Home Editorial 4 Hal yang Harus Kamu Sesuaikan Jika Kamu Berpindah dari iOS ke...

4 Hal yang Harus Kamu Sesuaikan Jika Kamu Berpindah dari iOS ke Windows Phone

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Setelah sebelumnya membahas mengenai berbagai hal yang perlu kamu sesuaikan jika berpindah dari Android ke Windows Phone, supaya adil Winpoin juga akan membahas tentang berbagai hal yang perlu kamu sesuaikan jika berniat untuk pindah platform dari iOS ke Windows Phone.

Meskipun sering disebut sebagai OS paling simpel, memiliki dukungan terbesar, serta bergengsi tinggi, perpindahan pengguna dari platform iOS ke Windows Phone juga sering terjadi. Alasan yang paling sering dikemukakan mungkin dapat digambarkan dari joke berikut ini.

Ketika pengguna Android, Windows Phone, dan iOS diminta untuk melakukan personalisasi terhadap perangkatnya, beginilah reaksi ketiganya:

Pengguna Android: “Baiklah! Saya akan mem-flash perangkat saya dengan ROM baru yang memiliki theme JKT48!”

Pengguna Windows Phone: “Baiklah! Saya akan mengatur Live Tile di Start Screen seindah mungkin dengan menonjolkan ciri, karakter saya, serta cita rasa seni saya.”

Pengguna iPhone: “Baiklah! Saya akan mengubah susunan ikon saya!”

Yup! Dengan segala kelebihannya sekalipun, banyak penyuka teknologi menilai iOS sangat membosankan dan terlalu banyak batasan. Inilah yang sebagian besar menjadikan para pengguna iPhone kemudian melirik platform lain. Jika kamu adalah salah satunya, tahan dulu niatmu – Pertimbangkan hal-hal yang diulas Winpoin dalam artikel ini sebelum terburu nafsu berganti platform.

 

 

User Interface

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Untuk user interface memang berbeda bumi dan langit, sehingga kamu akan memerlukan sedikit waktu agar terbiasa. iPhone menggunakan barisan ikon yang notifikasinya ditampilkan berupa angka yang muncul pada ikon tersebut – Sedangkan Windows Phone memiliki Live Tile yang dinamis. Kamu memerlukan sedikit upaya untuk mengatur start screen sesuai dengan preferensi kamu, berbeda dengan iPhone yang ‘tinggal pakai’ saja.

Permasalahan lain adalah dalam konsep setting dan app, banyak perbedaan yang mengharuskan kamu membiasakan diri terlebih dahulu.

 

App Support dan Kinerja Aplikasi

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Dukungan aplikasi untuk developer iOS memang nomor satu! Semua aplikasi yang berjalan di iOS dijamin lancar tanpa masalah yang berarti. Mungkin kamu akan terkejut ketika menggunakan Windows Phone, beberapa aplikasi tidak berjalan selancar di iOS, seperti misalnya BBM, Path, Line, dan banyak lagi.

Jika kamu adalah pengguna berat aplikasi tertentu, kamu perlu memeriksa dulu bagaimana jalannya aplikasi tersebut di Windows Phone. Jika kamu bersedia menerima kelebihan dan kekurangannya, termasuk juga support terhadap aplikasi yang terkesan sering dianaktirikan, maka kamu bisa lebih mudah berpindah ke Windows Phone.

 

Capturing Speed pada Perangkat WP Kelas Menengah Ke Bawah

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Kecepatan capturing atau menjepret dengan kamera adalah salah satu andalan iPhone. Sangat disayangkan bahwa beberapa perangkat menengah ke bawah Windows Phone kesulitan mengimbangi hal ini. Kecepatan yang dimaksud adalah waktu yang dibutuhkan untuk meluncurkan aplikasi kamera, lalu jeda antara satu jepretan ke jepretan berikutnya. Di perangkat low end Windows Phone, waktu meluncurkan aplikasi kamera agak lambat, juga shot to shot pada perangkat tersebut.

Meskipun demikian, tidak ada masalah jika perangkat Windows Phone yang kamu pilih adalah Lumia 930. Beberapa rilisan dari blog teknologi terkemuka menyebutkan bahwa perangkat ini mengungguli iPhone 6 sekali pun untuk launching viewfinder kamera serta juga jeda waktu shot to shot.

 

Paradigma Gengsi

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Sudah lama iPhone dikenal banyak digunakan oleh para selebriti. Ungkapan sinis yang sering terdengar adalah, iPhone bagi selebriti sudah mirip Chihuahua dan gaya hidup Beverly Hills bagi mereka. Mau tak mau hal ini juga mempengaruhi gengsi. Apalagi perangkat Apple dikenal bernilai premium sehingga terkesan wah. Berfungsi sebagai aksesori tambahan bagi penggunanya.

Namun jika kamu memiliki kerendahan hati dan berjiwa besar, tidak mengejar gengsi dari aksesori belaka, maka hal ini mungkin tidak akan terlalu signifikan terhadap niatmu berganti dari perangkat iOS ke Windows Phone.

 

 

Sebagai Gantinya Kamu Mendapatkan…

Dengan berbagai kekurangan dan penyesuaian tersebut, timbul kesan bahwa memang Windows Phone inferior terhadap iOS. Penilaian ini tidak dapat dikatakan keliru, bila kita menilik dari jumlah pemakai serta berbagai kelebihan iOS sebagaimana diungkap di atas. Namun beralih ke Windows Phone, kamu akan mendapatkan sebuah perangkat yang handal, memiliki pengaturan daya nomor satu sehingga tidak akan mengharuskan kamu menancapkan charger dalam jangka yang lebih panjang, kualitas kamera yang mumpuni, terutama jika kamu menggunakan perangkat high end Windows Phone, kebebasan lebih untuk melakukan personalisasi dan lebih menunjukkan karakter kamu yang khas dan berbeda, serta juga kualitas keyboard yang jauh lebih baik dibandingkan iPhone jika kamu hobi menulis.

Demikianlah berbagai hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk berpindah dari iOS ke Windows Phone. Ada yang punya tips lain? Harap berkenan menyumbangkan pemikirannya di kolom komentar berikut ini!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Budiです

    udah tak tebak kalo posting bawa-bawa JKT48/unsur Anime, pasti admin Kiki yang posting #tos

    • A-aku kan manusia biasa, juga suka yang manis-manis… (–_–)/

  • Muhammad Zaidan

    Untuk edisi selanjutnya bikin penyesuaian dari yg mau pindah ke WP dari BB. :v

    • sekalian aja gan hp symbian, j2me, dan monokrom :v

      • Uus Suriansyah

        Untuk edisi selanjutnya bikin penyesuaian dari yg mau pindah dari WP ke Andro, WP ke iOS, WP ke BB# CMIWW

        • Muhammad Zaidan

          ^klo yg ini ngajak murtad dari WP. :v

      • Muhammad Zaidan

        Sekalian juga Sailfish, Tizen, Meego, Maemo, Bada, Firefox, Palm, webOS. :v

    • Kalau itu ada satu masalah: Seumur hidup aku belum pernah pakai BB…
      (–_–)/

      • arfunk

        dulu sempet ada yang tanya ke aku cara pindahin kontak BBM di bb ke WP gimana. mungkin ada yang bisa bantu jawab. hehe kebetulan seumur idup juga lom sempet ngrasain BB. hehehe

  • Image yg ke empat itu siapa?
    Ati-ati om klo ambil gambar, nnti orangnya marah

    • gambar ke 4 itu jennifer lawrence, artis holywood gan. #CMIIW

      • Yoga tahu itu diambil dari koleksi foto yang mana?
        *sambil menyeringai misterius*

        • Iya ini di ambil di akun sosmednya ya?
          Dilihat dari gambarnya, ini bukan photo yang formal (hanya iseng-iseng dia saja)

          • Huhuhuhuhu…
            Bukan…
            Aku nunggu dulu aja, sapa tahu ntar ada yang tahu…

        • icloud leak ? i’ve seen it all #eh :v

          • iyakah?
            photo2 yg BB18 itu?
            *ehemm*

          • Seperti yang diharapkan dari programmer

  • Rafael

    Ahh BBM di ios itu juga lambat kok gan. Malah game2 di ios sama android lebih cepet android di bagian loading game saya waktu itu main game offline aja kyk five night at freddy di iphone saya dulu (4S) loadingannya lama banget, tapi pas mulai game nya lancar. Tapi pas saya main game five night at freddy di samsung galaxy ace 3 tmn saya loading gamenya cepet tapi pas mulai gamenya gak selancar di iphone punya saya. Begitu juga aplikasi yang paling sangat saya gunakan yaitu Shazam, pas saya lagi dengerin musik di radio saya, pasti ada lagu bagus yang saya gak tau judulnya makannya saya pake Shazam untuk mencari tahu lagu tsb dengan tinggal memencet icon Shazam lalu Shazam akan mendengarkan lagu tsb dan langasung memberikan judul plus lirik lagu itu. Nahh pas saya pake Shazam di iphone itu lamaaaa banget Shazamnnya dengerin lagu di radio saya saya ampe pegel tangan megang iphone, padahal koneksi cepet tapi kok lama yaudah saya langsung delete aja dengan penuh kekecewaan. Nahh berbeda dengan di WP saya pake internet lamabat gak nyampe 10 detik Shazam dengerin lagu nya langsung saya di kasih judul plus lirik lagunya :D

    • Oh, masalah BBM mungkin bener. Beberapa teman juga menilai bahwa BBM di Android lebih cepat daripada BBM di iOS. Tambahan yang bagus.

      • Bohong ki bbm di Android lelet juga kok -__- gak tau kenapa…banyak lag nya bruuuhhh

  • Apriko_99

    Wahhh….. Artikel yang bagus nih tentang ios,… Hehehe maklumlah ekonomi tk mendukung untuk beli iphone…. Jadi kagak tau sama kali tentang Ios…..

    Thanks artikel yang bagus…..

    • iOS sekarang terjangkau kok. iPhone 4 baru GSM cuma 1,7. 4S kisaran 2.
      Aku akrab sama komunitasnya dan kadang bantu jualin..

      • Apriko_99

        Ohhh saya bru tau…. Hehe

  • Mochammad Reza

    Min tau gak Nokia 2016 mau ngeluarin Smartphone lagi tapi sayang nya OS tabung ijo,menyebalkan

    • Setahuku yang produksi Foxconn pakai nama Nokia. Perjanjian jual beli lisensi. Divisi mobile Nokia belum punya resource. Entah kalau mereka bisa ngakalin dengan akuisisi divisi lain.

      • Mochammad Reza

        Bukan asli dari Nokia nya ?

        • ryriadi

          Bneran gan baca dimna……

          • Mochammad Reza

            Windows Central

        • Iya. Foxconn basisnya di Cina. Tapi gak tau lagi kalau Nokia berhasil menyusun ulang divisi mobile miliknya.

  • arif alfianz

    ,maaf ni gan, oot dari artikel ini,. saya mau tanya dong gan,. ada yg udh update asphalt 8 blum,.? punya’q setelah update ko ga kelihatan di app list ya,.? tapi di store udh ke install, trus klo ada notification juga bisa di mainin,. ada yg tahu ga gan,.?

    • Rafael

      Mungkin itu bug dari update asphaltnya gan. Permainan Real Football 2013 juga sama hihihihihi

      • arif alfianz

        ,oke gan makasih info’ny,. :D
        tapi masalah’ny gimana mau uninstall ya gan,.? soal’ny kn ga kelihatan,. mski di reinstall dari situs windowsphone.com ga ada efek’ny,.

        emm.. kalau misal file mentah aplikasi di masukin ke sdCard bisa ga ya gan,.? hhehee,. soal’ny aneh sih,.

        • Rafael

          Emang gak ada di setting app asphalt nya? Tinggal ke setting-storage sense – pilih phone storage atau sd card storage tergantung agan masukinnya game asphaltnya di phone atau sd card. Kyk nya WP gak bisa deh masukin file mentah kecuali android kyk nya bisa dehh soalnya di andro kan ada aplikasi default file sementara WP harus download tapi kyknya kalo pake Pocket File Manager (PFM) bisa deh tapi kyknya sihh soalnya saya blm coba dan juga PFM bayar gak geratis ;D

          • arif alfianz

            ,di storage sense ga ada gan,. maka’ny saya bingung jadi’ny,. tapi klo ada notifikasi bisa di buka game’ny,. trus cara uninstall’ny gimana dong,.?
            klo install dai sdCard blum coba juga sih, tapi masih penasaran aja,.

          • Victory People

            Saya sudah update Asphalt 8 dan berhasil, Gan. Awalnya gagal. Tapi setelah saya hapus versi sebelumnya, lalu saya instal versi yang baru, updatenya berhasil. Saya kira jika versi sebelumnya saya hapus, data-data seperti mobil dan event-event yang sudah terbuka akan hilang. Ternyata walaupun versi lamanya sudah dihapus dan versi barunya terinstal, data-datanya masih ada dan ada tambahan fitur seperti mobil dan ajang baru karena update-an tadi.

  • bagas saadillah

    hhe ane stuju dengan artikel ini kebetulan ane dari user Lumia yang berpaling ke iphone .. tp ane masih ngerasa jauh lebih nikmat dengan live tiles WP serta keyboard nya yang ga pernah typo sekalipun stiap ane ngetik .. serta di lumia ane bisa meng costom warna warni live tiles >_< oh god I miss my lumia :'(

  • Aku gak ngerti sama orang2. Ketika dia keluarin hape iphone 5 nya orang2 nyorak, ketika teman gue keluarin lumia 1020 nya, duh biasa aja :’) bisa apa kamera 5 dengan 1020 dgn sensor yang lebih gede? Gengsi? Makan tuh gengsi.

    Android? Gue keluarin sony z2 juga biasa aja reaksi org. Jepretan iphone masih jauh di bawah :( serius deh :( nih ya, org2 suka termakan prestise. Kalau gue sih kualiti. Doain ya semoga bisa beli Lumia 930 :’) biar bisa kerja di 2 platform sekaligus yaitu Windows (currently) dan Android (klo lg presentasi nyablak wkwk)