Di Windows 10, Microsoft melakukan peningkatan dalam hal interaksi antara pengguna dengan perangkat. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan tampilan yang mudah diakses tidak hanya untuk mouse, tetapi juga untuk perangkat layar sentuh seperti Laptop dengan dukungan layar sentuh, Laptop 2-in-1, atau Tablet.

Salah satu fitur di Windows 10 yang berguna untuk memaksimalkan pengalaman pada perangkat layar sentuh adalah Screen Rotation. Sama halnya dengan fitur pada smartphone, Screen Rotation di Windows 10 juga berfungsi untuk memutar layar secara otomatis sesuai dengan posisi layar.

Tetapi jika tidak membutuhkan fitur tersebut, kamu bisa mematikannya dengan mudah melalui akses cepat di Action Center. Tetapi jika menginginkan cara lain, maka kamu bisa mencoba cara melalui Registry Editor.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Mematikan Screen Rotation di Windows 10

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\AutoRotation.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Enabled dan berikan value 0. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  4. Done.

Setelah proses selesai, maka fitur Auto Rotation akan mati. Jika ingin mengembalikannya seperti semula, kamu dapat melalui langkah-langkah yang sama seperti diatas dan mengganti value menjadi 1 pada langkah ke-3.

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.