Home Editorial 6 Fitur Windows 10 yang Aman untuk Kamu Matikan

6 Fitur Windows 10 yang Aman untuk Kamu Matikan

Windows 10 Mengalami Freeze Setelah Anniversary Update? Ini Cara Mengatasinya

Windows 10 sudah berumur satu tahun lebih dan juga update besar Windows 10 yang dikenal dengan Redstone (Anniversary Update) telah dibagikan oleh Microsoft kepada seluruh pengguna Windows 10.

Pada kesempatan kali ini WinPoin akan berikan sedikit rekomendasi untuk kamu mengenai apa saja fitur di Windows 10 yang aman untuk kamu matikan. So, inilah daftar fitur tersebut:

Junk Apps

Harus diakui, Windows 10 memberikan banyak sekali aplikasi berguna yang dapat kita unduh dari Windows Store. Namun, ada juga beberapa aplikasi yang tak kita butuhkan (Junk Apps) dan sayangnya aplikasi tersebut sudah terinstall (aplikasi bawaan) pada Windows 10.

Contoh Junk Apps pada Windows 10 adalah aplikasi seperti Candy Crush Saga, 3D Builder, People, Phone Companion, Solitaire Collection dan lain-lain, aplikasi tersebut langsung terinstall pada perangkat Windows 10 kamu. Sebenarnya kamu bisa dengan mudah menghapus apps ini melalui Powershell, akan tetapi terkadang pada update selanjutnya Microsoft akan kembali menginstall aplikasi tersebut pada Windows 10 kamu.

(Baca: Cara Menghapus Default Apps pada Windows 10)

Setelah itu, kamu harus menonaktifkan fitur Occasionally show suggestions (Apps) in Start. Dengan menonaktifkan fitur tersebut, otomatis settingannya akan tersimpan pada Windows 10 kamu dan tentunya Microsoft tak akan memberikan rekomendasi apps pada Windows 10 kamu secara otomatis sehingga kamu bisa bebas memilih apps apa saja yang akan kamu install pada Windows 10 milikmu.

Cara untuk menonaktifkan fitur ini adalah dengan pergi ke Settings > Personalization > Start lalu nonaktifkan fitur Occasionally show suggestions in Start.

Delivery Optimization

Fitur ini berguna untuk menghemat bandwidht karena melakukan update OS, dan update aplikasi dari PC lain pada local network dan fitur ini dapat juga digunakan untuk PC lain yang terkoneksi internet. Namun, itu juga berarti bahwa kamu membuang-buang bandwidht milikmu untuk komputer lain.

Kalau menurut saya tak ada yang salah dengan fitur ini, jika kamu memiliki bandwidht yang besar tentunya fitur ini akan sangat bermanfaat. Namun, jika tak berguna ya untuk apa? Matikan saja fitur ini dengan cara pergi ke Setting > Update > Windows Update > Advanced Option > Choose How Updates are Delivered. Lalu nonaktifkan fitur Delivery Optimization.

Action Center

Jujur saja, jika dulu pas pertama update ke Windows 10 fitur Action Center tidak terlalu berguna, namun kini kebalikannya fitur tersebut sangat berguna sekali semenjak Anniversary Update dirilis.

Namun, jika kamu merasa terganggu dengan fitur ini, kamu bisa menonaktifkannya dengan mudah.

(Baca: Menonaktifkan Action Center Windows 10)

Cortana

Di Windows 10 Anniversary Update Cortana makin powerfull dan tentunya sangat membantu keseharian kamu. Namun, jika kamu merasa tak membutuhkan Cortana kamu dapat menonaktifkannya.

Caranya sangat mudah, pergi ke Setting > Privacy > Speech, inking, & typing lalu pilih Stop getting to know me.

Windows Defender

Padahal Windows Defender merupakan salah antivirus yang cukup baik, namun jika kamu lebih suka antivirus dari pihak ketiga kamu harus menonaktifkan Windows Defender terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, cukup pergi ke Setting > Update & security > Windows Defender.

Background Apps

Kamu sudah menutup semua apps namun kamu merasa bahwa Windows 10 kamu mengalami penurunan performa?

Mungkin alasannya adalah Background Apps, sama seperti Windows 10 Mobile, aplikasi pada Windows 10 masih dapat berjalan pada background walaupun kamu sudah menutup apps tersebut.

Jadi, jika kamu mengalami hal tersebut mungkin kamu harus menonaktifkan beberapa background apps. Caranya sangat mudah Setting > Privacy > Background Apps lalu nonaktifkan saja beberapa aplikasi yang tak kamu gunakan sama sekali.

Itulah daftar ke-6 fitur Windows 10 yang aman untuk kamu matikan tanpa harus menyebabkan masalah pada sistem, sebenarnya ada banyak sekali fitur yang dapat kamu matikan. Namun, pada artikel ini WinPoin menitikberatkan berdasarkan tingkat gangguan yang kamu alami.

So, kamu sudah mematikan fitur apa saja pada Windows 10 kamu? Apakah salah satu dari fitur diatas? Coba bagikan pada kami di kolom komentar.

Kalau saya hanya mematikan 2 fitur saja, yakni fitur Junk Apps dan Background Apps. :)

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '