Di Windows 11, Microsoft memberikan design baru pada taskbar dengan opsi tampilan rata tengah ala MacOS, tombol Start Menu yang baru, search, Widgets, Task View, dan lain-lain.

Selain itu, taskbar versi Windows 11 ini memiliki sedikit kekurangan, dimana kini tidak bisa lagi mengatur ukuran taskbar sesuai keinginan.

Untungnya, terdapat tweak melalui registry editor dimana kamu bisa mengubah ukuran taskbar dari ukuran kecil, sedang, dan besar.

Baca juga tutorial Windows 11 lainnya:

Mengubah Ukuran Taskbar di Windows 11

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced
  3. Pada panel kanan, klik kanan dan pilih New DWORD.
  4. Kemudian beri nama TaskbarSi.
  5. Klik 2x pada key baru tersebut, lalu masukan value sesuai ukuran yang diinginkan, dimana 0 (default), 1 (sedang), atau 2 (besar). Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  6. Restart sistem atau Explorer.
  7. Done.

Setelah selesai, maka kamu akan mendapati perbedaan ukuran taskbar dengan ukuran awal (gambar 1), sedang (gambar 2), dan besar (gambar 3).

Masih belum jelas apakah nantinya Microsoft akan memberikan opsi yang lebih mudah melalui Settings atau tidak. Karena masih ada lagi pengaturan yang hilang pada taskbar di Windows 11 seperti lock/unlock taskbar.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.