Home Review Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

Apakah kamu benar-benar mengetahui isi dari hardisk? Sekarang hardisk mempunyai kapasitas yang besar untuk menyimpan data-data, dan kapasitas yang besar itu membutuhkan setting susunan tingkat tinggi untuk mencegah masalah dalam hardisk. Hardisk dapat tersusun dengan baik dengan adanya file system. Sebelum sistem operasi terinstall, terlebih dulu ia menyetting file system.

Karena sistem operasi banyak dan bervariasi, tentu file system tidak ada satu tapi bermacam-macam. Kali ini WinPoin bakal bahas, beberapa file system dan apa perbedaannya.

 

FAT

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

FAT (File Allocation Table) adalah file system umum yang digunakan komputer di seluruh dunia dan dikembangkan oleh Microsoft. FAT telah ada sejak lama dan dikembangkan hingga ada FAT16 dan FAT32, meskipun masih tetap dipanggil dengan FAT. Kemampuan file system FAT hanya mampu menyimpan file hingga 4GB. Namun file system FAT ini sudah tidak digunakan lagi pada hardisk, namun sekarang lebih digunakan untuk Flashdisk atau Micro SD. Hampir semua sistem operasi mendukung file system FAT, sehingga dapat dibaca oleh perangkat apapun. Untuk mengubah format drive ke file system FAT juga sangat mudah.

 

NTFS

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

NTFS (New Technology File System) adalah generasi terbaru dari file system yang dibuat oleh Microsoft. Strukturnya lebih kompleks dan digunakan oleh Microsoft dari Windwos 98 sampai sekarang. File system ini merupakan file system “journal” yang artinya mampu menyimpan catatan semua operasi yang dilakukan device. Journal ini dapat membantu mendeteksi kesalahan dan memulihkan dari device ketika terjadi kegagalan drive atau pemadaman listrik. NTFS sekarang mendukung penyimpanan 16TB, dengan penyimpanan maksimal 256TB. Meskipun tidak universal seperti FAT yang bisa didukung semua sistem operasi, NTFS lebih cocok digunakan untuk hardisk.

 

HFS+

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

HFS+ adalah file system yang dibuat oleh Apple untuk komputer Macintosh. Strukturnya sama seperti NTFS, namun kedua file system ini tidak cocok. File system HSF+ ini mendukung penyimpanan hingga 1 juta TB. Dan juga mendukung file system “journal” yang mampu melakukan recovery ketika driver error. Karena hanya dibuat untuk Macintosh yang didasari UNIX, file system ini hanya terbaca di Mac dan Linux tetapi tidak untuk Windows.

 

UFS

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

UFS (Unix File System) adalah file system yang biasanya digunakan oleh sistem operasi UNIX, yang juga biasanya dipanggil dengan BSD (Berkeley Fast File System) atau FFS. Dengan dukungan maksimal penyimpanan hingga 8 ZB, Mac OS X sebelum versi Leopard juga mendukung file system UFS. Namun setelah Mac OS X v10.5, file system ini tidak digunakan lagi dan Mac menggunakan HFS+.

 

ext4

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

ext4 adalah file system yang saat ini paling banyak digunakan untuk sistem operasi Linux. ext4 adalah penerus dari ext 3 dan ext2, yang juga mengalami peningkatan kinerja dan teknik yang berbeda. File system ini juga memiliki “journal” yang mampu melakukan recovery ketika drive error. ext4 hanya mampu mendukung hardisk dan tidak mendukung removable disk seperti Flashdisk dan Micro SD. ext4 mendukung penyimpanan hinga 16 TiB atau 1, 099 TB dan maksimal 1 EiB. Pengguna Windows dapat membaca file system ext dengan bantuan software yang sudah WinPoin bahas minggu lalu.

 

btrfs

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

btrds atau yang biasanya disebut B-Tree FS, Better FS atau Butter FS adalah file system untuk Linux yang bertujuan untuk memperbaiki banyak masalah dari ext. Perbedaanya btrfs dan ext adalah penyimpanan maksimal 16 EiB, serta kemampuan pooling data, waktu perputaran disk nanodetik, snapshot, kompresi transparan, enkripsi transparan dan data deduplication. Setidaknya saat ini satu-satunya sistem operasi yang mendukung btrfs adalah Linux dan saat ini dianggap stabil. Ini memungkinkan tergesernya ext4 dengan btrfs.

 

ZFS

Berapa Banyak File System dan Apa Perbedaannya?

ZFS adalah file system yang terkenal hanya di dunia UNIX. Dengan dukungan maksimal hingga 16 EB yang tidak diketahui kinerjanya, namun memiliki kemampuan seperti perlindungan data korupsi, kombinasi sistem file dan konsep manajemen volume (termasuk pooling), snapshot, kompresi transparan, enkripsi transparan, dan data deduplication. ZFS dianggap stabil sejak tahun 2005, dan didukung untuk Mac OS X 10.5 Server, Linux dan sebagian kecil sistem operasi seperti UNIX. Meskipun hampir sama dengan btrfs, namun kinerja ZFS tidak menjanjikan. Terlebih lagi ZFS lebih digunakan untuk perusahaan besar dan tidak untuk rumahan.

 

Sebenarnya masih ada banyak lagi file system di luar sana yang belum kita ketahui, tapi dari 7 file system diatas. WinPoin rasa itu sudah cukup untuk menambah ilmu kamu, apapun file system yang kamu gunakan itu tergantung dari sistem operasi yang kamu gunakan. Bila kamu merasa artikel ini bermanfaat, sebarkan ke seluruh teman-teman kamu.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Nurcahya

    File sistem HFS+ bisa dibaca loh di Windows pake aplikasi tambahan, sama halnya seperti kalo mau baca fike sistem ext4 di Windows.

    • Azz_Abdr

      Mungkin pada dasarnya semua file system bisa dibaca di Windows juga, selama ada software yg mendukung.

  • “Pengguna Windows dapat membaca file system ext dengan bantuan software yang sudah WinPoin bahas minggu lalu.”

    bisa minta link artikelnya om? :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    kalo partisi RAID >?

    • Azz_Abdr

      Raid bukan partisi, tapi semacam teknik untuk menghindari data error atau data yg hilang dgn cara duplikasi data di beberapa disk atau partisi.

  • Azz_Abdr

    Min, ente lieur atau puyeng?
    Konversi EIC ke SI kok aneh ya?

    EIC itu kan standar bilangan biner, 1 Kibibyte = 1024 Byte = 2^10 Byte.
    Tingkatannya: 2 pangkat n-puluh.
    Kibi = kilo-binary

    Sedangkan SI yg biasa dipake produsen storage itu 1 Kilobyte = 1000 Byte = 10^3 Byte. (kecuali Microsoft yang nyebut KB=1024B).
    Tingkatannya: 10 pangkat n-dikali tiga.
    Karena secara bahasa kilo=ribu, bukan 1024, begitu juga mega=10^6, giga=10^9, dst.

    Jadi harusnya 16 GiB itu sekitar 17,6 GB, bukan 10 GB.

  • Rafi M. P.

    exFAT mana?