Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Windows 11 dapat kita aktivasi menggunakan lisensi Windows versi sebelumnya yang telah kita miliki, bisa itu Windows 7, Windows 8 atau Windows 10 dengan varian yang setara. Sebagai pembuktian hal tersebut, pada kesempatan kali ini WinPoin akan menunjukkan bagaimana cara aktivasi Windows 11 Pro menggunakan Lisensi Retail Windows 10 Pro yang kebetulan saat ini tidak saya gunakan.

Penasaran? berikut adalah langkah singkatnya. Namun sebelum masuk ke pembahasan, saya selalu merekomendasikan kamu untuk menggunakan lisensi Original, kenapa? silahkan baca artikel berikut.

Langkah 1. Pertama siapkan lisensi Windows yang akan kamu gunakan, pada dasarnya lisensi ini berisi Serial number kombinasi huruf dan angka.

Langkah 2. Setelah instalasi Windows 11 Pro diselesaikan dan Lisensi kamu siapkan, kamu bisa langsung melakukan aktivasi seperti pada umumnya, yaitu dengan cara paling mudah, yaitu masuk ke slui.exe atau masuk ke Settings > Update & Security > Activation.

Selanjutnya silahkan kamu masukkan Serial Number / Lisensi yang kamu miliki pada form yang tersedia, jangan lupa pastikan juga koneksi Internet kamu aktif agar proses aktivasi berjalan aman dan lancar.

Jika sudah kamu masukkan, selanjutnya silahkan kamu klik Next

Kemudian, silahkan klik Activate, silahkan tunggu beberapa saat dan selesai deh, jika sudah muncul tulisan Windows is activated maka proses aktivasi tersebut sudah selesai.

Nah sekarang mari kita lihat hasil dari perintah slmgr /dlv dan slmgr /xpr di Command Prompt as Admin, apakah lisensi ini adalah Retail dan aktif permanen?

Nah sukses… Lalu apakah lisensi ini bisa digunakan kembali untuk aktivasi Windows 10 Pro?, karena ini lisensi Retail, harusnya masih bisa, dengan catatan lisensi hanya digunakan disatu perangkat dan satu sistem operasi saja.

Bagaimana mudah sekali bukan? silahkan kamu coba guys, dan dengan ini pada intinya jika Windows 11 sudah dirilis resmi suatu saat nanti, kamu masih bisa menggunakan lisensi Windows yang sudah kamu miliki, tanpa harus mengeluarkan dana sedikitpun.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.