Banyak yang mengira kalo butuh biaya mahal untuk bikin rumah biasa jadi rumah pintar alias smart home, padahal enggak! Hari ini saya mau bagikan rekomendasi 3 gadget murah yang bikin seluruh isi rumah dan studio saya jadi makin canggih. Ketiganya masing-masing punya harga dibawah 250 ribu, tetapi kalo kita pasang di rumah dan kita kombinasikan, kita bisa kendalikan apa aja secara otomatis, mulai dari AC, TV, dispenser, lampu, charger smartphone, lighting — dan nyaris semua barang elektronik yang ada di rumah. Barang-barang yang sebenarnya hanya barang elektronik biasa — bakal jadi lebih pintar dengan alat ini. Penasaran..?? Langsung aja tonton video lengkapnya berikut ini:

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk review dan info tekno menarik setiap hari

1. ARBIT Smart WiFi Infrared Universal Remote

Produk yang pertama, ini yang paling saya rekomendasiin ada di rumah kamu, adalah ARBIT Smart WiFi Infrared Universal Remote. Dulu waktu belum tahu ada produk kayak gini, saya sempet kepikiran juga, gimana cara bikin barang2 elektronik biasa yang ada di rumah jadi makin pintar. Jadi gak cuman beli produk baru yang udah smart aja — tapi barang2 yang udah kita punya sebelumnya bisa disulap jadi lebih smart, dan ternyata pake ini bisa.

Jadi ARBIT Smart Wifi Infrared ini bisa membuat hampir semua produk elektronik yang punya remote jadi makin canggih. Produk2 yang aslinya sekedar produk biasa — kayak AC, kemudian TV lama, DVD, atau produk apapun yang punya remote — ini bisa jadi smart dengan di-mapping remotenya disini. Satu device ini aja bisa mengendalikan banyak barang sekaligus dalam 1 ruangan.

Cara pake nya juga gampang banget. Kamu tinggal konekin aja melalui aplikasi Smart Life, dan Begitu udah konek, kamu bisa masukkan remote2 produk yang pengen kamu jadikan pintar disini. Ada banyak kategori ya mulai dari Set-Top-Box untuk TV, kemudian TV, AC, TV-Box, Kipas angin, sampai DVD. Masing2 kategori juga support untuk banyak banget brand populer. Kalo produk yang kamu pake gak ada disitu, kamu bisa mapping sendiri pake menu DIY — jadi emang nyaris semua produk yang ada remote nya, bisa dijadiin pintar pake perangkat kecil ini.

Begitu udah konek semua kesini, kamu tinggal taruh aja ini di suatu tempat di ruangan. Dan perangkat2 yang udah kamu masukin tadi, bisa jadi pintar. Artinya kamu bisa atur jadwal kapan nyala kapan mati otomatis, bisa kamu kendalikan dari jarak jauh juga — baik itu pake tap aplikasi atau perintah suara di Siri dan Google Now, baik itu dalam satu kota atau beda kota, tetep bisa asal hape kamu konek ke internet dan perangkat ini juga konek ke internet. Dan yang menarik semua anggota keluarga bisa mengendalikan perangkat ini dengan login ke akun Smart Life yang sama. Jadi support beberapa hape sekaligus juga.

Saya pake alat ini di rumah dan di studio, jadi kalo saya mau berangkat ke studio — saya tinggal bilang nyalakan studio — maka AC dan lampu studio bakal menyala. Begitu juga ketika mau pulang ke rumah, saya tinggal bilang ke Google Assistant “siapkan kamar” dan AC di kamar otomatis nyala, lampu kamar juga menyala, begitu juga dispenser untuk memanaskan air. Jadi begitu sampe di rumah kamar udah dingin, air udah panas, siap untuk bersantai sambil minum kopi. Saya juga bikin banyak skenario sekaligus otomasi, jadi misal saya mau pulang dari studio, tinggal bilang aja “aktifkan studio off” dan studio udah siap untuk ditinggal dalam kondisi semua perangkat sudah mati.

Jadi dengan harga 250 ribuan ARBIT Smart WiFi Infrared Universal Remote ini recommended banget.

2. ARBIT Smart WiFi Plug

Untuk menemani Arbit Smart Wifi Infrared, kamu juga bisa membeli ARBIT Smart Wifi Plug. Ini bisa jadi tandem dari perangkat mini tadi ya — karena kalo yang tadi bisa bikin barang dengan remote jadi pintar, kalo yang ini bisa bikin pintar barang yang gak punya remote. Seperti yang kamu tahu, lighting di studio saya kendalikan cuman pake suara melalui Smart WiFi Plug. Kamu bisa kreatif manfaatin smart wifi plug ini untuk berbagai barang yang ada di rumah — kalo di rumah saya pake ini untuk dispenser pemanas air, saya pake juga untuk charging smartphone biar charger otomatis mati sendiri setelah kira-kira baterai hape sudah penuh.

Selain perintah jarak jauh dan otomasi, kamu juga bisa monitoring penggunaan daya di steker ini. Jadi kamu juga bisa tau dari jauh apakah ada perangkat nyala atau enggak, dari informasi load yang tampil di aplikasi ini — dan kalo misal lupa belum dimatiin, kamu bisa matiin aja dari jauh.

3. ARBIT WIFi LED Smart Bulb

Dan terakhir yang ketiga, ini juga bisa semakin melengkapi rumah pintar kamu, yaitu ARBIT Wifi LED Smart Bulb. Ini adalah lampu pintar 10W dengan 1050 lumens, jadi udah terang banget ya. Dia punya color temperature di 5000K – 6000K, jadi putihnya juga lebih ke natural white.

Tapi yang paling penting kalo buat saya adalah fitur pintarnya. Begitu konek ke Smart Life, kamu bisa atur lampu ini dengan perintah suara, pake tap switch juga bisa. Lalu bisa atur jadwal kapan nyala dan mati otomatis, serta ini yang menarik, kamu bisa atur juga tingkat kecerahan sampai warna nyala nya. Ada juga beberapa mode, yang biasa saya pake adalah read mode, yang cukup enak sih warnanya waktu dipake baca2 di kamar.

Nah gak semua ruangan rumah saya kasih lampu pintar ini. Saya taruh di tempat2 yang butuh otomasi aja, misalnya di teras rumah — ini saya kasih satu smart Bulb ini. Saya atur otomatis nyala jam 6 malam dan otomatis mati jam 6 pagi. Terus di ruang utama juga saya kasih satu, biasanya kalo lagi pergi jauh gitu atau dadakan menginap dimana gitu, saya nyalain aja dari jauh ruang utamanya biar rumah g keliatan gelap. Lalu di kamar, biasa saya gunakan untuk mode baca dan tidur, dan kalo di studio jelas saya pasang juga supaya begitu sampai di studio bisa langsung siap untuk rekaman.

Overall semua gadget pintar dari ARBIT ini harganya tidak sampai 250 ribuan per unitnya, dan ini worth it banget buat dimiliki. Selain bikin barang-barang yang ada di rumah jadi lebih pintar, ini juga bisa membantu kita untuk hidup lebih nyaman dan lebih hemat. Apalagi seperti saya ini, kadang di rumah, kadang di studio, kadang juga ada event jauh — kita bisa benar-benar atur apa yang mau kita nyalakan, kapan menyalakannya, dan bagaimana cara membuat kita bisa nyaman di ruangan itu. Semua produk ini juga sudah support Alexa, Google Assistant, Siri Shortcut, dan IFTTT (If This Then That). Jadi kamu bisa berkreasi sendiri ya untuk bikin alur dan routine smart home apapun yang kamu mau.

Sekian dulu review saya kali ini, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di review menarik lainnya, besok!