Home Editorial Bisakah Ganti dari Windows 10 32-bit ke Windows 10 64-bit?

Bisakah Ganti dari Windows 10 32-bit ke Windows 10 64-bit?

Bisakah Ganti dari Windows 10 32-bit ke Windows 10 64-bit?

Selama ini ada dua versi Windows yang bisa kamu nikmati, yaitu versi 32-bit dan 64-bit tergantung dari kebutuhan kamu. Biasanya komputer dengan spek yang tinggi akan menggunakan Windows 64-bit, ini dikarenakan adanya dukungan PAE yang membuat sistem bisa membaca semua memori yang kamu pasang di komputer tersebut. Tentu itu juga tergantung dari dukungan hardware komputer kamu.

Jika selama ini kamu menggunakan Windows 32-bit dan ingin ganti ke Windows 64-bit apakah ini bisa dilakukan? Dengan hadirnya Windows 10, pengaktifan lisensi dibuat lebih mudah daripada versi Windows sebelumnya. Jadi jika sebelumnya kamu menggunakan Windows 7 atau Windows 8.1 versi 32-bit dan kamu upgrade ke Windows 10 64-bit, itu bisa kamu lakukan.

 

Apakah PC Kamu Mampu dengan 64-bit??

Pertama yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan Windows 10 64-bit, pastikan CPU kamu mendukung arsitektur 64-bit. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu membuka Settings dari Start Menu, pilih System dan klik About. Kemudian lihat di System type.

Jika kamu melihat “32-bit operating system, x64-based processor,” ini berarti kamu menggunakan Windows 10 versi 32-bit tapi CPU kamu bisa menjalankan versi 64-bit. Jika kamu tidak melihat x64-based processor, berarti kamu tidak bisa upgrade ke versi 64-bit.

Bisakah Ganti dari Windows 10 32-bit ke Windows 10 64-bit?

 

Apakah CPU Memerlukan Fitur Khusus untuk Menjalankan 64-bit?

Beberapa CPU tidak memerlukan fitur khusus untuk bisa menjalankan Windows 10 versi 64-bit. Secara khusus, Windows 10 memerlukan PAE, SSE2, dan NX. Kamu bisa melihat informasi lebih detailnya dari sini. PC juga membutuhkan dukungan CMPXCHG16b, yang tidak termasuk pada beberapa processor 64-bit.

Windows 10 versi 64-bit akan menolak ketika kamu mencoba menginstall pada CPU yang tidak mendukungnya. Jika kamu ingin memeriksa apakah PC kamu mendukung 64-bit, gunakan software CPU Z.

“SSE2” akan muncul di bagian menu Instructions yang artinya PC kamu didukung. “EM64T” atau “AMD64” harus menjukkan dukungan PAE. “VT-x” atau “VT-d” juga harus menunjukan dukungan NX.

Bisakah Ganti dari Windows 10 32-bit ke Windows 10 64-bit?

Pada beberapa komputer lama, mungkin kamu harus mengaktifkan NX atau XD pada BIOS. Jika kamu melihat error saat proses installasi, coba buka BIOS dan cari menu seperti “No eXecute bit (NX)”, “eXecute Disabled (XD)”, “No Execute Memory Protect”, “Execute Disabled Memory Protection”, “EDB (Execute Disabled Bit)”, “EVP (Enhanced Virus Protection)”, atau yang hampir mirip. Carilah di bawah “Security” atau “Advanced” di settings BIOS. (Baca: Cara Mengetahui Komputer Kamu Pake BIOS atau UEFI)

 

Apakah Hardware Kamu Mendukung Driver 64-bit?

Jika kedua hal di atas sudah kamu pastikan dan komputer kamu mendukungnya, maka saatnya kamu melihat apakah hardware kamu cocok dengan versi 64-bit. Windows 64-bit membutuhkan driver 64-bit, driver Windows 32-bit tidak akan bekerja.

Hardware modern tentunya sudah mendukung driver 64-bit, tapi harwader yang sudah lawas belum tentu mendukung driver 64-bit. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa mengunjungi web untuk mendownload driver pada manufacture driver apakah ada versi 64-bit dari driver hardware tersebut. Sebenarnya kamu tidak harus selalu memeriksa driver tersebut pada web manufacture driver, biasanya mereka akan hadir secara otomatis via update Windows Update. Tapi hardware lama misalnya printer tidak menawarkan driver 64-bit. Mudahnya, jika ada hardware yang tidak mendukung Windows 64-bit maka harus downgrade ke Windows 32-bit. (Baca: Apa itu Driver?)

 

Jika Ketiga Hal Di Atas Sudah Dipastikan, Lakukan Clean Install dan Backup Data

Clean Install Windows 10 64-bit

Kamu perlu melakukan clean install untuk bisa mendapakan Windows 10 64-bit dari Windows 10 32-bit. Tidak ada cara lain lagi. Sebelum itu pastikan juga lisensi yang kamu gunakan pada Windows 10 32-bit sudah aktif, caranya klik Settings>Update & security>Activation.

Bisakah Ganti dari Windows 10 32-bit ke Windows 10 64-bit?

 

Kalau kamu tidak memiliki Windows 10 64-bit, kamu bisa mendapatkannya dari tool media creation. Klik “Create installation media for another PC” dan gunakan USB atau DVD untuk Windows 10 64-bit. Pilih architecture dengan 64-bit (x64). (Baca: Cara Download File ISO Windows 10 Final dengan Media Creation Tool)

Bisakah Ganti dari Windows 10 32-bit ke Windows 10 64-bit?

 

Selanjutnya reboot komputer dan boot dari media installasi. Install Windows 10 dengan memilih “Custom Install” dengan begini ia akan menghapus semua file di drive yang sebelumnya kamu install Windows 10 32-bit. Ketika kamu ditanyai untuk memasukan product key, skip proses ini dan lanjutkan. Setelah kamu sampai pada tampilan Desktop, Windows 10 akan secara otomatis memeriksa dan melakukan aktivasi sendiri.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

  • Dhimas Andhika

    Min, yg baju Windows Insider kpan d kirimnya ?
    udh g sabar nih…

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Kalo mau lihat x64 based processor di win 7, bagaimana?

    • Zulham Anwar

      Control Panel > System and Security > System
      atau tekan Start/logo windows di kiri bawah layar > klik kanan di Computer > pilih Properties

      Lihat dibagian System type

  • jika hardware mendukung, lebih baik menggunakan os 64 bit, karena lebih baik pemakaian memory nya :D

  • Ardabil Patra

    klo install 32bit di 64bit gmana
    laptop ane asus ram 2gb drivernya cuma ada 64bit,klo pke 64bit lemot

    • Mr. Mister

      Sama gan, ane juga make win 32bit di lepi asus yg support 64bit, ramnya juga 2GB. Emang masalahnya di driver, di situs asusnya cuman ada driver 64bit. Ane akalin aja dgn mendownload driver pake aplikasi pihak ketiga (dalam kasus ane make iobit driver booster buat menginstal semua drivernya) dan ternyata ada, jadi sekarang make win 32bit deh, hehehe

    • Lee RedBerry

      ga rekomendasi gan klo base x64 di turunin ke x86, soal’a untuk menjalankan aplikasi” berat x64 yang cocok, klo permasalahan laptop agan coba di upgrade RAM’a ke 4GB karena standar dari x64 itu memakai RAM 4GB

      • Ardabil Patra

        ram onboard gan,ada tutorialnya?

  • Saiful

    maaf gan, ane mau nanya.?
    yg dilakukan diatas tsb sm aja dgn inul (instal ulang) ya gan.?
    trs stlh dilakukan sprti yg diatas apakah aplikasi-aplikasi yg terinstal otomatis hilang atau masih ada.?
    mohon informasinya..
    terima kasih gan..

    • Agil Faisal Rahman

      so pasti aplikasi yg terinstall ilang gan…

  • Rudy R

    cie,cie
    ketauan pake kms

  • Syahdan

    Saya mau tanya, cara reboot dan booting langsung ke file instalasi itu gimana?

    • Mr. Mister

      Atur media instalasi (yg bootable tentunya) sebagai urutan 1 dalam boot order. Untuk pengaturan boot order ini bisa diubah lewat BIOS.

  • Ukasyah Rahmatullah Zada

    Kalo di windows 7 gmn?

  • Onasis Napitupulu

    spesifikasi komputer kita sama gan intel pentium dual core e5700, beginilah nasib pengguna pentium wkwk