Home PC Cara Mengecilkan Ukuran File Hibernation di Windows

Cara Mengecilkan Ukuran File Hibernation di Windows

Cara Mengecilkan Ukuran File Hibernation di Windows (1)

Jika kamu mengaktifkan fitur Hibernate di Windows, maka file hiberfil.sys akan muncul pada partisi system (C:\). Ketika proses hibernasi dilakukan, maka semua perkerjaan yang ada pada RAM, akan tersimpan ada file hiberfil.sys, jadi begitu Windows kembali dinyalakan dari hibernasi, maka Windows akan load semua task dari hiberfil.sys ke RAM. (Baca Juga Inilah Bedanya Sleep vs Hibernate di Windows)

Maka dari itu tidak heran jika file hiberfil.sys memiliki ukuran yang besar (kurang lebih sebesar ukuran RAM yang terpasang).

Selain itu, Hibernate juga dapat mempercepat proses Windows dalam melakukan startup. Sehingga proses booting bisa menjadi lebih cepat.

Pada artikel kali ini, WinPoin akan memberikan kamu cara untuk mengecilkan ukuran file Hibernation. Dimana kamu dapat mengecilkan ukurannya hingga 50% dari ukuran default.

Mengecilkan Ukuran File Hibernation di Windows

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Kemudian ketikan perintah dibawah ini.
    powercfg hibernate size 70

    Cara Mengecilkan Ukuran File Hibernation di Windows (2)

  3. Melalui perintah tersebut, maka Windows akan mengecilkan ukuran file hibernate menjadi 70% dari RAM yang terpasang.
  4. Tutup jendela Command Prompt jika ingin.

Dengan begitu, maka ukuran file hibernation akan mengecil sesuai dengan berapa persentase yang kita masukan tadi. Pada kasus WinPoin adalah sebesar 70%.

Cara Mengecilkan Ukuran File Hibernation di Windows (1)

Untuk mengembalikannya ke default, gunakan perintah yang sama pada Command Prompt dan ganti angkanya menjadi 100. Dengan begitu maka ukuran file hibernate akan kembali ke ukuran normal.

Cara Mengecilkan Ukuran File Hibernation di Windows (3)

Nah itu dia cara untuk mengecilkan ukuran file hibernate di Windows. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.