Home Editorial 5 Aplikasi dan Layanan Online Gratis dari Microsoft yang Jarang Diketahui Orang

5 Aplikasi dan Layanan Online Gratis dari Microsoft yang Jarang Diketahui Orang

5 Aplikasi dan Layanan Online Gratis dari Microsoft yang Jarang Kamu Ketahui

Microsoft sebenarnya memiliki cukup banyak aplikasi dan layanan gratis, tapi banyak diantaranya yang belum diketahui publik. Disamping aplikasi dan layanan populer yang bisa kita nikmati gratis seperti Office Online, OneDrive, Outlook Mail, Windows Insider, Visual Studio Community Edition, dan aplikasi populer lainnya,  masih ada aplikasi dan layanan gratis lainnya yang kurang begitu populer di pengguna Windows.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi dan layanan populer gratis Microsoft yang jarang diketahui orang.

 

5. Microsoft Garage

Pada tahun 2009, Microsoft mulai membuat program inovasi untuk para karyawan yang disebut Garage. Motonya adalah: Do Epic Sh*t!

Di program Garage, karyawan Microsoft berbagi ide dengan rekan kerja lainnya dan mengubahnya menjadi project yang nyata, sesekali dalam waktu luang mereka. Jadi mereka tidak hanya sekedar mengumpulkan ide, tapi juga merealisasikannya. Berikut kutipan dari situs resmi Microsoft Garage:

Garage adalah dimana ide-ide berantakan di Microsoft bisa menjadi kenyataan, dengan meluangkan sedikit waktu dan dengan bantuan beberapa orang untuk mengerjakan ide tersebut. Setiap karyawan Microsoft dapat membawa ide ke dalam Garage. Di sana mereka akan menemukan sebuah komunitas yang berisi lebih dari 2300 orang, masing-masing melihat ide tersebut, mengomentari dan bahkan kadang-kadang ikut membantu untuk membuatnya menjadi kenyataan.

Pada tahun 2011, Garage menerima rumah baru yang besar di Microsoft Redmond, kampus Washington. Lokasi baru ini menyediakan ruang untuk Science Fair, sebuah acara dimana tip bisa memamerkan karya milikinya untuk sesama Microsoft.

5 Aplikasi dan Layanan Online Gratis dari Microsoft yang Jarang Kamu Ketahui

Project yang sudah dibuat di Microsoft Garage adalah OfficeTalk, tool komunikasi micro blogging style untuk Windows Server 2008, Conversation Translator Add-In untuk Microsoft Lync 2010, dan Mouse tanpa Borders, tool yang memungkinkan kamu untuk mengendalikan hingga empat komputer dengan hanya satu keyboard dan mouse. (Baca: Kamu Bisa Mengendalikan Banyak PC Hanya dengan Satu Mouse dan Keyboard Saja!)

https://www.youtube.com/watch?v=Z3-qWUQV4Ik

Untuk baru-baru ini, Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membuka Garage dan bekerja sama dengan konsumen untuk menerima ide yang bagus. Sementara itu, mereka telah mengembangkan berbagai aplikasi gratis, tersedia di Garage Workbench, termasuk lockscreen, game, dan tools berguna untuk Android, Windows dan Windows Phone. (Baca juga: Microsoft Garage Merilis Aplikasi Keren “Tossup” untuk Android & iOS, Tetapi Tidak untuk Windows Phone)

 

4. Microsoft Research

Microsoft Research adalah organisasi penelitian ilmu komputer, memperkerjakan 1000 karyawan dari mulai ilmuan dan insinyur, yang bekerja untuk 500 bidang penelitian berbeda. Tools yang berasal dari project penelitian ini dibuat dengan sangat baik dan sangat berguna, contohnya seperti AutoCollage, tools untuk menyatukan foto menjadi kolase.

Kebanyakan tools yang dibuat adalah gratis, sebagai contoh seperti Socl, sebuah situs web dimana kamu dapat dengan mudah membuat kolase untuk mengekspresikan dan berbagi ide dengan cepat di jejaring sosial, Photosync, tool untuk mengambil gambar dan menampilkannya dalam bentu 3D, TouchDevelop, cross platform, untuk belajar pemrograman berbasiskan web atau ChronoZoom, tool berbasiskan web untuk guru dan murid yang ingin membuat timeline sejarah. (Baca: Code Hunt: Game Buatan Microsoft Research untuk Belajar Coding)

5 Aplikasi dan Layanan Online Gratis dari Microsoft yang Jarang Kamu Ketahui

 

3. Microsoft Virtual Academy

Jika kamu sedang mencari sumber ilmu untuk menaikan sklill IT, tampaknya kamu harus mencoba ke Microsoft Virtual Academy. Situs ini bekerja seperti layanan pembelajaran online gratis yang terfokus pada dibidang IT saja, dan umumnya berkisaran di produk Microsoft sendiri. (Baca: Ayo Gabung dan Belajar Membuat Aplikasi Windows Phone 8.1 dan Universal Apps)

5 Aplikasi dan Layanan Online Gratis dari Microsoft yang Jarang Kamu Ketahui

Semua program pembelajaran disini bisa kamu dapatkan secara gratis, kamu bisa mencari pembelajaran tersebut dengan topik atau produk yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mendapatkan pembelajaran dari berbagai bahasa yang telah disediakan. Pembelajaran yang kamu pilih akan disampaikan langsung, tapi ada juga cara untuk streaming dan mendownloadnya sehingga kamu bisa belajar di waktu luang. Kamu juga tidak perlu sign-in, tapi jika kamu sign-in maka kamu bisa mendaftar pembelajaran terbaru yang akan disediakan, menambahkan pembelajaran untuk rencana pembelajaran dan lihat perkembangan kamu.

 

2. Windows Evaluations

Tidak hanya Windows 10 Preview yang bisa kamu coba secara gratis melalui Windows Insider, kamu juga bisa mendapatkan salinan evaluations dari sistem operasi Microsoft lainnya melalui Evaluation Center. Di dalam TechNet Evaluation Center, Microsoft saat ini menawarkan gratis 90 hari (trial) salinan evaluasi Windows 8.1 Enterprise, Windows 8 Enterprise dan Windows 7 Enterprise.

5 Aplikasi dan Layanan Online Gratis dari Microsoft yang Jarang Kamu Ketahui

Untuk bisa mendownload ISO Windows secara gratis, kamu harus login dengan akun Microsoft dan mendaftarkan diri untuk versi Windows yang ingin kamu download. Microsoft akan memerlukan nama kamu, tujuan untuk mendownload salinan evaluasi, apa sistem operasi yang kamu gunakan, versi manakah yang ingin kamu download 32 atau 64 bit, lokasi kamu sekarang dan pekerjaan yang kamu geluti sekarang. (Baca: Windows 8.1 Enterprise Trial 90 Hari Sudah Bisa Didownload)

 

1. PC Checkup dan Dukungan Gratis di Microsoft Store

Jika kamu mengalami masalah dengan komputer Windows yang kamu gunakan, kamu bisa menggunakan sumber online untuk menyelesaikan masalah, seperti Microsoft Fix Solution Center, bertanya di forum WinPoin atau Microsoft Support Community atau kamu bisa bertanya kepada teman. Tapi bagaimana jika itu tidak mengatasi permasalahan kamu? (Baca: 6 Hal Penting yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Install Ulang Windows)

Untuk wilayah Amerika, pengguna komputer Windows bisa menemukan solusi yang mereka alami dengan membawa komputernya ke Microsoft store terdekat. Sangat disayangkan, ini hanya ada untuk wilayah Amerika, di Asia sendiri sementara ini masih belum ada. Tetapi siapa tahu Nokia Care yang secara perlahan direbrand menjadi Microsoft Care bakal mau menerima layanan yang sama di Indonesia.

 

Apa Layanan Microsoft yang Kamu Sangat Sukai atau Harapkan??

Microsoft memiliki banyak aplikasi dan layanan online gratis, termasuk produk Office online dan aplikasi mobile seperti berbagi foto seperti Xim. (Baca: Aplikasi Foto Sharing Windows Phone, Microsoft Xim Kini Bisa Kamu Download) Tapi manakah dari aplikasi dan layanan gratis Microsoft yang kamu gunakan dan kamu sukai? Atau adakah aplikasi yang kamu inginkan dari Microsoft? Silahkan jawab di kolom komentar di bawah ini, siapa tahu ada orang yang satu pendapat dengan kamu.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Ambrizal Suryadinata

    SOCL ???.

  • Microsoft Virtual Academy
    the best tuh bwt belajar IT, khususnya administration n apps development..hihihihi

    • 정승최

      Yeah …. :v

  • Labib Muhammad

    Mengharapkan Minesweeper di Android. Ya, itu harapan ku :’)

  • pengennya sih Nokia Care segera diubah menjadi Microsoft Store,biar bisa PC Checkup gratis :D

    • Iya, jadi Microsoft Store, pingin juga beli produk Microsoft langsung dari sana…

      • beli Lumia, Xbox, Windows sama surface bisa jadi lebih gampang,dan bisa mengurangi pembajakan windows (Menurut saya) :D

        • bener tuh, karena pembeliannya lebih mudah, dan lebih dapat dipercaya… Seandainya…

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    eh… Windows Evaluation…. ane pernah nyasar disitu saat nyari file .ISO pas jaman build 9841…. nanti ane mau nyolong installer gratisnya… tapi cara downloadnya gak kedirect IDM.. dia pake Download Helpernya bikinan Microsoft. gak salah namanya “Akamai Download Helper”

  • Evlan Mars

    Yang gw harapkan : Jaringan Microsoft Garage diperluas,bukan hanya untuk Karyawan microsoft saja dan Garage tersebut harus mendapatkan dukungan penuh oleh Microsoft,entah itu dana,izin,tempat baru,alat2 baru.Dan lain,karena banyak sekali org2 berpotensi yg masih bersembunyi diluar sana