Jika kamu pernah menggunakan Windows 7, tentu ingat suara khas yang dikeluarkan ketika proses shutdown. Sayangnya Microsoft menghilangkan kebiasaan ini semenjak era Windows 8.

Meskipun demikian, mengaktifkan suara ketika shutdown di Windows 10 masih bisa kamu lakukan. Hanya saja caranya yang cukup tricky, yakni dengan membuat penjadwalan melalui task scheduler.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Mengaktifkan Suara ketika Shutdown di Windows 10

  1. Buka Start Menu lalu ketikan task scheduler pada kolom pencarian.
  2. Pada panel kanan, klik Create Task.
  3. Pada tab General, masukan nama berserta deskripsi jadwal (1). Pada bagian bawah, klik opsi Run whether user is logged on or not dan beri tanda centang pada Run with highest privileges (2). Terakhir tentukan konfirugasi untuk Windows 10 (3).
  4. Pada tab Trigger, klik New lalu masukan konfigurasi yang sama seperti digambar berikut.
  5. Pada tab Action, pilih Start a Program, lalu ketikan PowerShell dan masukan perintah berikut -c (New-Object Media.SoundPlayer 'C:\Windows\Media\Windows Shutdown.wav').PlaySync(); pada bagian Add arguments.
  6. Pada tab Conditions, hilangkan tanda centang pada opsi Start the task only if the computer is on AC power. Hal ini berguna agar suara shutdown bisa berjalan meskipun tanpa terhubung arus listrik (Laptop).
  7. Terakhir, masukan password pada akun yang kamu gunakan saat ini.
  8. Done.

Setelah proses selesai, pada penjadwalan berhasil dibuat. Kedepannya, Windows 10 akan mengeluarkan suara ketika shutdown.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.