Dalam postingan blog Microsoft terbaru, mereka memperkenalkan sebuah fitur bernama “Super Duper Secure Mode” untuk Microsoft Edge Chromium, dimana fitur ini bertujuan untuk menambah keamanan pada Microsoft Edge dengan menonaktifkan JIT atau (Just in Time) compilation di V8 JavaScript Engine.

Lalu apa sih fitur ini? mari kita bahas lebih dalam.

Dilansir dari halaman Microsoft, Microsoft membuat fitur ini adalah untuk menutupi bug yang ada didalam JavaScript yang diguanakan oleh browser Modern (termasuk Microsoft Edge Chromium), dimana sekitar 45% serangan di V8 berkaitan dengan JIT.

Jadi dengan dibuatnya fitur Super Duper Secure Mode ini, Microsoft berharap bahwa Microsoft Edge akan menjadi lebih aman dan lebih sulit untuk diserang.

Selain hadir untuk memperbaiki dan mengatasi masalah tersebut, Supert Duper Secure Mode pun sudah memiliki sejumlah keamanan lain, termasuk sejumlah bug fix yang tentu sangat penting untuk pengguna dapatkan.

Apa itu JIT (Just in Time)

Namanya cukup keren dan diambil dari kepanjangan Just in Time, namun selain itu JIT juga dikenal sebagai “Speculative optimization) yang diperkenalkan pada tahun 2008 lalu sebagai bagian dari Performance tool untuk meningkatkan skenario javascript.

Dengan JIT, browser akan mendapatkan pengalaman yang lebih smoot dan cepat ketika melakukan precompiling javascript code sebelum browser membutuhkannya.

Hanya saja, mekanisme kompleks tersebut selain menawarkan performa yang lebih baik, itu mengorbankan perihal keamanan.

Bisa Diperbaiki (ungkap Microsoft)

Mengenai masalah keamanan tersebut, Mozilla juga berkata bahwa lebih dari setengah Chrome Exploit menargetkan bug JIT tersebut, karena bagaimanapun pengguna lebih suka dan mengedepankan performa dibandingkan keamanan, sehingga para developer mengambil resiko hanya untuk membuat browser berjalan lebih snappy dan smooth.

Kabar baiknya, mengenai hal ini Microsoft mengklain bahwa memperbaiki bug di V8 Engine dengan menonaktifkan JIT adalah dimungkinkan dan dapat dilakukan, dan karena itulah fitur Super Duper Secure Mode ini dihadirkan.

Masih dilansir dari WinAero, Microsoft Browser Vulnerability Research team terus berulang kali melakukan percobaan mengenai seberapa besar penurunan performa yang didapatkan Microsoft Edge dengan menonaktifkan JIT (enable Super Duper Secure Mode) dan dari beberapa pengujian tersebut mencakup Power, Startup, memory dan Page Load.

Dan berdasarkan hasil tersebut, sekitar 58% penurunan hasil, meskipun demikian Microsoft mengatakan pengguna tidak akan melihat penurunan kinerja.

Langkah Microsoft!

Untuk saat ini Microsoft tidak ingin menonaktifkan JIT secara defaul (dengan kata lain Super Duper Secure Mode tidak diaktifkan secara default), karena bagaimanapun performa masih menjadi perihal utama yang pengguna inginkan, namun jika pengguna ingin menonaktifkan JIT, maka pengguna bisa mengaktifkan fitur Super Duper Secure Mode yang sudah tersedia melalui flags expermental (edge://flags/edge-enable-super-duper-security-mode)

Selanjutnya : Cara Mengaktifkan Super Duper Secure Mode di Microsoft Edge Canary

Nah mengenai fitur Super Duper Secure Mode dan JIT (Just in Time), bagi kamu yang penasaran, kamu bisa mempelajarinya di halaman Microsoft berikut.

Nah bagaimana? kamu pilih keamanan atau performa? komen dibawah guys.

Via : Microsoft, WinAero

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.