Ketika memasang program baru, secara default system akan menyimpan file aplikasi pada lokasi partisi yang sama dengan sistem (C:). Program 32-bit akan tersimpan pada “C:\Program Files(x86)” (jika memiliki Windows x64), dan program 64-bit akan tersimpan pada “C:\Program Files”.

Tetapi jika ingin, kamu bisa melakukan tweak melalui Registry Editor agar kamu dapat menentukan default lokasi dimana aplikasi akan terinstall.

Baca juga:

Mengganti Lokasi Default Installasi Folder di Windows 10

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion.
  3. Pada panel kanan, perhatian pada key ProgramFilesDir and ProgramFilesDir(x86) — jika kamu menggunakan Windows 10 dengan arsitektur 64-bit.
  4. Klik salah satu dari kedua key tersebut dan masukan path baru sesuai dengan keinginan. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  5. Restart Windows 10.

Setelah proses selesai, maka kedepannya semua program yang terinstall akan tersimpan pada lokasi yang telah ditentukan tadi.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu bisa melakukan langkah-langkah yang sama seperti diatas lalu mengganti value menjadi lokasi default (C:\Program Files).

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.