Apa aplikasi yang biasa kamu gunakan ketika membuat Bootable USB dari file ISO?, apakah itu Rufus? tentu Rufus paling sering terdengar dan paling banyak digunakan, namun tahukah kamu bahwa ada aplikasi alternatif lain yang juga bisa kamu gunakan loh, dan berikut WinPoin akan rangkum 5 Aplikasi Bootable USB terbaik menurut WinPoin.

Media Creation Tools (Microsoft)

Cara Download File ISO Windows 10 November Update Paling Legit via Media Creation Tool

Jika kamu ingin membuat Bootable Windows 10 maka tentu produk Microsoft bernama Media Creation Tools adalah salah satu aplikasi yang patut kamu coba.

Selain kita bisa mendownload file ISO Windows 10 untuk kita simpan ke Storage yang kita miliki, kita juga bisa membuat Bootable Windows secara langsung dengan jaminan keberhasilan yang sangat tinggi, namun sayangnya ketika proses ini kita membutuhkan koneksi internet karena Bootable yang dibuat akan dibuat dari file ISO yang didownload terlebih dahulu dari situs Microsoft.

Kamu bisa memdownload Media Creation Tools pada halaman berikut.

Kekurangannya?, kamu hanya bisa membuat Bootabel USB Windows 10 saja, untuk Linux, sayangnya tidak bisa.

Rufus

Nah yang ini pasti kita sudah tidak asing lagi deh, Rufus menjadi salah satu aplikasi Bootable USB Creator terbaik, hal ini karena ada banyak fitur penting yang ada di Rufus, misalkan adalah fitur Bypass System Requirement Windows 11 yang sangat bermanfaat untuk banyak orang.

Baca Juga : Cara Bypass Instalasi Windows 11 Dengan Rufus

Selain bisa membuat Bootable Windows, kamu juga bisa membuat Bootable OS lain seperti Linux dengan menggunakan Rufus.

Kamu bisa mendownload Rufus dari halaman berikut. Atau baca juga Tahukah Kamu, Rufus Juga Tersedia di Microsoft Store!

Etcher

Etcher atau balenaEtcher adalah aplikasi alternatif yang juga menjadi favorit saya untuk digunakan, terlebih jika kamu adalah pengguna Linux, karena Etcher bukan hanya tersedia untuk Windows saja, namun untuk Linux dan MacOS juga.

Nah jika kamu adalah pengguna Linux atau MacOS, maka balenaEtcher ini wajib kamu coba guys, namun tentu jika dibandingkan dengan Rufus, untuk di Windows, balenaEtcher ini masih terbilang cukup jauh karena memang memiliki fitur yang tidak selengkap rufus.

Kamu bisa mendownload Etcher pada halaman berikut.

WinSetupFromUSB

Selain rufus, di Windows ada satu aplikasi lain yang cukup menarik perhatian saya untuk saya coba, dan itu adalah WinSetupFromUSB.

WinSetupFromUSB sendiri memiliki tampilan yang cukup bersahabat dengan fitur yang mirip dengan rufus, meski memang ketika pertama kali mencoba, rasanya cukup asing terlebih jika kamu sudah familiar dengan Rufus atau jika dibandingkan dengan Etcher yang tampilannya lebih sederhana.

Kamu bisa mendownload WinSetupFromUSB dari halaman berikut.

Nah dari empat aplikasi diatas, tentu yang paling saya rekomendasikan adalah Rufus (jika kamu adalah pengguna Windows), karena dengan Rufus, kita bisa mendapatkan fitur yang lebih lengkap, salah satunya adalah dukungan Bypass System Requirements Windows 11, namun jika kamu adalah pengguna Linux atau MacOS, maka Etcher layak kamu coba juga.

Sedangkan itu, kamu juga bisa menggunakan Media Creation Tools atau WinSetupFromUSB untuk alternatif seandainya Rufus tidak berjalan dengan baik.

Nah bagaimana menurutmu? apakah aplikasi bootable usb favorit kamu? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.