Home Editorial 4 Fitur Windows/Windows Phone Penunjang Dibulan Ramadhan

4 Fitur Windows/Windows Phone Penunjang Dibulan Ramadhan

fiturwindowsdibulanramadhan_1.jpg

Tak terasa sudah 1 minggu umat muslim menjalankan ibadah puasa. Tentunya di jaman sekarang yang serba mudah, ada banyak cara untuk mempermudah segala sesuatu. Terutama pada pengguna Sistem operasi Windows dan Windows Phone, yang mana diantara fiturnya bisa digunakan untuk menunjang kegiatan kamu selama bulan puasa ini. Dan berikut WinPoin berikan 4 Fitur bawaan Windows/Windows Phone yang dapat kamu manfaatkan selama bulan puasa.

 

Gunakan Alarm Sebagai Pengingat Waktu

Menggunakan alarm adalah hal pertama yang akan di lakukan orang ketika ingin mengingat waktu tertentu. Dan tentunya fitur alarm ini juga bisa kamu manfaatkan dalam bulan puasa ini. Kamu dapat set alarm kapan ingin bangun untuk sahur, sholat, berbuka, dsb. yang tentunya bisa kamu lakukan baik di Windows PC ataupun Perangkat Windows Phone.

fiturwindowsdibulanramadhan_2.jpg

 

Gunakan Family Safety untuk Memfilter Konten Tertentu

Ini berlaku untuk pengguna Windows PC, dengan mengaktifkan Family Safety maka kamu dapat mengatur konten yang dapat dilihat keluarga ketika berselancar di internet. misalnya jika kamu bertindak sebagai Parent account, kamu dapat mengatur anggota keluarga sesuai dengan keinginan seperti.

  • Memfilter Website tertentu
  • Mendownload apps dan game sesuai dengan konten yang di anjurkan
  • Memonitor kegiatan keluarga secara online
  • Mengatur periode waktu penggunaan komputer

Dan untuk melakukan pengaturan filtering website. Pertama kunjungi halaman ini, lalu login dengan akun microsoft. Setelah itu akan muncul daftar account keluarga kamu, pilih salah satu yang ingin kamu setting. Lalu untuk melakukan filtering website, pilih “Settings” pada bagian Web Browsing.

fiturwindowsdibulanramadhan_3

Kemudian switch kekanan pada pengaturan “Block Inapproprlate websites“. Lalu akan muncul opsi lanjutan untuk memfilter website. kamu dapat mengallow website yang pantas dilihat oleh anak-anak, ataupun memblokir website yang tidak pantas dilihat anak-anak. masukan URL dari website tersebut, kemudian pilih “Allow” ataupun “Block”.

fiturwindowsdibulanramadhan_4

Setelah selesai, maka account yang bersangkutan secara otomatis akan langsung di monitor kegiatannya.

fiturwindowsdibulanramadhan_5

Dan ketika ingin membuka website yang diblokir akan muncul peringatan seperti ini.

fiturwindowsdibulanramadhan_6

Dengan begitu, dalam bulan yang suci ini. kamu berserta keluarga, bisa berselancar internet dengan nyaman karena terhindar dari konten-konten negatif yang ada di internet.

 

Menggunakan Maps untuk Bernavigasi dengan Mudah

Mungkin kamu akan bersyukur jika di hidup di jaman sekarang, karena semua serba ada kemudahan — termasuk dalam hal bernavigasi. Dengan banyaknya perangkat yang sudah di bekali aplikasi navigasi seperti Maps atau Here Maps, kini kamu bisa lebih mudah mencari tempat tertentu.

fiturwindowsdibulanramadhan_7

Terlebih jika kamu pengguna sistem operasi Windows 8.x ataupun Windows Phone 8.1 karena sudah di lengkapi dengan HERE Maps dan HERE Drive yang memiliki akurasi tinggi. Dengan begitu kamu lebih mudah untuk menemukan tempat yang di inginkan seperti mencari masjid terdekat untuk melaksanakan ibadah salat saat di perjalanan.

 

Menggunakan Cortana Sebagai Asisten Digital

Dengan menggunakan Cortana, maka kamu akan mendapatkan keuntungan terbesar, karena untuk poin 1 dan 3 bisa dilakukan melalui Cortana. Terlebih selain ada di Windows Phone Cortana juga telah hadir di PC bagi kamu pengguna Windows 10 Preview. Kamu bisa menggunakan fitur Cortana seperti membuatkan reminder untuk pengingat, layak halnya sebagai Alarm.

fiturwindowsdibulanramadhan_8

fiturwindowsdibulanramadhan_9

Selain itu Cortana juga bisa membantu kamu untuk mencari daerah yang di inginkan seperti, mencari restoran terdekat untuk berbuka puasa.

fiturwindowsdibulanramadhan_10

fiturwindowsdibulanramadhan_11

Nah, itulah 4 fitur bawaan Windows/Windows Phone yang bisa menunjuang kegiatan kamu selama bulan puasa ini. Selain itu jika kamu membutuhkan aplikasi Windows Phone untuk membantu dalam melaksanakan puasa, kamu bisa melihat refrensinya disini. (Baca: 4 Aplikasi Windows Phone yang Mendukung Ibadah Puasa Kamu)

Dan jika ada fitur yang terlewatkan, silahkan berkomentar dibawah ini. Akhir kata saya ucapkan, Selamat menjalankan Ibadah puasa ;)

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    set bahasa dan religion ke US

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    “Mie Ayam Barokah” dat name

  • Cortana gak bisa didownload gan, wkwkwk
    http://winpoin.com/windowsphone8-1-cara-mengaktifkan-cortana/

  • makasih om atas tips bagusnya :D

  • Labib Muhammad

    Cortana di PC bilang “sudah memasuki waktu imsak”

    Sahur di depan komputer, ya?

  • Saya tidak bisa menemui cortana lagi kenapa yaa?? Apa terlalu sering gonta ganti region membuat cortana tidak mau muncul lagi??

    • Ojo Nessu

      wkwkwk…
      yg bner ni…

  • Ojo Nessu

    tausiyah sekalian…

    • zainzacky

      Klo tausiyah ntr ngomongnya inggris..gmna ntr gk pham aku..
      Klo ngaji kan ok tuhhh…

  • Ojo Nessu

    ahirnya berhasil di donlot…