Jika kamu sebelumnya telah mengubah ukuran panel navigasi pada file explorer di Windows 10, dan ingin mengembalikannya keukuran semula, maka kamu bisa reset dengan menggunakan sedikit konfigurasi melalui Registry Editor.

Panel navigasi pada File Explorer sendiri menampilkan banyak hal seperti Quick Access, This PC, Library folders (Music, Videos, Pictures, dll.), dan Network drives.

Sebenarnya kamu bisa saja mengembalikan lebar ukuran panal navigasi dengan cara drag menggunakan mouse. Tetapi cara melalui Registry Editor ini akan mengembalikan ukuran yang sesuai dengan pada saat fresh install Windows 10.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Reset Ukuran Panel Navigasi File Explorer di Windows 10

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Modules\GlobalSettings\Sizer.
  3. Pada panel kanan, klik kanan pada key PageSpaceControlSizer dan pilih opsi Delete. Klik Yes ketika muncul peringatan.
  4. Restart Explorer.
  5. Done.

Setelah proses selesai, maka kamu akan mendapati ukuran panel navigasi seperti pada saat melakukan fresh install.

Key PageSpaceControlSizer akan otomatis kembali terbuat pada saat ukuran panel berubah lagi. Kamu dapat melalui langkah-langkah yang sama jika kedepannya ingin reset lagi.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.