Qualcomm dan AMD Bekerja Sama Mengembangkan PC Generasi baru

Bug prosesor Meltdown dan Spectre memang sempat membuat heboh karena selain berbahaya, juga mendera hampir semua jenis prosesor mulai dari Intel, AMD, bahkan hingga ARM! (Baca: Semua Hal Tentang Meltdown dan Spectre)

Microsoft pun gerak cepat dengan merilis patch yang otomatis terinstall di Windows 10. Tetapi ternyata patch tersebut memunculkan masalah bagi pengguna prosesor AMD.

Gagal Booting

Beberapa pengguna prosesor lawas seperti AMD Athlon dan Sempron mengalami masalah gagal booting setelah menginstall patch Meltdown. Saat dinyalakan PC hanya memunculkan logo Windows dan terus mentok disitu.

Setelah beberapa kali gagal booting, Windows otomatis melakukan roll-back, tetapi sayangnya bagi pengguna Windows 10— terutama Windows 10 Home, Windows 10 otomatis berusaha menginstall update terbaru setiap kali berhasil login. Hasilnya PC kembali gagal booting dan terus terulang tanpa henti.

Microsoft Menyalahkan AMD

Melihat laporan ini, Microsoft pun langsung menghentikan roll-out patch Meltdown bagi pengguna PC dengan prosesor AMD lawas. Alhasil masalah ini bisa ditekan, tetapi membuat pengguna prosesor AMD lawas masih rentan terhadap Meltdown dan Spectre.

Hampir semua patch yang dirilis pada tanggal 3 dan 9 Januari di-pause agar tidak terinstall di PC dengan prosesor AMD lawas.

Menunggu Patch Lanjutan

Dengan begitu sampai saat ini pengguna PC AMD lawas yang belum update perlu menunggu patch Meltdown lanjutan yang tidak menyebabkan gagal booting. Microsoft kabarnya akan bekerjasama dengan AMD untuk mengatasi masalah ini.

Bagi kamu pengguna prosesor AMD lawas, WinPoin akan mengabarkan info terbaru jika patch Meltdown lanjutan sudah dirilis.

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.