Cara Menghapus Driver Lama di Windows 10 (1)

Ada banyak faktor yang menjadikan ruang penyimpanan pada partisi menjadi penuh. Misalnya saja dikarenakan Windows.old atau temporary file. Selain itu file driver lama juga mengambil peran mengapa ruang partisi penuh.

Saat Windows melakukan update terhadap driver, file driver lama otomatis akan tersimpan guna agar pengguna dapat melakukan rollback terhadap driver jika mengalami masalah pada versi driver yang baru.

Sayangnya tidak ada opsi untuk menghapus file driver lama ini, dengan kata lain kamu perlu menghapusnya secara manual. Jika ingin menghapusnya, kamu dapat memanfaatkan ultility Disk Cleanup.

Baca tips Windows lainnya :

Menghapus Driver Lama di Windows 10

  1. Klik kanan pada partisi sistem lalu pilih Properties.Cara Menghapus Driver Lama di Windows 10 (1)
  2. Kemudian pilih opsi Disk Cleanup.Cara Menghapus Driver Lama di Windows 10 (2)
  3. Lalu pilih opsi Clean up system files.Cara Menghapus Driver Lama di Windows 10 (3)
  4. Terakhir, beri tanda centang pada opsi Device driver packages, jika sudah klik OK untuk memulai proses penghapusan. Ketika muncul pop-up pilih Delete files.Cara Menghapus Driver Lama di Windows 10 (4)
  5. Done.

Pastikan kamu tetap melakukan hal diatas secara berkala, mengingat kedepannya Windows tetap akan menyimpan file driver lama begitu versi driver baru telah terinstall.

Itu dia cara untuk menghapus file driver lama di Windows 10. Cara ini juga dapat kamu aplikasikan pada versi Windows sebelumnya seperti Windows XP, Windows 7, dan Windows 8.x.

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.