Home Editorial Cara Mendapatkan Windows 10 Anniversary Update

Cara Mendapatkan Windows 10 Anniversary Update

Cara Mendapatkan Windows 10 Anniversary Update (1)

Seperti yang kamu ketahui, Microsoft akan merilis major update yang dinamai “Anniversary Update“. Dan jika sesuai dengan jadwal, maka update tersebut akan tersedia besok pada tanggal 2 agustus waktu pasific (Redmond, Washington DC, US) yang kira-kira -14 jam dari waktu Indonesia.

Cara Mendapatkan Windows 10 Anniversary Update (1)

Major update tersebu, memiliki segudang fitur baru didalamnya seperti Windows Ink, Ekstensi Microsoft Edge, Start Menu, Settings, Bash Ubuntu, dll. Nah yang menjadi pertanyaannya. Meskipun sudah mengetahui tanggal perilisannya, tetapi bagaimana cara untuk mendapatkannya?.

Jika kamu merasa sudah Geek, mungkin pertanyaan diatas terlihat dummy. Tetapi, dikarenakan banyak pertanyaan (khususnya dikirimkan ke saya) mengenai cara mendapatkan update ini, maka melalui artikel ini WinPoin akan memberikan kamu beberapa cara untuk mendapatkan Anniversary Update besok.

Melalui Windows Update

Cara yang pertama ini merupakan cara yang terbaik dan paling banyak digunakan orang. Jadi begitu Anniversary Update dirilis besok, navigasilah ke Windows Update di Settings (WinKey + I) lalu klik Check for updates.

Cara Mendapatkan Windows 10 Anniversary Update (2)

Begitu update Anniversary muncul (Build 14393), maka segeralah untuk melakukan update. Ketika proses download berjalan, pastikan kamu memiliki koneksi yang stabil, jika sudah maka PC akan merestart dan proses installasi akan berjalan.

Tetapi perlu kamu ingat, karena cara ini mungkin nantinya akan digunakan banyak orang. Jadi mungkin server Windows Update akan sedikit lama untuk merespon (atau mungkin bisa overload seperti waktu Windows 8.1 Spring Update). Untuk itu, kamu bisa mencoba alternatif dibawah ini.

Melalui Media Creation Tool

Cara alternatifnya adalah dengan menggunakan Media Creation Tool. Dengan menggunakan tool ini, maka kamu bisa melakukan upgrade seperti melalui Windows Update atau Clean install (dengan menghapus personal file yang ada).

Selengkapnya, Cara Upgrade Gratis ke Windows 10 Final dengan Media Creation Tool.

Melalui ISO Windows 10 Anniversary Update

Meskipun sebenarnya Microsoft belum resmi mengumumkan bahwa apakah tersedia versi ISOnya atau tidak. Tetapi melalui konfirmasi dari internal Microsoft, Windows 10 Annivesary update akan tersedia dalam versi ISO pada tanggal yang sama dengan perilisannya. (Source, Mary Joe Foley on Twitter)

Jika hal tersebut benar, maka kamu bisa mendownload ISO tersebut kemudian menjalankan proses installasi baik melalui bootable Flashdisk, DVD, ataupun langsung menjalankan setup.exe.

Bagi Pengguna Windows 10 Preview

Bagi anggota Insider yang menggunakan Windows 10 Preview seperti Build 14393.x, sebenarnya kamu tidak perlu melakukan apa-apa lagi besok, karena Build yang kamu gunakan merupakan Build yang nantinya akan digunakan oleh publik besok.

Tetapi jangan terlalu bersantai, karena kabarnya Redstone 2 sudah muncul di BuildFeed, yang mungkin akan dirilis dalam jangka waktu yang tidak begitu lama setelah Anniversary Update.

 

Nah itu dia sekilas rangkuman cara untuk mendapatkan Anniversary update. Jadi pastikan kamu siapkan kuota lebih untuk besok ;)

So, are you ready for Anniversary Update? ;)

  Solusi Laptop Minim Storage  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.