Beralih dari iOS ke Windows Phone

Setelah sebelumnya membahas mengenai berbagai hal yang perlu kamu sesuaikan jika berpindah dari Android ke Windows Phone, supaya adil Winpoin juga akan membahas tentang berbagai hal yang perlu kamu sesuaikan jika berniat untuk pindah platform dari iOS ke Windows Phone.

Meskipun sering disebut sebagai OS paling simpel, memiliki dukungan terbesar, serta bergengsi tinggi, perpindahan pengguna dari platform iOS ke Windows Phone juga sering terjadi. Alasan yang paling sering dikemukakan mungkin dapat digambarkan dari joke berikut ini.

Ketika pengguna Android, Windows Phone, dan iOS diminta untuk melakukan personalisasi terhadap perangkatnya, beginilah reaksi ketiganya:

Pengguna Android: “Baiklah! Saya akan mem-flash perangkat saya dengan ROM baru yang memiliki theme JKT48!”

Pengguna Windows Phone: “Baiklah! Saya akan mengatur Live Tile di Start Screen seindah mungkin dengan menonjolkan ciri, karakter saya, serta cita rasa seni saya.”

Pengguna iPhone: “Baiklah! Saya akan mengubah susunan ikon saya!”

Yup! Dengan segala kelebihannya sekalipun, banyak penyuka teknologi menilai iOS sangat membosankan dan terlalu banyak batasan. Inilah yang sebagian besar menjadikan para pengguna iPhone kemudian melirik platform lain. Jika kamu adalah salah satunya, tahan dulu niatmu – Pertimbangkan hal-hal yang diulas Winpoin dalam artikel ini sebelum terburu nafsu berganti platform.

 

 

User Interface

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Untuk user interface memang berbeda bumi dan langit, sehingga kamu akan memerlukan sedikit waktu agar terbiasa. iPhone menggunakan barisan ikon yang notifikasinya ditampilkan berupa angka yang muncul pada ikon tersebut – Sedangkan Windows Phone memiliki Live Tile yang dinamis. Kamu memerlukan sedikit upaya untuk mengatur start screen sesuai dengan preferensi kamu, berbeda dengan iPhone yang ‘tinggal pakai’ saja.

Permasalahan lain adalah dalam konsep setting dan app, banyak perbedaan yang mengharuskan kamu membiasakan diri terlebih dahulu.

 

App Support dan Kinerja Aplikasi

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Dukungan aplikasi untuk developer iOS memang nomor satu! Semua aplikasi yang berjalan di iOS dijamin lancar tanpa masalah yang berarti. Mungkin kamu akan terkejut ketika menggunakan Windows Phone, beberapa aplikasi tidak berjalan selancar di iOS, seperti misalnya BBM, Path, Line, dan banyak lagi.

Jika kamu adalah pengguna berat aplikasi tertentu, kamu perlu memeriksa dulu bagaimana jalannya aplikasi tersebut di Windows Phone. Jika kamu bersedia menerima kelebihan dan kekurangannya, termasuk juga support terhadap aplikasi yang terkesan sering dianaktirikan, maka kamu bisa lebih mudah berpindah ke Windows Phone.

 

Capturing Speed pada Perangkat WP Kelas Menengah Ke Bawah

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Kecepatan capturing atau menjepret dengan kamera adalah salah satu andalan iPhone. Sangat disayangkan bahwa beberapa perangkat menengah ke bawah Windows Phone kesulitan mengimbangi hal ini. Kecepatan yang dimaksud adalah waktu yang dibutuhkan untuk meluncurkan aplikasi kamera, lalu jeda antara satu jepretan ke jepretan berikutnya. Di perangkat low end Windows Phone, waktu meluncurkan aplikasi kamera agak lambat, juga shot to shot pada perangkat tersebut.

Meskipun demikian, tidak ada masalah jika perangkat Windows Phone yang kamu pilih adalah Lumia 930. Beberapa rilisan dari blog teknologi terkemuka menyebutkan bahwa perangkat ini mengungguli iPhone 6 sekali pun untuk launching viewfinder kamera serta juga jeda waktu shot to shot.

 

Paradigma Gengsi

Beralih dari iOS ke Windows Phone

Sudah lama iPhone dikenal banyak digunakan oleh para selebriti. Ungkapan sinis yang sering terdengar adalah, iPhone bagi selebriti sudah mirip Chihuahua dan gaya hidup Beverly Hills bagi mereka. Mau tak mau hal ini juga mempengaruhi gengsi. Apalagi perangkat Apple dikenal bernilai premium sehingga terkesan wah. Berfungsi sebagai aksesori tambahan bagi penggunanya.

Namun jika kamu memiliki kerendahan hati dan berjiwa besar, tidak mengejar gengsi dari aksesori belaka, maka hal ini mungkin tidak akan terlalu signifikan terhadap niatmu berganti dari perangkat iOS ke Windows Phone.

 

 

Sebagai Gantinya Kamu Mendapatkan…

Dengan berbagai kekurangan dan penyesuaian tersebut, timbul kesan bahwa memang Windows Phone inferior terhadap iOS. Penilaian ini tidak dapat dikatakan keliru, bila kita menilik dari jumlah pemakai serta berbagai kelebihan iOS sebagaimana diungkap di atas. Namun beralih ke Windows Phone, kamu akan mendapatkan sebuah perangkat yang handal, memiliki pengaturan daya nomor satu sehingga tidak akan mengharuskan kamu menancapkan charger dalam jangka yang lebih panjang, kualitas kamera yang mumpuni, terutama jika kamu menggunakan perangkat high end Windows Phone, kebebasan lebih untuk melakukan personalisasi dan lebih menunjukkan karakter kamu yang khas dan berbeda, serta juga kualitas keyboard yang jauh lebih baik dibandingkan iPhone jika kamu hobi menulis.

Demikianlah berbagai hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk berpindah dari iOS ke Windows Phone. Ada yang punya tips lain? Harap berkenan menyumbangkan pemikirannya di kolom komentar berikut ini!

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.