Saya mungkin adalah salah satu orang yang cukup lama bertahan di Windows 10, bahkan setelah satu tahun Microsoft merilis Windows 11.

Dulu saya sempat menulis artikel mengenai Lima Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Upgrade Ke Windows 11 dan salah satu poin yang saya bahas adalah “Windows 11 Masih Belum Sempurna”, setidaknya waktu itu karena di Windows 11 Intial Release, masih ada beberapa kekurangan yang cukup signifikan, seperti sulitnya mengubah default browser, tidak ada drag untuk pin to taskbar, masih cukup banyak bug, dan lainnya.

Namun satu tahun berlalu, Microsoft akhirnya akan segera merilis versi kedua dari Windows 11, disebut dengan project Sun Valley 2 dan akan memiliki nama Windows 11 2022 Update, versi ini untuk sekarang sudah hadir di Windows Insider Beta, dan ada dua opsi yang dapat pengguna pilih, Build 22621 dengan sejumlah fitur baru yang belum aktif (mencakup tab di file explorer, dan fitur baru lainnya) dan Build 22622 yang sudah menghadirkan sejumlah fitur baru secara default.

Di Windows 11 22H2 yang kabarnya akan membawa Build 22621 sebagai GA atau General availability, sudah cukup banyak peningkatan dan fitur baru yang dihadirkan, diantaranya kamu bisa melihat artikel berikut untuk melihat apa saja fitur barunya.

Baca Juga : Inilah Daftar Lengkap Fitur Baru Yang Hadir di Windows 11 22H2

Oke, jika dulu saya masih menggunakan Windows 10, kini saya sudah menggunakan Windows 11 sepenuhnya, dan apa saja sih alasan yang membuat saya mau menggunakan Windows 11 22H2, dan kenapa baru sekarang dan bukan ketika pertama kali dirilis dulu?, oke mari kita bahas guys.

Windows 11 Sudah Lebih Stabil

Salah satu alasan kenapa saya dulu masih bertahan di Windows 10 adalah karena Windows 11 masih terbilang baru dan masih cukup buggy untuk digunakan, sebut saja masalah printer yang berkali kali dilaporkan bermasalah di Windows 11.

Selain itu beberapa bagian user interface dari Windows 11 waktu itu masih dapat dikatakan belum sempurna, dimana masih ada sejumlah bagian yang kasar, dan cenderung belum konsisten pada semua aplikasi.

Namun beda halnya dengan saat ini, dimana Microsoft yang satu tahun ini lebih berfokus pada Windows 11 dan menganak tirikan Windows 10, tampak gila gilaan memperbaiki dan menyempurnakan Windows 11, dimana sudah ada sejumlah hal yang dulu dikeluhkan pengguna, kini telah diperbaiki.

Misalkan saja, kini mengubah Default browser sudah lebih mudah, cukup satu kali klik maka default browser langsung berubah. Beda halnya dengan dulu, dimana pengguna harus mengubah satu persatu dari format file untuk dibuka sesuai dengan aplikasi yang pengguna inginkan.

Selain itu jika dulu kita tidak bisa drag untuk pin to taskbar, yang mana menjadi fitur penting di Windows OS, kini hal tersebut sudah bisa dilakukan kembali.

Fitur Baru Yang Lebih Banyak

Nah selain itu, di Windows 11 22H2, sudah ada cukup banyak fitur baru yang cukup membantu menambah pengalaman pengguna Windows 11.

Seperti Drag n Drop di Taskbar, Folder di Start Menu, Pin Files di Favorites, Peningkatan Snap Layout, dan masih banyak lagi, kamu bisa melihat artikel berikut untuk mengetahui apa saja fitur baru di Windows 11 22H2.

Masa Dukungan Microsoft Akan Diperpanjang

Jika dukungan Windows 11 Home dan Pro (versi 21H2 / Initial Release) dimulai pada 4 Oktober 2021 lalu, OS tersebut akan berhenti didukung dan berhenti mendapatkan pembaruan dari Microsoft pada 20 Oktober 2023.

Dimana setelah itu, mau tidak mau pengguna tetap harus memperbarui system mereka ke versi yang lebih baru, dan dengan diperbaruinya ke Windows 11 22H2, maka tentu itu akan memperpanjang masa dukungan Windows 11 yang kita gunakan.

Kesimpulan

Dari apa yang saya bahas diatas, kesimpulannya bahwa di Windows 11 22H2, ada sejumlah peningkatan termasuk peningkatan quality of life, peningkatan produktifitas, pembaruan fungsi tasbar, dan sejumlah masalah umum yang sudah mulai diperbaiki.

Dengan itu tentu ini sudah cukup untuk menjadi alasan kenapa kamu harus upgrade dari Windows 11 21H2 ke Windows 11 22H2, karena bagaimanapun, menurut saya OS ini membawa peningkatan drastis bagi Windows 11.

Kapan Windows 11 22H2 Akan Dirilis?

Hingga saat ini, Windows 11 22H2 atau Windows 11 2022 Update masih dalam pengujian di Windows Insider Beta Channel, namun diperkirakan bahwa Windows 11 22H2 Akan Dirilis 20 September 2022 dimana itu hanya tinggal menghitung hari saja.

Nah itulah alasan kenapa kita harus upgrade ke Windows 11, bagaimana menurutmu? apakah kamu punya pendapat lain? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.