Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??

Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??

5

Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??

Selama lebih dari 30 tahun, bidang komputer selalu disandingkan dengan yang namanya harddisk, hard disk, atau hard drive. Hardisk telah memerankan peran besar di dunia komputing dan telah membesarkan dunia PC. Baru-baru ini ada trobosan storage baru yang disebut sebagai cloud storage yang juga sebenarnya masih menggunakan teknologi harddisk. Meskipun telah banyak pertumbuhan dari teknologi hardisk yang sekarang juga muncul SSD, storage menggunakan memory flash tanpa adanya disk, membuat proses read/write semakin cepat. Tapi kita melupakan sebenarnya berapa lama umur hardisk itu?? (Baca: Adakah Batasan Untuk Melakukan Format Pada Hardisk atau SSD??)

Sekarang sebelum kamu mulai bertanya-tanya di kolom komentar, WinPoin tidak akan menjawabnya dengan jumlah pasti berapa lama hardisk rata-rata bisa bertahan?? Satu tahun, Dua, Tiga atau Lima? Karena jaminan strandart sekarang hanya 12 bulan, apakah hardisk sekarang lebih cepat rusak? Jika hari ini kita menggunakan hardisk, berapa lama itu akan bertahan di komputer?? (Baca: Seluk Beluk Tentang Partisi Hardisk)

Anehnya, meskipun hardisk saat ini telah digunakan dihampir setiap teknologi komputing modern (sampai smartphone), tak ada seorang pun yang melakukan penelitian berapa umur hard drive itu atau setidaknya belum ada yang mempublikasikannya. Backblaze, sebuah perusahaan backup online yang membuat 25.000 hardisk bekerja sepanjang waktu, telah menerbitkan hasil penelitian dari umur hardisk. Tentu ini akan menarik untuk kita ulas dan memuaskan kamu dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada di atas. (Baca: Cara Membuat, Menghapus dan Format Partisi Hardisk di Windows)

 

Berapa Lama Hardisk Dapat Bertahan??

Blacbaze terus bekerja hingga 25.000 hardisk menyala secara online selama empat tahun terakhir, Setiap kali drive fail, mereka mencatatnya, kemudian slot digantikan. Setelah empat tahun, Backblaze sekarang memiliki data dan grafik yang luar biasa pada tingkat hardisk failure selama empat tahun pertama dalam usaha mereka. (Baca: Cara Membatasi Penggunaan Kapasitas Hardisk untuk User Tertentu di Windows)

 

Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??
Tingkat kegagalan hardisk yang digunakan Backblaze, selama empat tahun pertama

 

Dari grafik di atas menunjukan, hardisk memiliki tiga fase kegagalan pada setiap tahunnya. Tahap pertama dengan waktu 1,5 tahun, hardisk memiliki tingkat failure sebesar 5,1%. Setelah 1,5 tahun, tingkat failure hardisk mulai turun menjadi 1,4%. Setelah tiga tahun akan meledak ke tingkat failure menjadi 11,8% per tahun. Singkatnya, ini berarti sekitar 92% dari hardisk bertahan selama 18 bulan pertama dan hampir semua orang (90%) lolos untuk tiga tahun ke depan.

Jadi bila kamu sudah menggunakan hardisk selama tiga tahun, ada baiknya kamu mulai melakukan backup data. Karena hardisk dengan umur setelah 3 tahun sudah memasuki umur kritis. Memang belum ada kepastian kalau hardisk itu akan rusak, tapi kemungkinan hardsik failure lebih besar dari tahun sebelumnya. Setelah menjalani test lebih lanjut, di tahun ke-empat ada kurang dari 80% hardisk tetap bertahan. Backblaze tidak memiliki penelitian lebih lanjut untuk tahun selanjutnya. Tapi menurut engineer Backblaze, Brian Beach, memperkirakan bahwa tingkat failure hardisk sebesar 12% setiap tahunnya. Yang berarti 50% hardisk akan tetap bertahan setelah 6 tahun.

Namun yang perlu kita tahu, hardisk yang bekerja di Backblaze adalah hardisk server yang bekerja selama 24 jam selama satu minggu penuh dan bahkan tidak pernah mati sampai sekarang. Penggunaan tersebut tidak sebanding dengan hardisk untuk orang rumahan atau kantor yang hanya bekerja selama 8 sampai 12 jam. Selain itu untuk hardisk dengan data center seperti di Backblaze hanya beroperasi untuk mengakses data. Sedangkan orang kantor atau orang rumahan menggunakannya untuk read/write data. (Baca: Cara Mengamankan Data Penting Dalam Hardisk)

Lanjut ke grafik selanjutnya yang menunjukan lebih detail tentang hardisk failure. Diambil dari data hardisk yang telah rusak dan lamanya bekerja sampai akhirnya hardisk benar-benar mati. Hardisk akan rusak pada 18 bulan dengan kemungkinan sebesar 5%. Lalu pada tahun ketiga maka kemungkinan rusak akan semakin besar dan banyak hardisk yang rusak.

Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??
Hardisk failure sesuai dengan bathtub curve – kurva yang digunakan enginer menggambarkan tiga tahap yang berbeda dari siklus suatu produk.

 

Kenapa Hardisk Rusak??

Ada tiga fase kegagalan yang dialami hardisk dan ada juga tiga cara yang berbeda dimana hardisk benar-benar mati. Kegagalan pada tahun pertama paling besar disebabkan oleh cacat produksi dari pabrikan. Kemudian di fase kedua antara 18 sampai 36 bulan, kematian hardisk disebabkan oleh berbagai macam kegagalan. Kemudian fase terakhir yang memasuki tahun keempat, failure karena drive sudah mulai aus. (Baca: Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dan Penyebabnya Hardisk Bad Sector)

Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??
Tingkat kegagalan hardisk yang digunakan Backblaze, selama empat tahun pertama

Dalam kasus hardisk kelas enterprise dengan jaminan lima tahun, mereka mungkin dibuat dengan tingkat tolerenasi lebih tinggi dalam pengujian kualitas yang lebih ketat. Tapi WinPoin menebak, hardisk kelas enterprise memiliki hardisk yang rusak dengan tahun yang berbeda, tapi masih akan rusak setelah empat tahun bekerja.

 

Jadi Apa yang Harus Kamu Lakukan?? Backup Data Kamu Sekarang Juga!

Jadi bila kamu hari ini telah membeli hardisk baru, ada kemungkinan 90% bahwa hardisk tersebut akan bertahan selama tiga tahun. Jika hardisk kamu sudah ke titik tiga tahun, sebaiknya kamu mulai membuat backup dari data-data kamu. Ada kemungkinan sekitar 12% per tahun hardisk tersebut akan mati, ini perlu kamu catat bahwa ini adalah data hardisk internal. Sedangkan untuk hardisk external memiliki lebih banyak faktor untuk hardisk failure. Selain itu perlu kamu tahu juga, data hardisk dari Backblaze adalah data center yang berpurtar selama 24/7. Komputer rumah atau kantor tidak akan mungkin bekerja selama 24/7, sehingga kemungkinan hardisk dapat bertahan lebih lama dari data di atas. (Baca: Safely Remove Saja Tidak Cukup, Inilah Cara Aman Mencabut Hardisk Eksternal di Windows)

Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??

Karena ada kemungkinan sebesar 5,1% hardisk akan mati di tahun pertama, kamu harus membuat backup yang teratur. Jika kamu sudah melewati fase pertama dan pindah ke fase kedua maka kamu bisa santai sejenak, bersihkan data-data yang tidak perlu dan backup data yang penting. Setelah fase ketiga dimana 36 bulan hardisk telah bekerja, sebaiknya kamu menyiapkan budget dan membeli hardisk baru, pindah semua data kamu kesana.

 

Jadi Berapa Lama Umur Hardisk Sebenarnya??

  • Menurut data Backblaze, umur hardisk dapat mencapai 10 tahun. Tapi beberapa hardisk bisa saja bertahan dari 20 sampai 30 tahun.
  • Apakah semua hardisk bisa berumur seperti itu? Jawabannya adalah berbeda, tergantung penggunaan si user untuk hardisk tersebut.
  • Studi dari CMU mengatakan MTBF dari produsen terlalu dibesar-besarkan. Hardisk akan lebih mudah mati dari spesifikasi hardisk tersebut. Jadi kamu jangan percaya sepenuhnya pada spesifikasi hardisk yang tertera.
  • Kegagalan hardisk tergantung dari pemakaian, seberapa banyak data yang masuk dan keluar, kondisi suhu hardisk dan power yang diberikan pada hardisk.

 

Berikut Tingkat Hardisk Failure Berdasarkan Mereknya

Dengan mengejutkan dari data di bawah ini, hardisk Seagate 3TB memiliki tingkat failure lebih besar dari merek lainnya yaitu 15% setelah sebelumnya 9% di tahun 2013. Sedangkan hardisk Western Digital 3TB memiliki tingkat failure 7% yang sebelumnya 4%.

Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??

Tabel di bawah ini menunjukan detail berapa banyak hardisk yang digunakan Backblaze, umur rata-rata hardisk, dan tingkat failurenya. Ini mencakup semua model 200 hardisk dari 34.811 total hardisk dan semuanya sebesar 100 Petabyte yang digunakan Backblaze. Untuk data “n/a” adalah hardisk baru yang digunakan Backblaze.

Sebenarnya Berapa Paling Lama Umur Harddisk Itu??

 

Backblaze mengatakan akan terus memperbarui data yang berlalu setiap tahunnya sehingga kita akan dapat mengetahui secara pasti kegagalan dan umur hardisk yang sebenarnya. Tidak ada yang bisa memastikan berapa lama umur hardisk. Apakah benar setelah empat tahun bekerja hardisk akan rusak?? Bagaimana dengan pengalaman kamu sendiri?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Nurcahya

    trus kalo SSD gimana min?
    apakah tahan lama banget? kalo tahan lama bahkan seumur ane hidup kayaknya pengen switch ke SSD

    • untuk SSD itu tergantung berapa banyak write/read, setiap merek SSD punya jumlah yg berbeda, selain itu SSD gak cocok untuk penggunaan sehari-hari seperti nonton film atau play musik

  • Rafi M. P.

    Tobat deh pake hard disk Seagate, saatnya ganti ke Hitachi

  • Hananto Aditya Dewantara

    Umur HDD-ku 7thn… masih no problem… RW-nya gpp… Terus skrng mulai cari cloud….

  • ichsan

    saya pemakai hardisk HITACHI, ada 6 buah, semua dibeli tahun 2008, baru satu yang rusak 500GB karena jatuh saat sedang dipakai, tapi hardisk Seagate milik saya banyak yang rusak sendiri bahkan yang jarang dipakai sekalipun, karena hardisk Hitachi jarang ditemukan dipasaran, maka saya beralih ke WD, yang menurut saya lebih bagus daripada Seagate. Andai saya mencari hardisk bekas pun selalu saya cari merk Hitachi / HGST.