Windows 10 direncanakan oleh Microsoft sebagai ‘versi akhir’ dari OS Windows. Untuk ke depannya OS ini akan terus dikembangkan dan mendapatkan update, namun tanpa perubahan versi. Ini merupakan sebuah rencana yang sangat ambisius, namun cukup masuk akal. Microsoft pun seolah all out dengan versi Windows ini dan terus menerus meningkatkan kemampuan, fitur, maupun kestabilan versi Windows ini.

Nah, saking banyaknya fitur yang ditanamkan pada Windows 10, ada kemungkinan banyak fitur yang mungkin belum pernah kamu coba sama sekali. Di antara berbagai fitur tersebut, ada beberapa fitur yang menurut saya akan sangat bermanfaat bagi aktivitas harian kamu, namun mungkin tidak pernah kamu perhatikan atau kamu coba sama sekali. Nah, artikel ini bertujuan untuk membahas fitur-fitur tersebut!

 

1| Virtual Desktop

Terinspirasi dari OS-X yang memiliki virtual desktop yang sangat powerful, Microsoft akhirnya menanamkan virtual desktop bawaan di Windows 10. Implementasi Microsoft ini menurut saya sudah cukup cemerlang. Kamu bisa menentukan sendiri berapa virtual desktop yang akan dicadangkan untuk dimanfaatkan. Kemudian kamu juga bebas beralih dan memindahkan jendela aplikasi antar virtual desktop.

Cara membuka virtual desktop, klik tombol Multitasking di sebelah Cortana. Kamu juga bisa mengatur tampilan virtual desktop dengan menavigasi ke Settings > System > Multitasking. Untuk beralih antar desktop, kamu cukup menekan tombol Ctrl+Windows dan tombol panah kanan atau kiri.

Penasaran cara memanfaatkan virtual desktop? Bacalah artikel Cara Menggunakan Virtual Desktop Layaknya Seorang Master.

2| Task Scheduler

Task Scheduler ini sebenarnya sudah ada sejak era Windows 95. Namun Windows 10 menjadikannya lebih powerful dengan tambahan sistem task yang mirip dengan IFTTT (If This Then That). Pada intinya kita bisa mengatur urutan tugas yang saling dipicu. Misalnya, jika membuka aplikasi tertentu, maka aplikasi lain akan ikut dibuka.

Cara mengakses fitur ini sangat mudah. Ketikkan saja Task Scheduler di bilah pencarian/Cortana, lalu buat semacam ‘resep’ terkait tugas yang ingin kamu lakukan secara otomatis. Selanjutnya PC kamu akan melakukan penanganan terhadap tugas tersebut sesuai ‘resep’ yang kamu buat!

3| Windows Malicious Software Removal Tool

Setelah banyak dikritik masalah keamanan dan banyaknya kasus virus di PC berbasis Windows, Microsoft nampaknya serius untuk memperkuat OS-nya dengan perlindungan bawaan. Windows Defender merupakan alat yang melindungi Windows 10 secara ketat dan susah sekali ditembus. Bahkan update pendukung Windows 10 menjadikan Microsoft seringkali selangkah lebih maju dari OS lain dalam menghadapi berbagai ancaman malware, seperti misalnya kasus Ransomware Wannacry yang sempat heboh bulan Mei yang lalu.

Namun mungkin kamu tidak tahu, Windows 10 juga memiliki tool bernama Windows Malicious Software Removal Tool, sebuah alat anti malware tambahan yang berjalan dengan diam-diam di latar belakang dan menghalangi upaya malware yang ingin mengganggu PC berbasis Windows milikmu.

 

4| Ruang di Disk Semakin Sempit? Sekarang bukan Masalah Lagi!

Mungkin kita sudah lama mengenal Disk Cleanup, akan tetapi kini fitur ini menjadi lebih powerful dan menyelesaikan permasalahan file update yang menumpuk dan memenuhi storage. Kamu tinggal memanfaatkan fitur ini untuk menghapus seluruh sampah software tersebut. Pilih Clean up system file untuk mengklaim ruang lebih besar di hard disk. Selain itu, meluncurkannya pun kini lebih mudah. Kamu cukup mengetikkan kata Disk Clean Up di bilah pencarian/Cortana untuk meluncurkannya!

 

5| Memeriksa file hilang dan disk error

7 Perintah CMD Keren yang Wajib Kamu Coba

Kini file hilang dan disk error bukan lagi momok. Setidaknya ada trik yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Pertama-tama, luncurkan Command Prompt dengan mengetikkan “cmd” di kotak pencarian atau Cortana. Klik kanan di tautan Command Prompt lalu pilih Run as administrator.

Ketikkan perintah “sfc /scannow” untuk menjalankan System File Checker yang mana akan menemukan jika ada file hilang yang diperlukan oleh software kamu, atau bahkan oleh OS Windows. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perintah “chkdsk /f” untuk memerika apakah ada masalah di drive lokal.

6| Print to PDF

Saya tumbuh dewasa di era perkembangan komputer. Dulu kita harus menyimpan keseluruhan file browser beserta file pelengkapnya, atau minimal mengopinya ke MS Word jika ingin menyimpan konten sebuah browser. Era selanjutnya adalah menggunakan jasa PDF Converter, baik berupa software maupun jasa website online. Namun sekarang, tidak lagi!

Kamu cukup memanfaatkan fitur dari Windows 10 dan browser untuk menyimpan konten browser ke PDF. Caranya sangat mudah! Apa pun browser yang kamu gunakan, carilah opsi Print.

Setelah itu pilih opsi Print to PDF atau Adobe PDF. Kamu nantinya akan memperoleh versi PDF dari konten browser tersebut!
Bukan saja menggunakan browser, tapi kamu juga bisa mencetak file dari Word atau Excel ke PDF dengan tanpa tambahan software lain. Ini sudah merupakan fitur bawaan dari Windows 10 dan MS Office sejak era Office 2013!
Pelajar dan pekerja yang sering berurusan dengan dokumen pasti sangat terbantu dengan fitur ini!

7| Merekam aktivitas Layar

Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan
Fitur ini mulai diperkenalkan pada era Creators Update. Sasaran sebenarnya adalah gamer yang ingin merekam ‘prestasi game’ miliknya di layar. Akan tetapi ternyata fitur ini juga cukup bermanfaat untuk merekam segala sesuatu di layar, seperti misalnya jika kamu sedang merekam tutorial menggambar menggunakan tablet (Surface atau Yoga mungkin), atau menjelaskan grafik tertentu kepada teman kamu secara live. Kamu cukup menekan tombol Windows+G untuk menampilkan fitur ini! Untuk keterangan lengkap cara memanfaatkan fitur unik ini, kamu bisa membaca artikel Winpoin yang berjudul: Cara Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan!

Nah, demikianlah 7 fitur Windows 10 yang bermanfaat tapi kemungkinan besar belum kamu ketahui. Ada usulan fitur lain? Tuangkan wawasan kamu di kolom komentar. Jika kamu suka artikel semacam ini, saya akan membuatkan versi lanjutannya nanti!

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.