Cara Mengaktifkan Kuota Disk di Windows 10

NTFS merupakan standar file sistem pada sistem operasi Windows NT. Dimana file sistem ini mendukung fitur kuota, dengan kata lain pengguna dapat mengkontrol penggunaan ruang pada partisi.

Dengan kamu membatasi penggunaan ruang penyimpanan pada sebuah partisi, maka kamu bisa mendapatkan warning / peringatan jika ukuran partisi telah mencapai batas tertentu, karena biasanya tanpa sadar kita terus saja mengisi partisi di PC sampai akhirnya kepenuhan.

Baca tips Windows lainnya :

Mengaktifkan Kuota Disk di Windows 10

  1. Navigasi ke This PC pada File Explorer (Win + E).
  2. Klik kanan pada partisi yang ingin diaktifkan fitur kuota, lalu pilih Properties.Cara Mengaktifkan Kuota Disk di Windows 10
  3. Kemudian navigasi ke tab Quota dan pilih opsi Show Quota Settings (jika muncul UAC, klik saja Yes).Cara Mengaktifkan Kuota Disk di Windows 10
  4. Beri tanda centang pada opsi Enable quota management lalu pilih opsi Limit disk space. Selanjutnya kamu hanya perlu memasukan batasan ukuran serta peringatan ketika sudah mencapai ukuran tertentu, kamu juga bisa menentukan dalam ukuran KB (Kilobyte) hingga EB (Exabyte).
    Cara Mengaktifkan Kuota Disk di Windows 10Sebagai tambahan, kamu juga bisa memberikan tanda centang pada opsi Deny disk space to users exceeding quota limit jika ingin melarang pengguna untuk menggunakan partisi tersebut jika sudah melewati kuota. Serta dua opsi paling bawah jika ingin mencatatnya dalam log. Jika sudah klik OK.
  5. Terakhir akan muncul jendela peringatan mengenai pengaktifkan fitur kuota ini, klik saja OK untuk melanjutkan proses.Cara Mengaktifkan Kuota Disk di Windows 10

That’s it! itu dia cara untuk mengaktifkan fitur kuota di Windows 10. Untuk mematikan fitur kuota ini, cukup lalui langkah yang sama dengan ketika mengaktifkan fitur ini dan hilangkan tanda centang pada opsi Enable quota management.

Tidak hanya pada Windows 10, fitur ini juga dapat kamu lakukan pada versi Windows sebelumnya seperti Windows 8.x atau Windows 7.

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.