top-header-image1

Dengan hadirnya desain baru Microsoft, Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa sih Windows Phone ngikut Android sama iOS pake hamburger menu ? tukang jiplak dan gak kreatif dan sebagainya.

Eiits, tunggu dulu, sebelum kamu berpikiran seperti itu, yuk kita simak alasan mengapa Microsoft menggunakan menu hamburger di sistem operasi terbaru mereka.

 

Penjelasan Mantan Karyawan

Hal ini telah dijelaskan oleh mantan karyawan anonim Microsoft pada sesi AMA (Ask Me Anything) di situs reddit. Meskipun anonim, akun itu sendiri telah di verifikasi reddit.

Dia menjelaskan bahwa dirinya sebelumnya memiliki posisi lead design di office versi terbaru untuk Windows Phone namun telah meninggalkan Microsoft setahun yang lalu.

 

Mantan karyawan tersebut bahkan sempat membuat video dan dari situ kamu bisa mendapatkan gambaran mengapa Microsoft memakai desain menu hamburger di aplikasi mereka.

Dia berpendapat bahwa dengan semakin banyaknya fitur Office di Windows 10 dan juga penyesuaian dengan tablet, hamburger menjadi pola terbaik yang bisa dipakai.

Selain itu juga bahwa menu hamburger ini ada di Windows 10 Phone karena untuk menyamakan desain dengan Windows 10 Desktop.

Selain memudahkan developer dari platform lain untuk porting app ke Windows, juga dapat memudahkan pengguna Android dan iOS migrasi ke Windows 10 Phone nantinya.

 

Microsoft Tidak Ngasal

wireframe-icons

Singkatnya, Microsoft sudah melakukan riset internal dan menemukan dua fakta penting alasan mengapa memakai menu hamburger:

  1. Orang-orang ternyata tidak menggunakan ponsel dengan satu tangan sesering yang kamu bayangkan, khususnya semakin menjamurnya perangkat dengan dimensi layar yang besar.
  2. Mereka sudah mencari model desain alternatif namun “Menjadi kristal salju yang unik itu hanya bekerja untuk seni namun bukan desain”. Namun keseragaman dengan desktop lah yang menjadi pembeda dengan yang lain.

Selain itu, toh menu-menu yang sering kita pakai seperti save, delete dan lain-lain masih diletakkan di bawah oleh Microsoft. Mungkin saja kamu merasa desain ini tidak cocok, namun tetap ingat data dari riset berkata lain.

Bagaimana pendapatmu tentang menu hamburger ini ? Yuk bagikan komentarmu!

via WindowsCentral & Reddit

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.