Home News AMD Rilis Patch Spectre untuk Prosesor Ryzen dan EPYC

AMD Rilis Patch Spectre untuk Prosesor Ryzen dan EPYC

Resmi: Inilah Harga Prosesor AMD Ryzen Threadripper!

Sejak awal meluasnya kabar tentang celah keamanan prosesor berbahaya yaitu Meltdown dan Spectre, AMD sudah dengan tegas menyatakan bahwa prosesor mereka tidak terkena dampak Meltdown. Namun demikian mereka mengakui bahwa prosesor mereka ikut terkena dampak Spectre. (Baca: Bug Prosesor, Perangkat Keluaran 20 Tahun Terakhir Rentan Serangan)

Ada dua varian Spectre, dimana varian 1 bisa diatasi melalui patch di level OS (Microsoft sudah merilis patch ini untuk Windows, meskipun masih bermasalah di beberapa prosesor AMD lawas seperti Athlon, Opteron, hingga Turion). Dan ada pula varian 2 yang selain di patch melalui OS, juga perlu di patch di level microcode prosesor. (Baca: Semua Hal Tentang Meltdown dan Spectre, Bug CPU Berbahaya)

Nah AMD menyatakan bahwa untuk menjamin keamanan dari pengguna AMD, mereka telah menyiapkan update microcode untuk pengguna AMD Ryzen dan EPYC. Patch ini bakal dikirimkan AMD ke hardware dan software partner mereka. Jadi perilisan patch AMD ini nantinya bakal dihandle oleh OEM selaku produsen PC / laptop berbasis AMD.

AMD juga terus bekerja sama dengan Microsoft untuk memuluskan patch Spectre yang sampai saat ini masih membuat gagal booting beberapa PC berbasis prosesor AMD lawas. (Baca: Patch Meltdown Bikin Gagal Booting PC dengan Prosesor AMD Lawas)

Tidak ada penjelasan apa efek dari patch Spectre yang akan dirilis AMD di level microcode ini, tetapi AMD meminta kamu untuk menghubungi supplier untuk memastikan ketersediaan update Spectre ini.

WinPoin akan terus infokan jika ada perkembangan baru mengenai patch AMD untuk Spectre ini. Stay tuned.

via amd

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.