Home PC Cara Membuat ISO Windows 10 Creators Update (Final) dengan File ESD

Cara Membuat ISO Windows 10 Creators Update (Final) dengan File ESD

Cara Membuat ISO Windows 10 Creators Update (Final) dengan File ESD (1)

Seperti yang kamu ketahui, kemarin WinPoin mengabarkan bahwa Windows 10 Creators Update versi public (Final) bisa kamu cicipi lebih awal, ini bisa terjadi karena adanya leaked tool upgrade assistant ke Build 15063 yang dibagian WalkingCat melalui Twitter.

Sayangnya, secepat info ini tersebar diinternet, Microsoft juga langsung bertindak cepat dan takedown tool tersebut. Jadi file upgrade assistant tidak dapat didownload pada link kemarin dan meskipun kamu memilikinya, kamu juga tidak dapat menjalankan tool tersebut. (Baca : Windows 10 Creators Update “Dini” Sudah Diblokir Microsoft)

Meskipun begitu, masih ada cara untuk kamu jika ingin mencoba Creators Update lebih cepat, yaitu melalui link ESD yang hingga saat ini tidak diblokir oleh Microsoft.

Bahan-bahan

Pertama tentunya kamu memerlukan file ESD build 15063. Kamu bisa mencari linknya yang tersebar di internet, atau kamu bisa menggunakan link yang saya sediakan.

Sebagai info, link diatas merupakan client combined, yang berarti berisikan 3 edisi yang berbeda yaitu Home, Professional dan Education. Jadi pada saat installasi nanti, kamu hanya perlu memilih edisi yang diinginkan.

Setelah itu adalah tool untuk decrypt ESD ke ISO yang bisa kamu download melalui link ini, ekstrak lalu ikuti tahap selanjutnya.

Langkah-langkah decrypt

  1. Pertama jadikan semua (ESD dan tool decrypt) menjadi 1 folder yang sama.
  2. Setelah itu, klik kanan pada file bat ‘decrypt-ESD.cmd‘ dan pilih Run as Administrator.Cara Membuat ISO Windows 10 Creators Update (Final) dengan File ESD (1)
  3. Kemudian setelah jendela batch terbuka, ketikan opsi nomor 1. (Untuk membuat file ISO dengan standar file source Install.wim.Cara Membuat ISO Windows 10 Creators Update (Final) dengan File ESD (2)
  4. Terakhir tunggu proses decrypt hingga selesai, lamanya sekitar 15-20 menit.Cara Membuat ISO Windows 10 Creators Update (Final) dengan File ESD (3)
  5. Jika proses sudah selesai, maka kamu akan mendapatkan file ISO pada folder yang sama dengan file ESD.Cara Membuat ISO Windows 10 Creators Update (Final) dengan File ESD (4)

That’s it!, tentunya metode ini bisa menjadi alternatif untuk internet berkuota karena sizenya yang dikompresi dari ukuran full installer, serta fleksibilitasnya untuk bisa digunakan (di copy) ke PC lain. Jika ada yang ditanyakan jangan sungkan-sungkan bertanya melalui kolom komentar.

  Video: 3 Cara Download File ISO Windows 10 Terbaru  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.