnerable alias udah kebal sm heartbleed
      coba reset password akun km dan login lagi

  • Hihihhihi di Link Direct, Thanks mas Febian…

    • Febian

      sama2 cha :D

  • bayu sugara

    heartbleed berpengaruh terhadap OS yg d PC kita tidak ??