Home Apps Aplikasi Windows Phone yang Dapat Kamu Manfaatkan saat Mudik Lebaran

Aplikasi Windows Phone yang Dapat Kamu Manfaatkan saat Mudik Lebaran

Aplikasi Lebaran

Lebaran telah menjelang tiba. Winpoin yakin kamu sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk merayakan hari tersebut bagi kamu yang tinggal di rumah dan tidak kemana-mana. Atau mungkin juga ketika membaca artikel ini, kamu sudah menunggu jemputan yang akan membawamu pulang ke kampung halaman. Hati-hati, jangan sampai ada yang tertinggal ya… Juga jangan terlalu terburu-buru sehingga menelan begitu saja tiga potong big burger karena jemputan sudah datang.

Sebagai smartphone serbaguna, tentu saja Windows Phone dapat mendukung aktivitas mudik kamu. Berikut ini beberapa aplikasi atau fasilitas yang dapat memberikan dukungan terhadap rencana kegiatan kamu menghadapi lebaran ini.

 

Combo GMaps+, Here Drive, dan Waze

Aplikasi Lebaran

Perlu diakui bahwa Here Maps tidak selengkap Google Maps. Ini bisa menjadi gangguan apabila kamu mudik dengan kendaraan pribadi dan mengandalkan sistem navigasi peta ini. Solusinya, kamu dapat mengombinasikan GMaps+, aplikasi pihak ketiga yang cukup handal untuk Google Maps, dikombinasikan dengan Here Drive yang memang merupakan andalan Windows Phone sejak zaman Nokia masih memegang kendali penuh divisi ponselnya. Kamu dapat membaca tutorial selengkapnya untuk mengoptimalkan GMaps+ dan Here Drive di artikel Winpoin sebelumnya.

Sedangkan untuk mendapatkan informasi terkini tentang kondisi lalu lintas, maka yang terbaik adalah dengan memanfaatkan Waze. Jejaring sosial yang mengkhususkan diri untuk informasi lalu lintas ini memang handal untuk mendapatkan informasi jalur yang akan kita lalui. Sayangnya, sejak Google mengakuisisi Waze, makin sulit bagi penyuka Waze di Windows Phone untuk menikmati fitur terkini dari Waze. Seperti biasa Google terlalu ‘cinta’ pada Microsoft sehingga Waze pun seperti dihambat dari pengembangan dan dukungan untuk Windows Phone. Meskipun demikian, menggunakan Waze tetap cukup andal di Windows Phone, asalkan kamu tidak membandingkan fasilitas dan support-nya dengan Android ataupun iOS.

Nah, untuk mudik, kombinasi ketiga aplikasi ini merupakan penuntun yang baik bagi kamu yang sedang dalam perjalanan. Minimal kamu tidak akan tersesat parah atau terseret arus lalu lintas sehingga melenceng dari tujuan bila menggunakan aplikasi panduan tersebut.

Download GMaps+ di sini

Download Here Drive di sini.

Download Waze di sini.

 

Aplikasi Pencatat

Aplikasi Lebaran

Jangan sampai ada barang bawaan ataupun oleh-oleh untuk keluarga kamu yang terlewat. Pastikan kamu telah menyiapkannya sebelum hari-H keberangkatan. Untuk memastikan semua barang kamu lengkap, Windows Phone memiliki aplikasi pencatat handal dalam bentuk OneNote yang hadir secara default untuk Windows Phone.

Namun jika kamu menginginkan varian dengan aplikasi pencatat yang lebih dapat dikustomisasi, maka kamu dapat menggunakan alternatif pengganti One Note seperti Evernote, Perfect Note, atau Note Plus.

Aplikasi pencatat tersebut akan memastikan persiapan kamu selama lebaran berjalan lancar. Kamu tinggal mencatat apa saja yang harus kamu persiapkan atau lakukan selama menyambut lebaran pada aplikasi pencatat tersebut, dan kamu dapat membukanya di mana saja dan kapan saja untuk memastikan kamu tidak lupa terhadap apa saja yang perlu kamu persiapkan tersebut.

Download Evernote di sini.

Download Perfect Note di sini.

Download Note Plus di sini.

 

Skype dan Skype Qik

Aplikasi Lebaran

Belum tentu kamu bisa pulang berlibur atau berlebaran pada lebaran kali ini. Ingin mengucapkan selamat Idul Fitri dan Mohon Maaf Lahir batin secara langsung kepada keluarga? Kini kamu dapat memanfaatkan teknologi Skype milik Microsoft. Aplikasi Video Call ini dikenal sebagai salah satu yang paling andal, bahkan lintas platform. Jadi, apa pun ponsel yang digunakan oleh anggota keluarga kamu (atau bahkan bisa juga mereka menggunakan laptop/pc) mereka tetap dapat memanfaatkan Skype untuk saling sapa.

Koneksi buruk sehingga menyulitkan untuk video call secara langsung? Jangan kuatir. Kamu dapat merekam pesan ucapan maaf kamu kepada anggota keluarga lewat video pendek, lalu mengirimkannya dengan Skype Qik. Ini merupakan aplikasi berkirim pesan video yang dirancang khusus untuk Windows Phone.

Dengan Skype Qik, kamu dapat membuat pesan video pendek atau panjang, namun tentu saja kamu perlu mempertimbangkan besar video yang akan kamu kirimkan untuk mempercepatnya, meskipun Skype Qik sendiri menjamin bahwa aplikasi ini akan dapat mengirimkan pesan video kamu dengan mudah.

Download Skype Qik di sini.

 

Deret Aplikasi MSN

Aplikasi Lebaran

Mungkin terkadang kita meremehkan fungsi aplikasi buatan Microsoft yang termasuk deret MSN. Namun dalam suasana mudik, aplikasi MSN ini memiliki banyak manfaat. Misalnya, kamu dapat memanfaatkan MSN Travel untuk mencari tahu penerbangan atau jalur transportasi umum menuju kota asal kamu. Untuk mengetahui berita-berita selama mudik yang mungkin berpotensi mempengaruhi perjalanan kamu, maka kamu dapat memanfaatkan MSN News. Sedangkan untuk menyimak berbagai tips tentang kesehatan yang vital untuk perjalanan kamu, maka kamu dapat iseng-iseng membuka MSN Health.

Kombinasi aplikasi MSN ini akan sangat bermanfaat selama perjalanan kamu sekaligus dapat digunakan untuk mengisi waktu membaca-baca informasi yang bermanfaat selama perjalanan. Mumpung layanan MSN belum dimatikan, ada baiknya kamu memanfaatkannya semaksimal mungkin!

Download MSN Travel di sini.

Download MSN News di sini.

Download MSN Health & Fitness di sini.

 

Aplikasi Lokal Kita

Aplikasi LebaranAplikasi LebaranAplikasi Lebaran

Developer lokal tampaknya juga ingin membantu para pengguna Windows Phone semaksimal mungkin dalam periode lebaran ini. Winpoin mendapati beberapa aplikasi bertema mudik tersedia untuk diunduh di Store. Jika kamu menginginkan layanan dengan cita rasa lokal, maka ada beberapa aplikasi seperti Ayo Mudik!!,  SMS Lebaran, atau Ayo Mudik yang dapat kamu unduh di Store.

Jika aplikasi yang lain pada umumnya menyediakan layanan untuk memeriksa jalur peta, pom bensin, ATM, restoran, dan sebagainya, maka SMS Lebaran menyediakan template SMS lebaran bagi kamu yang malas ingin mendapatkan kata-kata terbaik dalam mengucapkan selamat kepada sanak keluarga atau sahabat kamu.

Dengan mengunduh aplikasi lokal tersebut, sekaligus kamu mendukung developer kita agar terus berkarya, seperti halnya Putu Yoga yang sukses dengan Winpoin App dan banyak aplikasi lain, atau Taufik Hidayat dengan 1Cak buatannya.

Download Ayo Mudik!! di sini.

Download SMS Lebaran di sini.

Download Ayo Mudik di sini.

 

Kamera

Aplikasi Lebaran

Lebaran adalah waktunya potret memotret. Sepupu jauh yang cantik atau mantan yang tinggal di sebelah rumah mungkin bisa jadi penawar rasa haus kamu akan kasih sayang. Meskipun perangkat Windows Phone terkenal dengan kameranya yang bercita rasa seni, sayangnya untuk momen seperti lebaran ini, kamu memerlukan aplikasi kamera yang lebih cepat dalam membuka dan juga dapat diedit dengan cepat untuk segera memamerkan hasilnya.

Oleh karena itu Winpoin mengusulkan untuk memanfaatkan Camera360 Sight. Sejauh ini, kamera tersebut memiliki kecepatan membuka dan algoritma pemrosesan yang handal untuk melakukan snapshot dengan cepat. Kamu juga dapat mengedit hasil foto kamu, atau bahkan menghapus noise yang mungkin muncul pada gambar. Aplikasi ini pasti akan bermanfaat untuk suasana lebaran kamu.

Download Camera360 Sight di sini.

 

Nah, itulah beberapa aplikasi yang akan mendukung kamu dalam menghabiskan waktu lebaran ini. Punya ide lain tentang aplikasi yang dapat mendukung kamu selama mudik atau lebaran? Sampaikan usulan kamu di kolom komentar di bawah ini.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • BUDI

    K I K I
    I
    K
    I

    • Iya, ada yang bisa dibantu? (0 0)

    • Labib Muhammad

      K..I.K I
      I……I
      K..I.K I
      I……I

  • Limit Breaker

    gan itu yang buat pict lumia berapa?

    • Lumia 532 dan Lumia 625 Gan. Terimakasih sudah memperhatikan.

      (^ _ ^)/

  • pas baca bagian “Aplikasi Pencatat” nggak tau kenapa teringat note “Abet” di artikel sebelumnya, wkwkwk :D
    + itu pic pertama dari “non non biyori” atau “non non biyori repeat” om?

  • yuda

    Min mau saran nih, kalo bisa cover nya jangan anime gitu dong. Jadi keliatan agak gimana gitu.

    Cuma saran doang ya min, sorry kalo kata2 ane kurang berkenan.

  • IMIEN COVER BOY

    Huuuuuu,,sayang taun ini Q gx mudik????

  • doblonk

    semuanya percuma tanpa quota :v

  • Whyu Wa

    – Kamera

    “atau mantan yang tinggal di sebelah rumah mungkin bisa jadi penawar rasa haus kamu akan kasih sayang”…udah nikah om,,jadi “nggak bikin haus lagi”

  • Susanto

    renchong :v