Home Phone Cara Alternatif Menggunakan Windows Phone Tahun 2017

Cara Alternatif Menggunakan Windows Phone Tahun 2017

Windows Phone (di sini saya berbicara dalam konteks perangkat Windows Phone 8.1 ke bawah), sepertinya memang semakin terbatas kemungkinan penggunaannya. Saya sempat membahas tentang apa saja yang kita dapatkan jika masih menggunakan Windows Phone di tahun 2017, namun nampaknya memang nilai fungsinya semakin sedikit jika kita menarik perbandingan dengan smartphone modern dari OS lain setelah dimatikannya dukungan Messenger akhir Maret lalu, dan bahkan Skype yang merupakan milik Microsoft sendiri pada bulan Juli. Meskipun saya sendiri kadang bersenang-senang dengan beberapa kali menggunakannya sebagai daily driver, namun tentu saja atas nama kejujuran, saya tidak berani mengusulkan hal yang sama pada siapa pun.

Beberapa waktu yang lalu, saya agak terkejut bahwa ternyata Senior Editor Pocketnow, Adam Z. Lein, ternyata masih membawa dan menggunakan Lumia 1020 kesayangannya.

Ini menginspirasi saya untuk kemudian memikirkan, apa manfaat alternatif dari perangkat Windows Phone ini, yang mungkin berguna bagi siapa saja yang masih memilikinya. Simak alternatif-alternatif berikut ini!

 

Masih Menggunakannya sebagai Perangkat Utama

Ini tentu sebuah kasus yang unik, tapi… Mengapa tidak? WhatsApp menyatakan masih support WP 8.1, setidaknya hingga akhir Desember nanti. Outlook app di WP 8.1 masih tetap merupakan salah satu email app terbaik dalam hal manajemen daya dan responsivitas. Browsing? Mungkin tidak sebaik aplikasi browser modern yang sudah matang seperti Chrome dan Safari, tapi Internet Explorer milik WP 8.1 masih cukup andal dalam melaksanakan tugasnya. Jika kebutuhan online kamu sudah cukup terpenuhi dengan tiga aplikasi mendasar itu, maka kamu mungkin masih tetap dapat memanfaatkan perangkat WP 8.1 sebagai daily driver, karena seperti kita ketahui, perangkat Nokia yang mendominasi WP 8.1 cukup bagus dalam hal tangkapan sinyal dan kualitas telepon. Jika hanya ‘fungsi dasar’ smartphone yang kamu butuhkan, maka pengalaman menggunakan perangkat WP 8.1 bakal cukup mengasyikkan!

 

Kamera pendukung

Kalau fotografi adalah hobimu, maka rata-rata perangkat Windows Phone 8.1, apalagi yang high end seperti Lumia 920, Lumia 925, dan Lumia 1020, sangat reliabel untuk mengambil foto yang bagus. Ini berkat kombinasi hardware kamera yang bagus disertai dukungan lensa Zeiss yang sudah tenar untuk fotografi ponsel. Jika kamu masih memiliki perangkat Windows Phone kelas atas, maka minimal kamu bisa memanfaatkannya untuk mengambil aneka foto yang keren sebagai pelengkap DSLR milikmu!

Semut ini tentu saja bergerak sangat lincah, namun saya berhasil memotretnya memanfaatkan Xenon Lumia 1020
Di grup yang saya ikuti, saya sempat mendapati seorang teman dibully karena hasil foto bersama miliknya tidak fokus dan banyak noise. Tentu saja ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan Lumia 1020. :)

 

Music Player

Jika kamu adalah penggemar musik, maka perangkat Windows Phone, terutama yang masih berlogo Nokia, terpasang soundcard yang cukup memadai. Mungkin tidak sebagus milik smartphone modern yang berfokus pada audio seperti Marshall, HTC atau flagship milik LG – Tapi kamu bakal cukup puas oleh kualitas audio yang dihasilkan. Apalagi, Windows Phone 8 dan 8.1 memiliki XBox music yang merupakan turunan Zune, menampilkan lagu kamu secara keren!

Entah kenapa kualitas audio menurun bahkan di kelas flagship era Windows 10 Mobile. Saya masih menganggap bahwa audio di perangkat Windows Phone, apalagi dari kelas high end memberikan pengalaman terbaik untuk penyuka audio!

 

Hiasan Koleksi

Mungkin banyak di antara kamu yang tidak setuju untuk menjadikan perangkat Windows Phone lama sebagai hiasan. Tapi beberapa seri Windows Phone memiliki cerita tersendiri sehingga layak untuk dikoleksi dan mungkin sekedar dipajang. Misalnya Lumia 520 yang tenar sebagai Windows Phone terlaris sepanjang masa, Lumia 920 merupakan perangkat pertama dengan kemampuan low light bak monster, berlanjut prestasinya di Lumia 925. Kemudian Lumia 1020 adalah perangkat Windows Phone dengan ukuran sensor kamera terbesar secara fisik disertai dengan resolusi raksasa, yang bahkan belum terkejar oleh perangkat lain hingga sekarang. Jika kamu memajang mereka di sebuah display koleksi, maka dari segi estetik dan sejarah, perangkat-perangkat ini sangat layak untuk dipajang.

Minimal kamu bisa memanfaatkan glance untuk menjadikan perangkat Windows Phone yang support fitur Glance sebagai jam meja yang cukup bermanfaat. Hahaha…

 

Itulah berbagai manfaat alternatif perangkat Windows Phone lama yang kamu miliki. Apakah kamu ada ide lain tentang bagaimana memanfaatkan perangkat Windows Phone lama? Sumbangkan saranmu di kolom komentar berikut!

 

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta