Seperti yang kita tahu, banyak sekali pengguna yang memaksa melakukan upgrade dari Windows 10 baik Home atau Pro ke Windows 11, meski jika perangkat yang digunakan tidak mendukung Windows 11 dari segi minimun requirements nya.

Nah mengenai hal tersebut, mungkin kamu juga sudah tahu bahwa umumnya, beberapa perangkat dengan lisensi Windows 10 OEM akan otomatis teraktivasi sesaat setelah melakukan instalasi Windows 10 di perangkat tersebut, lalu bagaimana jika pengguna yang memiliki lisensi Windows 10 Pro (OEM) memaksa untuk melakukan instalasi Windows 11 Pro, apakah lisensi tersebut dapat digunakan?, dan apakah lisensi aktif sebagaimana mestinya?

Penggunaan Lisensi Lama di Windows 11

Jika kamu ingat kembali, dulu Microsoft sempat memberitahu pengguna bahwa pengguna bisa menggunakan lisensi Windows 10 untuk mengaktivasi Windows 11 dengan versi yang setara, misalkan Home dengan Home dan Pro dengan Pro.

Jadi penggunaan lisensi lama di Windows 11 bukanlah sebuah masalah, saya sendiri pernah menuliskan tutorial mengenai Cara Aktivasi Windows 11 Pro dengan lisensi Windows 10 yang saya miliki, kamu bisa baca artikel tersebut untuk informasi lebih lengkapnya.

Bagaimana Dengan Lisensi OEM?

Nah lisensi OEM juga harusnya bekerja dengan baik jika pengguna menggunakan versi Windows yang setara, dimana misalkan perangkat kamu memiliki lisensi OEM Windows 10 Pro, setelah kamu melakukan instalasi Windows 11 Pro, maka setelah perangkat terkoneksi ke Internet, harusnya Windows 11 akan langsung otomatis teraktivasi.

Hal ini dapat terjadi karena sekali lagi Microsoft tidak memisahkan lisensi Windows 10 dan lisensi Windows 11, dimana pengguna Windows 10 dapat memperbarui ke Windows 11 secara gratis tanpa harus membeli lisensi baru kembali.

Jika Memaksa Install Windows 11 Di Perangkat Yang Tidak Didukung Apakah Lisensi Masih Berfungsi dan Tidak akan dicabut?

Seperti yang kita tahu, sekarang Microsoft mulai meluncurkan watermark “System requirement not met” di perangkat yang tidak didukung atau dengan kata lain tidak memiliki kompatibilitas berdasarkan minimum requirement Windows 11.

Lalu apakah jika melakukan aktivasi Windows 11 dengan lisensi Retail atau OEM di perangkat yang tidak didukung tersebut apakah lisensi masih akan berfungsi dan tidak akan dicabut oleh Microsoft?

Berdasarkan informasi yang saya terima dari teman teman teman pembaca semuanya, lisensi tampaknya tidak akan terpengaruh, dimana lisensi tetap aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya, kamu bisa cek saja di halaman Settings > System > Activations, disana secara jelas ditampilkan Activations State dari perangkat kamu.

Kesimpulannya…

Berdasarkan pembahasan diatas, dapat dikatakan bahwa bahkan jika kamu mendapati watermark “System requirement not met” di Windows 11 yang kamu gunakan, lisensi yang kamu miliki baik menggunakan lisensi Retail atau OEM, lisensi tersebut dapat tetap kamu gunakan tanpa ada masalah dan tidak akan dicabut oleh Microsoft, karena sekali lagi dapat saya katakan bahwa Microsoft tidak memisahkan lisensi Windows 10 dan lisensi Windows 11, dimana pengguna Windows 10 dapat memperbarui ke Windows 11 secara gratis tanpa harus membeli lisensi baru kembali.

Selain itu tidak ada hubungannya antara System Requirement dan Lisensi yang kamu miliki, jadi tenang gaes.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan bisa DM saya di Twitter @gylang_satria, sekali lagi semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu semua. Terima kasih.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.