Beberapa minggu lalu, Microsoft secara resmi mengumumkan Windows 11, OS terbaru mereka ini memang seperti rumor dan pembahasan yang telah WinPoin katakan pada beberapa artikel lalu, OS ini memang keren, simple, dan tampak lebih moderen, meski sih memang saya sendiri tidak pungkiri desain yang dihadirkan justru lebih mirip dengan Mac dibandingkan Windows itu sendiri.

Nah berhubung sudah dirilis nih, dan mungkin sudah ada banyak orang juga yang menggunakan OS ini bahkan diataranya ada yang memaksa instal meskipun system requirement tidak terpenuhi, maka kali ini mari kita bahas apa saja sih Lima Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Upgrade Ke Windows 11. Berikut adalah diantaranya :

Windows 10 Masih Akan Mendapatkan Dukungan, Setidaknya Lima Tahun Lagi

Banyak yang mengira dengan hadirnya Windows 11, Microsoft akan menghentikan Windows 10 dan tidak akan lagi mendukungnya, entah itu memberikan fitur baru atau update keamanan, sesungguhnya itu salah guys, karena wajib kamu tahu bahwa Windows 10 versi Home dan Pro setidaknya akan mendapatkan update hingga 14 Oktober 2021.

Selengkapnya mengenai hal ini kamu bisa membaca artikel WinPoin berjudul Hot : Dukungan Windows 10 Hanya Sampai Tahun 2025.

Bahkan, Windows 10 LTSC 2019 masih akan mendapatkan dukungan setidaknya hingga tahun 2029 dan itulah alasan kenapa saya tidak ingin pindah dari OS yang satu ini.

Baca Juga : Suka Duka Menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC

Dukungan Hardware Windows 10 Lebih Mainstream

Berbeda dengan Windows 11, ada sejumlah batasan dari system requirements Windows 11, misalkan saja Windows 11 memerlukan Secure Boot Enable, TPM 2.0 dan paling menekan banyak pengguna adalah minimum CPU yang digunakan haruslah Intel Gen 8 atau AMD Seri 2000 Desktop.

Dengan itu tentu jika kamu adalah pengguna CPU atau Hardware lama, menggunakan Windows 10 masih menjadi hal paling baik untuk kamu lakukan, karena bagaimanapun Windows 10 hampir dapat dijalankan disemua hardware yang tersedia dipasaran, untuk performa maksimal kamu cukup upgrade saja RAM dan SSD, maka denga itu kamu sudah mendapatkan performa yang cukup Oke untuk penggunaan sehari hari.

Windows 11 Masih Belum Sempurna

Meskipun sudah resmi diluncurkan, namun menurut saya Windows 11 masih belum sempurna, misalkan saja masih ada beberapa masalah yang terjadi, entah itu masalah performa yang kemarin sempat dilaporkan banyak pengguna AMD, masalah printer, hingga beberapa fitur yang harusnya ada malah dihilangkan.

Baca Juga : Update Pertama Windows 11 Membuat Performa Perangkat AMD Makin Buruk!

Selain itu, fitur penting seperti Windows Subsystem for Android masih belum diluncurkan juga, padahal Windows 11 sudah masuk ke Insider sejak beberapa bulan lalu.

Untuk mendapatkan pengalaman Windows 11 paling sempurna, setidaknya menurut saya, kita harus menunggu sekitar 1 – 2 tahun lagi.

Banyak Fitur Yang Tidak Diperlukan di Windows 11

Tahukah kamu, Windows 11 membawa sejumlah aplikasi bawaan lain yang langsung terintegrasi dengan system, misalkan Microsoft Teams, selain itu ada fitur lain seperti Snap Group yang menurut saya nih, Microsoft Teams justru hanya menjadi bloatware saja jika para pengguna tidak pernah menggunakannya, sedangkan untuk Snap Group, meskipun pada dasarnya diciptakan untuk membantu pengguna mengatur layout Windows, tapi fitur ini akan kurang maksimal jika ditarapkan di layar dibawah 14 Inch, karena kurang luasnya area dan resolusi layar.

Tentu masih banyak fitur keren di Windows 11 yang malah sangat berguna, tapi apakah itu perlu? apakah kamu akan menggunakan fitur tersebut setiap hari? contohnya saja di Windows 10, hingga saat ini apakah kamu sering menggunakan Clipboard History? pasti tidak semua orang menggunakan fitur tersebut, bahkan beberapa diantaranya ada yang tidak tahu apa itu fitur Clipboard History, dan sama hal nya dengan Windows 11, fitur baru justru akan kurang populer seandainya memang tidak diperlukan untuk kegiatan harian.

Tampilan Baru Di Windows 11 Bagus Sih Tapi

Desain yang simple, lebih clean dan lebih minimalis tentu membuat banyak orang suka dengan Windows 11, namun, apakah kamu sadar dengan tampilan baru tersebut ada sejumlah fitur yang dihilangkan? contohnya saja kemampuan untuk memindahkan posisi Taskbar, atau kemampuan untuk membuka Task Manager via Taskbar, di Windows 11 kedua fitur tersebut justru tidak ada loh. Padahal sejak era Windows terdahulu, kedua fitur tersebut sudah menjadi bagian penting dari OS.

Nah itu saja alasan kenapa kamu tidak perlu upgrade ke Windows 11, tentu alasan diatas sebagian besar bedasarkan opini saya saja ya, jadi jangan kaget jika kamu memiliki perbedaan pendapat. Dan tentu jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar dibawah, apakah ada yang mau ditambahkan? komen guys.

Selanjutnya kita akan membahas Lima Alasan Kenapa Kita Harus Upgrade ke Windows 11, Stay terus di WinPoin ya kawan kawan.

  ⚡️ Modem Telkomsel Orbit TERMURAH, Secepat Apa..?? Review Telkomsel Orbit Star A1  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.