Hmmm, waktunya sedikit untuk bercerita, biasanya saya akan sering bercerita tentang pengalaman di blog pribadi saya, namun gak ada salahnya saya bercerita disini juga, hehehehe.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Original, hmmm banyak hal dan alasan yang bisa diberikan, namun sebelumnya, saya akan sedikit bercerita tentang sejarah saya menggunakan lisensi Windows, dulu saya yang masih berstatus sebagai anak SMK yang emang gemar ngulik Windows dan linux, saya menggunakan windows original pertama saya adalah Windows 7 Home Basic di laptop Acer 4352 saya, yang secara bodohnya saya upgrade ke Windows 7 ultimate bajakan.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Original! Dan Alasan Lainnya!!
Laptop ini udah tewas 2 tahun lalu.

Selanjutnya saat Windows 8 dirilis saya coba ngulik dan instal Windows 8, kali ini aktivasinya ya “you know lah”, pada waktu itu mungkin itulah pertama kalinya saya kenal dengan Winpoin, zaman dimana saya masih pake Windows 8, ya sekitar juli 2013an lah. Kemudian dilanjutkan menggunakan Windows 8.1 yang saya coba aktivasi menggunakan Skype, dan Work. Setelah beberapa lama menggunakan Windows 8.1 Pro yang diaktivasi dengan cara yang tidak biasa, saya mendapatkan upgrade Windows 10 Pro Gratis saat 2015 lalu, langsung saja saya upgrade, dan jenis lisensinya adalah OEM, dimana saya gak bisa memindahkan lisensi tersebut, lagian enak banget kan, bisa dapet windows 10 pro gratisan dan original pula. Sungguh masa lalu yang dark.

Sampai Awal 2016 lalu, saya membeli lisensi Windows 10 Pro Retail untuk laptop Acer E1-470 yang saya gunakan, dengan harga yang membuat rekening saya menjerit, pantas saja Bill Gates kaya raya. Namun setelah lama menggunakan Windows 10 original ini, banyak keuntungan yang saya dapatkan.

Untungnya?

Ada beberapa keuntungan yang saya dapatkan, yang diantaranya adalah:

1#. Aktivasi Permanent Dan Mudah Banget.

Pertama kali aktivasi adalah dengan memasukan serial number di settings > update and security > activations, dan setelah sekali aktivasi, setiap saya instal ulang dan login menggunakan akun yang sebelumnya digunakan aktivasi, secara otomatis lisensi akan aktif kembali.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Original! Dan Alasan Lainnya!!

2#. Lisensi Bisa Dipindah Perangkat.

Karena lisensi yang saya beli adalah jenis Retail, saya bisa memindahkan lisensi ke perangkat baru, jika sebelumnya saya menginstalkan lisensi ini di laptop Acer E1-470 saya, sekarang saya pindahkan ke laptop utama saya yaitu Asus K401UQK. Tentu saja lisensi dapat dipindahkan tanpa ada masalah.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Original! Dan Alasan Lainnya!!

3#. Dukungan Dari Microsoft

Ini sih jarang saya gunakan, karena jika ada masalah saya lebih suka ngulik sendiri, namun seandainya ada masalah lain yang berhubungan dengan aktivasi dan lainnya, saya bisa langsung menghubungi microsoft tanpa ada rasa khawatir lisensi akan terblock karena memang saya beli menggunakan metode legal. 👍

4#. Tidak Takut Windows Update

Masih ingat dengan zaman ketika saya masih menggunakan Windows 7 Ultimate bajakan, setiap kali saya update windows, wallpapernya berubah jadi hitam dan ada tulisan this copy of windows is not genuine.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Original! Dan Alasan Lainnya!!

Nah dengan Windows 10 Original yang saya gunakan ini saya setidaknya tidak takut tiba tiba semuanya jadi hitam kayak gambar diatas, namunsih jika diperhatikan, saat ini metode pembajakan adalah mengubah lisensi ke jenis Volume jadi kadang tidak akan terblacklist seperti pada zaman Windows 7 dulu.

5#. Keamanan

Tentu saja menggunakan lisensi original, windows akan lebih aman, karena bisa dibilang, ketika kamu menggunakan crack dan sejenisnya, nanti akan ada sebuah service yang berjalan dibackground, dan jika diperhatikan atau dilihat menggunakan network monitor, akan ada port asing yang terbuka, hmm membahayakan banget, bisa bisa semua adegan hacking yang ada di film mr robot jadi terjadi dalam kehidupan kita.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Original! Dan Alasan Lainnya!!

Kesimpulan

Selama saya menggunakan Windows 10 original, entah kenapa saya sendiri merasa bangga dan ya bangga aja deh, ketika orang lain menggunakan Windows 10 bajakan, yang kadang ada service entah apa yang nempel di system dari bawaan aktivatornya “ehm kms”, sayamah santai aja 😁. Performapun bisa dibilang lebih baik, meski emang tidak terasa secara signifikan. Untuk keuntungannya sendiri, ya seperti diatas, yang jelas, saya merasa menggunakan Windows original itu lebih baik dibandingkan dengan menggunakan Windows bajakan, terutama untuk pemakaian jangka panjang. Kekurangnnya sih cuma satu menurut saya, Mahal Banget.

itulah pengalaman, perjalanan, sampai keuntungan menggunakan Windows 10 Pro original versi saya, jika kamu memilki pengalaman dan pandangan pribadi, silahkan tulis pengalaman kamu dibawah.

  11+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Realme 3 Pro 

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.