Home Editorial Apa yang Akan Dibahas di Event BUILD 2017?

Apa yang Akan Dibahas di Event BUILD 2017?

Pendaftaran Microsoft Build 2017 Dibuka di Hari Valentine

Setelah sukses menggelar event #MicrosoftEDU di bulan Mei, kini Microsoft kembali mempersiapkan diri untuk menyambut event besar selanjutnya yaitu BUILD 2017 yang akan digelar pada 10-12 Mei mendatang.

Belum ada info ataupun bocoran mengenai apa saja yang akan Microsoft bahas pada event kali ini, tapi kalau kita melihat data dari BUILD tahun kemarin sepertinya akan ada cukup banyak persamaan.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini WinPoin akan coba memberikan sedikit prediksi WinPoin mengenai apa saja yang akan diperkenalkan Microsoft di event BUILD 2017 nanti.

 

1. Windows 10 “Redstone 3”

Microsoft Merilis Windows 10 Build 16170 - Build Pertama Redstone 3

Tentu saja hal pertama adalah hal yang paling mendasar dari Microsoft, apalagi kalau bukan OS Windows. Pada acara BUILD 2017 WinPoin memprediksi bahwa Microsoft akan banyak membahas update mayor Windows 10 yang selanjutnya yakni “Redstone 3“.

Akan ada banyak sekali hal yang bakal dibahas oleh Microsoft, salah satu diantaranya adalah Project Neon, fitur Windows 10 Creators Update yang tertunda (batal dirilis), Mixed Reality serta berbagai fitur baru lainnya.

Bagi kamu yang belum tahu, Project NEON merupakan tampilan baru Windows 10 selanjutnya, sekaligus merupakan penerus dari Modern UI yang dilengkapi tampilan serba transparan, smooth, serta banyak animasi gerakan (motion) dan transisi yang menarik. Selain itu tampilan baru ini didesain senada pada perangkat mobile, PC, dan holographic. Project NEON ini akan menjadi jembatan antara holographic, augmented reality (AR) dan lingkungan desktop. Ini merupakan UI lintas perangkat yang mampu memberikan pengalaman lintas dimensi. (Baca: Seperti Inilah Project Neon, Tampilan Baru Windows 10 Selanjutnya)

Lalu ada juga fitur di Windows 10 Creators Update yang tertunda perilisannya seperti fitur Scan Obyek 3D, MyPeople, OneDrive Placeholder, Groove Music Maker, dan Perubahan pada Action Center. Nah, mungkin di acara BUILD 2017 nanti Microsoft akan kembali menjelaskan dan mendemokan fitur-fitur tersebut. (Baca: 5 Fitur Baru yang Batal Hadir di Windows 10 Creators Update)

Selanjutnya yang mungkin bakal dibahas pada Redstone 3 adalah kemampuan Mixed Reality dari Windows 10. Yup, Mixed Reality menjadi salah satu titik kekuatan Microsoft saat ini, mungkin sektor Mixed Reality bisa dibilang kartu Truf yang bisa mengalahkan pesaing Microsoft seperti Apple dan Google. Pada Redstone 3 nanti, dengan sudah meratanya pendistribusian headset Mixed Reality dari berbagai OEM seperti Acer, Lenovo dan lainnya, maka hampir bisa dipastikan bahwa Microsoft bakal kembali menjadi pelopor perangkat tersebut seperti saat mereka memperkenalkan perangkat 2-in-1 yang kini sukses menarik minat pasar dan tentunya dengan dirilisnya perangkat Mixed Reality maka Microsoft memerlukan banyak developer (aplikasi) untuk memnuhi kebutuhan perangkat tersebut. (Baca: Acer, Lenovo, Dell, Asus, dan HP akan Rilis VR Khusus Windows 10)

Selain ketiga hal di atas, masih ada beberapa hal lainnya yang mungkin bakal Microsoft jelaskan misalnya perkembangan Windows 10 S, aplikasi UWP, dan sebagainya.

 

2. Cortana

Seperti biasa, Cortana menjadi salah satu sektor langganan yang paling sering dibenahi oleh Microsoft. Pada acara BUILD 2017 nanti WinPoin memprediksi bahwa Microsoft bakal mendemokan salah satu perangkat pintar yang terintegrasi dengan Cortana seperti Google Home yang menggunakan Google Assistant.

Selain itu, ada kemungkinan Microsoft juga bakal mendemokan speaker pintar yang terintegrasi dengan Cortana, speaker ini merupakan hasil kerja sama antara Microsoft dan Harman Kardon.

 

3. HoloLens

Pada acara BUILD tahun kemarin Microsoft resmi merilis HoloLens untuk developer dengan harga yang fantastis yakni mencapai 40 jutaan rupiah.

Tentunya pada BUILD 2017 akan sangat menarik ditunggu apakah Microsoft sudah siap merilis HoloLens untuk konsumen atau belum, tapi jika melihat dari info terakhir sepertinya HoloLens untuk konsumen bakal tersedia paling cepat pada tahun 2019. (Baca: HoloLens untuk Publik (v3.0) Rilis 2019?)

Jadi, analisa WinPoin pada acara BUILD kali ini Microsoft hanya akan memperlihatkan sejauh mana pengembangan HoloLens oleh para developer.

 

4. Windows 10 Mobile / Windows 10 ARM

Dan hal yang paling menarik di tunggu pada BUILD 2017 adalah bagaimana sikap Microsoft selanjutnya mengenai pengembangan dari Windows 10 Mobile. Seperti yang kamu ketahui, bahwa Windows 10 Mobile belakangan ini seperti sudah tidak menjadi prioritas bagi Microsoft, mereka sudah beralih bahkan mungkin sudah fokus pada pengembangan Windows 10 ARM. (Baca: Microsoft Menghentikan Investasi ke Windows Phone, Apa Dampaknya Bagi Pengguna Lumia?)

Nah, pada acara BUILD 2017 nanti WinPoin memprediksi dan juga berharap bakal ada kejelasan mengenai kedua hal ini, semoga saja.

Tentunya, sebagai salah satu user dari Windows 10 Mobile, saya masih penasaran apa langkah Microsoft di sektor Mobile. Apakah nantinya Windows 10 Mobile bakal digantikan oleh Windows 10 ARM, atau mereka berjalan bersamaan, atau justru masih ada banyak kemungkinan lainnya yang tidak kita ketahui.

Tapi, kalau pun tidak membahas kedua hal di atas (Windows 10 Mobile / Windows 10 ARM) WinPoin memprediksi bahwa Microsoft bakal menjelaskan langkah mereka yang selanjutnya untuk membawa developer hadir ke Microsoft Store, karena seperti yang kamu tahu bahwa belakangan ini Microsoft Store banyak kehilangan dukungan aplikasi unggulan seperti Here, Amazon, Spotify, dan yang lainnya.

Maka dari itu, mari kita nantikan saja kejelasan mengenai hal ini pada acara BUILD 2017 mendatang yang bakal diselenggarakan mulai 10-12 Mei.

 

Itulah dia prediksi dan analisa WinPoin mengenai apa saja hal yang bakal di bahas oleh Microsoft di acara BUILD 2017 mendatang. Untuk kamu yang bertanya “Kenapa nggak ada perilisan device baru?” Jawabannya karena ini acara BUILD yang biasanya membahas pengembangan produk-produk Microsoft yang berhubungan dengan para Developer.

Tapi nggak ada yang gak mungkin yah. Untuk kepastiannya mari kita ikuti saja event BUILD 2017 yang selalu disediakan live streamingnya oleh Microsoft. Tentunya WinPoin bakal mengabarkan terus berbagai info seputar BUILD 2017 tersebut, jadi pastikan untuk selalu mengunjungi WinPoin.

Bagaimana dengan kamu, adakah prediksi lain apa saja yang bakal Microsoft bahas di event BUILD 2017 mendatang? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '