Home Accessories 17 Prediksi Microsoft Tentang Dunia Teknologi Tahun 2027

17 Prediksi Microsoft Tentang Dunia Teknologi Tahun 2027

17 Prediksi Microsoft Tentang Dunia Teknologi Tahun 2027

Dulu perkembangan teknologi tidak secepat saat ini. Namun setelah era internet dan cloud, rasa-rasanya semua berkembang dengan luar biasa cepat. Hardware, software, hingga Artificial Intelligence mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Lalu apa prediksi Microsoft Microsoft tentang dunia teknologi di tahun 2027 nanti..?? Berikut ini 17 prediksi para peneliti Microsoft tentang yang terjadi di masa depan:

 

1. Kecerdasan AI Semakin Mirip Manusia

Kecerdasan AI akan semakin tinggi dan bisa berkomunikasi dengan kita lebih mudah lagi. AI bakal bisa bereaksi berdasarkan kondisi sosial sekitar, bernegosiasi, berdebat, hingga melakukan persuasi, sama seperti yang biasa dilakukan oleh manusia sehari-hari.

 

2. AI Memudahkan Kehidupan Sehari-hari

Kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari akan benar-benar dimudahkan oleh Artificial Intelligence (AI) dan algoritma Machine Learning. AI akan ada dimana-mana, memudahkan berbagai aspek kehidupan kita.

Di tahun 2027 AI berbagai kelemahan AI saat ini seperti masih mudah dimanipulasi dengan input data yang salah sehingga terkadang melahirkan AI yang tidak fair dan diskriminasi, bakal teratasi.

 

3. Hilangnya Search Box

Search Box atau kotak pencarian yang biasa kita pakai sekarang untuk berbagai keperluan sudah hilang, digantikan dengan metode pencarian yang lebih tertanam dan kontektual. Transformasi ini sudah mulai terlihat dengan munculnya smart assistant yang membuat kita bisa mencari dengan suara. Hasil pencarian kedepannya juga sudah bisa mendeteksi isi dari suara, gambar, video, berdasarkan informasi lokasi, konten, aktivitas, dsb.

 

4. Era “Living Software”

Tercipta era living software, dimana programming biologi mulai terealisasi. Aplikasi untuk bidang kehidupan seperti agrikultur, medis, energi, material, dsb akan menjadi industri baru teknologi.

 

5. Virtual Reality Panca Indra

Saat ini Virtual Reality hanya menyediakan konten virtual untuk indra visual dan audio saja, tetapi di tahun 2027 virtual reality bakal memberikan sensasi multi-sensor yang bisa dinikmati oleh berbagai macam indra. Virtual reality diprediksi bakal bisa menciptakan sensasi halusinasi yang menyatu dengan dunia nyata.

 

6. Pekerja Berbasis AI

Canggihnya AI membuat berbagai pekerjaan yang kini banyak membutuhkan campur tangan manusia bisa dilakukan oleh AI, misalkan saja layanan seperti saran pajak, kesehatan, dsb.

 

7. AI untuk Tantangan Global

Berbagai tantangan global di tahun 2027 bakal banyak yang terselesaikan dengan bantuan AI, dimana AI bakal turut diterjunkan untuk memberi manfaat besar bagi masyarakat.

 

8. Sistem Ekonomi Baru

Di tahun 2027 berbagai hal sudah bisa dilakukan secara otomatis, dan orang akan memperoleh pendapatan dari data dan kontribusi yang mereka berikan sehari-hari untuk pengembangan sistem tersebut.

 

9. Cryptosystem Baru

Di tahun 2027 bakal ada komputer kuantum yang bisa memecahkan sistem kriptografi tradisional berkekuatan rendah.

 

10. Perubahan Sistem Programming

Di 2027 ada perubahan di sistem programming, dimana mayoritas software engineer akan membuat sistem berdasarkan metode statistik. Perubahan ini akan membuat aplikasi bisa terintegrasi dengan sensor, machine learning, serta mampu berinteraksi dengan manusia melalui cara yang benar-benar baru.

 

11. Semua Anak Bisa Belajar Coding

Semua anak, termasuk juga anak-anak penyandang disabilitas, bakal memiliki tool untuk memudahkan mereka belajar coding. 20 tahun kemudian anak-anak penyandang disabilitas tersebut akan memberi kontribusi besar terhadap dunia dan teknologi.

 

12. Level Baru Privasi

Tersedianya hardware dan kriptografi advance bakal membuat privasi kita semakin terlindungi. Semua data personal kita , baik itu yang digunakan untuk keperluan administratif, medis, machine learning, aktivitas online, ataupun yang lainnya akan terenkripsi.

 

13. Terhubung Lebih Luas ke Dunia Digital

Mobile komputing di 2027 bakal memperluas hubungan kita dengan dunia digital, sampai ke hampir semua hal yang ada di kehidupan kita sehari-hari. Kita akan berinteraksi dengan sistem yang cerdas dan mengenal kita, yang bisa kita percaya dan memahami apa kebutuhan kita.

 

14. Mengatasi Iklim dan Bencana

Petani akan memanfaatkan AI untuk menjaga hasil panen terus optimal apapun perubahan iklim dan cuaca, bahkan mampu mendeteksi bencana dengan lebih awal. Pertanian juga akan beralih dari sistem menggunakan tanah secara langsung, menjadi menggunakan cara alternatif lain yang lebih hemat resource seperti pertanian vertikal hingga aquaponic. Sensor advanced, AI, dan teknologi bakal membantu banyak upaya penyelamatan lingkungan.

 

15. DNA Storage Drives

Teknologi hardware akan semakin kecil dan keil. Carbon nanotubes dan teknik manufaktur berskala molekul akan mewujudkan banyak hal yang belum bisa dicapai hingga saat ini. Misalnya saja artistektur baru untuk komputasi data, quantum komputer, media penyimpanan DNA storage drives mungkin akan sudah dikomersilkan di tahun 2027. Artificial Intelligence low power dan near eye display bakal mengalami peningkatan signifikan, membuat perangkat menjadi lebih cerdas, serta virtual & augmented reality jadi lebih berkualitas.

 

16. Komputer Bisa Melihat

Di tahun 2027 kemampuan komputer untuk “melihat” bakal kita temui di sekitar kita, seiring dengan semakin advance nya imaging device, meningkatnya resource komputing, serta dikombinasi dengan machine learning. Dengan bisa “melihatnya” komputer, maka hal itu bisa dimanfaatkan untuk memudahkan berbagai profesi dan kegiatan sehari-hari manusia, mulai dari manufaktur, kesehatan, hingga finansial dan keamanan.

 

17. Analitis dan Visualisasi Data Advanced

Di 2027 analitis dan visualisasi data bakal semakin advanced, membuat mungkinnya dilakukan cross-data source dan cross-domain analytics dalam level semantik yang berbeda. Setiap oramg bisa menggunakan interaksi natural, seperti bahasa sehari-hari, untuk mengakses berbagai aspek dan informasi dengan lebih mudah.

 

Dari 17 prediksi peneliti Microsoft diatas, satu garis besar yang bisa diambil dari mayoritas prediksi adalah semakin besarnya peran Artificial Intelligence bagi kehidupan kita di masa depan. AI rasanya bakal ada dimana-mana, tertanam di berbagai perangkat yang kita gunakan, dan bermanfaat untuk memudahkan aktivitas kita sehari-hari.

Selain AI, garis besar lain juga semakin menyatunya dunia virtual dan dunia nyata dengan virtual & augmented reality yang bahkan bisa memberikan efek senyata halusinasi.

Nah..itulah dia prediksi peneliti Microsoft akan apa yang terjadi di dunia teknologi pada tahun 2027, bagaimana dengan prediksi kamu?

via microsoft

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.