Dalam beberapa tahun terakhir Adobe Flash memang rasanya menjadi sudah tidak relevan lagi, terlebih pasca banyak platform, browser, dan website tidak lagi menyertakan support untuk animasi Flash yang dikenal berat dan rawan eksploit.

Untuk itu Adobe bergerak cepat dengan langsung mengubah nama Adobe Flash menjadi Adobe Animate, dan mengubah fokus teknologi animasinya menjadi menggunakan HTML5 yang memang telah menjadi standard baru untuk animasi interaktif, baik itu untuk keperluan iklan interaktif maupun industri kartun.

Jadi di awal 2016 nanti tidak akan ada lagi Adobe Flash, yang ada adalah Adobe Animate CC yang tergabung dalam Adobe Creative Cloud Suite.

Disingkirkannya Flash dari fokus utama Adobe bukan hal yang mengejutkan, mengingat teknologi Flash tersebut sudah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh HTML 5 yang terus semakin populer. Situs besar seperti YouTube dan Twitch juga sudah tidak lagi menggunakan Flash dan telah menggunakan HTML 5 di setiap konten videonya.

Uniknya di beberapa sekolah di Indonesia tidak jarang yang masih meggunakan Macromedia Flash, yang bahkan perusahaannya sudah diakuisisi oleh Adobe sejak tahun 2005 lalu.

Untuk itu jika di sekolah kamu masih diajarkan Macromedia Flash, bilang ke mentornya bahwa Flash kini sudah tidak populer digunakan lagi. Sekarang sudah era nya HTML 5 pak., waktunya upgrade materi. :)

via adobe

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.