Sama seperti Windows 10, di Windows 11 kita secara default diberikan sebuah system keamanan anti malware yang cukup powerfull saat ini, yaitu Windows Defender atau mungkin saat ini sering disebut dengan Microsoft Defender Antivirus, dimana berdasarkan data AVTest tahun 2021.

Baca Juga : AV-TEST : Windows Defender Salah Satu Antivirus Terbaik Di Tahun 2021

Nah, lalu bagaimana cara menonaktifkan antivirus tersebut? mungkin kamu ada yang ingin menggunakan aplikasi penting yang memang dideteksi sebagai virus atau malware?, tentu hal tersebut tidak saya rekomendasikan karena bisa saja berpotensi merusak system Windows 11 yang kamu gunakan, namun jika kamu bersikeras ingin menonaktifkan Windows Defender ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

Langkah 1. Pertama silakan kamu buka Local Group Policy Editor (gpedit.msc).

Langkah 2. Selanjutnya, silakan kamu navigasi ke : Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Microsoft Defender Antivirus.

Langkah 3. Kemudian silakan kamu double click pada Turn off Microsoft Defender Antivirus, dan set ke Enabled, tepat seperti pada gambar berikut.

Nah setelah selesai, silakan kamu klik Apply dan klik OK, jangan lupa juga untuk melakukan restart Windows 11 kamu, dan selesai deh, kini Windows Defender/ Microsoft Defender sudah dimatikan secara permanen, untuk mengaktifkan kembali, pada langkah tiga diatas, kamu set saja ke Disable atau ke Not Configured.

Silakan dicoba guys, semoga artikel ini bermanfaat.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.