Home Editorial 5 Fitur Windows 10 yang Tak akan Pernah Rampung

5 Fitur Windows 10 yang Tak akan Pernah Rampung

Seperti yang kamu tahu, Windows 10 sedikit berbeda dengan versi Windows sebelumnya. Yup, hal ini dikarenakan Windows 10 bukan lagi sekedar OS untuk PC kamu, Microsoft sudah seringkali menjelaskan bahwa Windows 10 merupakan sebuah layanan dari Microsoft yang akan terus mendapatkan update seiring berjalannya waktu. (Baca: Windows 10 Adalah Layanan, Bukan Software — Apa Bedanya?)

Nah, dari sekian banyak fitur yang hadir di Windows 10, WinPoin berpendapat bahwa ada 5 fitur penting di Windows 10 yang tak akan pernah rampung, sehingga membuat kinerja Windows 10 terkesan berat dan mungkin mengalami banyak masalah (bug).

Dan berikut adalah ke-5 fitur tersebut:

1. Windows Store

Cara Membersihkan Cache Windows Store di Windows 10 (1)

Tentu saja yang menjadi pembeda antara versi Windows sebelumnya dengan Windows 10 adalah kehadiran dari Windows Store! Walaupun sebenarnya Windows Store sudah hadir pada zaman Windows 8, akan tetapi kemampuan Windows Store saat itu belum sebaik Windows Store pada Windows 10.

Nah, pada saat perilisan update besar Windows 10 Fall Creators Update, Windows Store akan berganti nama menjadi Microsoft Store dan mereka (Microsoft) tidak hanya akan menyediakan software saja pada Microsoft Store, karena untuk beberapa wilayah tertentu Microsoft juga bakal menjual berbagai hardware pada Microsoft Store di Windows 10.

Baca:

Sehingga bisa dipastikan bahwa kedepannya, Windows Store (Microsoft Store) akan menjadi salah satu elemen penting di Windows 10 yang akan terus mendapatkan update.

 

2. Microsoft Edge

Edge "Miskin" Ekstensi Karena Microsoft Punya Standar Kualitas Tinggi

Fitur yang kedua tentu saja Microsoft Edge. Yup, setelah mendapatkan peningkatan daya tahan, beberapa waktu yang lalu Microsoft Edge juga mendapatkan beberapa fitur penting, salah satunya adalah ekstensi.

Tentunya, jika Microsoft ingin pengguna lebih menggunakan browser milik mereka pada perangkatnya, maka salah satu caranya adalah terus meningkatkan berbagai fitur serta kemampuan dari Microsoft Edge.

Baca:

Sehingga bisa kita pastikan bahwa Microsoft Edge akan terus mendapatkan update penting setiap ada update besar Windows 10 yang bakal Microsoft rilis.

 

3. Cortana

Siapa diantara kamu pengguna Windows 10 atau Windows 10 Mobile yang tidak mengetahui Cortana? Nama Cortana diambil dari salah satu karakter game buatan Microsoft yakni Halo dan pada game tersebut, Cortana merupakan sebuah AI (Artificial intelligen) yang mana kini menjadi asisten pribadi cerdas untuk perangkat Windows 10 dan Windows 10 Mobile.

Harus WinPoin akui bahwa peran Cortana dalam Microsoft Windows semakin besar, bukan hanya pada perangkat Windows 10 dan Windows 10 Mobile saja, melainkan pada perangkat lainnya seperti speaker pintar milik Harman Kardon yakni Invoke.

Baca:

Sehingga, kita bisa memastikan bahwa Cortana nantinya akan menguasi dunia layaknya film Terminator terus mendapatkan update karena saat ini Cortana sudah menjadi salah satu elemen penting untuk beberapa perangkat milik Microsoft serta partner mereka.

 

4. OneDrive

5 Fitur Baru yang Batal Hadir di Windows 10 Creators Update

OneDrive punya peran besar bagi ekosistem Windows. sinkronisasi settings, data, dsb secara default berlangsung melalui OneDrive ini. Tentu saja perannya yang penting membuat Microsoft menyertakan OneDrive pada perangkat Windows 10 dan Windows 10 Mobile. Hal ini juga tak terlepas dari kepercayaan Microsoft yang mana pernah mengatakan bahwa tak lama lagi era cloud bakal segera menjamur dan hal tersebut memang ada benarnya.

Dengan adanya Cloud kamu tak perlu repot membawa penyimpanan eksternal, cukup taruh di cloud dan jika kamu memerlukannya kamu bisa unduh dan edit kapanpun pada perangkat mobile ataupun notebook milikmu. Data di PC bisa terhubung ke mobile, pengaturan di PC satu bisa langsung tersinkronisasi di PC lainnya, dan sebagainya. Bisa dipastikan Microsoft akan terus memberikan perbaikan serta peningkatan pada fitur OneDrive ini.

 

5. “Windows 10” Itu Sendiri

Inilah konsep terpenting dari Windows as a Service, dimana Windows 10 sendiri juga tak akan pernah rampung. Windows 10 akan terus berubah dan terus menyesuaikan dengan trend perkembangan jaman. Microsoft merilis update mayor 6 bulan sekali, dan mereka bisa merilis perubahan serta fitur baru kapanpun mereka inginkan.

Desain Windows 10 akan terus berubah dari yang sebelumnya berkonsep flat design (Modern UI) menjadi Fluent Design System yang berkesan 3D, elegan, dan transparent. Dan bukan tidak mungkin konsep desain ini pun bakal kembali berubah di kemudian hari. Teknologi baru yang muncul bakal terus ditanamkan kedalam Windows 10, kapanpun dirasa perlu. Misalnya saja dukungan Mixed Reality yang ditanamkan di Windows 10 Fall Creators Update nanti, dan tentu hal yang sama juga bakal dilakukan terhadap teknologi baru lain di kemudian hari. Bisa dikatakan tidak ada kata final untuk Windows 10.

Nah, itulah gaes beberapa fitur yang menurut WinPoin tidak akan pernah rampung (akan terus mendapatkan update) di Windows 10. Jika kamu punya pendapat lain, silakan beritahukan di kolom komentar.

  Pake PopBox Locker, Enak Nggak Sih?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '