Virtual Machine memungkinkan kamu untuk menjalankan sistem operasi didalam sistem operasi, atau menjalankan komputer virtual didalam komputer utama. Misalnya kamu memiliki PC Windows 10, dengan virtual machine kamu bisa menginstall dan menjalankan Ubuntu Linux didalamnya secara virtual tanpa harus melakukan dual-boot. (Baca juga: Apa sih virtual machine itu?)

Bagi kamu pengguna Windows yang ingin membuat virtual machine (VM), entah untuk keperluan testing, membuat sistem terisolasi, atau mencoba OS baru tanpa harus melakukan dual boot dan merusak OS utama, ada beberapa pilihan software yang bisa kamu gunakan.

Berikut ini adalah 3 software terbaik untuk membuat Virtual Machine di Windows:

 

VMware Workstation Player (Free, Personal Use)

3 Software Terbaik untuk Membuat Virtual Machine di Windows

VMware Workstation Player merupakan varian software virtualisasi VMware yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Kompatibilitasnya yang luas untuk berbagai sistem operasi terbaru (bahkan ketika OS tersebut masih berstatus preview) membuat VMware menjadi pilihan utama kita saat ingin membuat Virtual Machine.

Kita biasa menggunakan VMware Workstation Player untuk menginstall dan menguji Windows 10 Insider Build, Distro Linux baru, serta membuat sistem yang terisolasi untuk digunakan sebagai bahan tutorial di WinPoin.

Bagi kamu yang ingin belajar mendalami VMware, WinPoin punya tutorial berseri VMware Academy: Jago VMware Dalam 30 Hari yang bisa kamu ikuti.

Jago VMware Dalam 30 Hari — Panduan Lengkap VMware dari Pemula Hingga Mahir

 

VirtualBox (Free)

3 Software Terbaik untuk Membuat Virtual Machine di Windows

Selain VMware, VirtualBox juga merupakan software virtual machine primadona di kalangan pengguna Windows. Sama seperti VMware, kamu bisa membuat virtual machine dengan sangat mudah di VirtualBox. Hanya saja terkadang VirtualBox tidak mampu menjalankan sistem operasi yang masih dalam tahap awal pengembangan dengan mulus.

Namun untuk menjalankan OS berstatus final, jangan ditanya lagi. VirtualBox bakal bisa membuat virtual machine yang berjalan lancar di OS tersebut.

Satu kelebihan lain dari Virtualbox adalah bisa berjalan di OS X dan dengan mudah diinstall di Linux. Sedangkan VMware Workstation Player tidak bisa berjalan di OS X (kecuali upgrade VMware Fusion yang berbayar) dan perlu beberapa langkah advance untuk terintall di Linux.

Jika kamu pengguna Windows, kamu bisa memilih yang manapun yang kamu suka karena baik VMware maupun VirtualBox berjalan lancar di Windows dan bisa kamu install dengan sangat mudah. (Baca juga: Apa perbedaan VirtualBox dan VMware?)

 

Windows Hyper-V (Free, Windows versi Pro Keatas)

3 Software Terbaik untuk Membuat Virtual Machine di Windows

Sebenarnya tanpa menggunakan tambahan sofware apapun kamu bisa membuat virtual machine di Windows menggunakan Hyper-V. Hanya saja fitur ini tersedia untuk Windows versi Pro keatas (64-bit), untuk versi Home atau Single-Language belum dilengkapi dengan Hyper-V.

Untuk menggunakan Windows Hyper-V kamu perlu aktifkan dulu fiturnya di Turn Windows features on or off.

3 Software Terbaik untuk Membuat Virtual Machine di Windows

 

Setelah itu centang Hyper-V

3 Software Terbaik untuk Membuat Virtual Machine di Windows

 

Dan setelah proses selesai kamu bakal mendapati Hyper-V Manager di Windows kamu. (Baca juga: Cara menginstall atau mengaktifkan Hyper-V di Windows)

 

Itulah 3 software terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat virtual machine di Windows.

Dari ketiga software virtual machine diatas, mana yang menjadi favorit kamu?

Bagikan pendapat kamu disini

  Review Charger Jaman Now  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.