Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, Microsoft mulai pada versi Windows 11 Insider Preview Build 22523 telah membawa sejumlah perubahan pada Control Panel, dimana mulai build ini Control Panel sudah tidak dapat kamu gunakan untuk menghapus aplikasi dan updates.

Secara singkat, Control Panel > Program & Features akan diarahkan pada halaman Settings > Apps > Installed Apps, selanjutnya untuk Installed Updates akan diarahkan pada Settings > Windows Update > Update History.

Dengan itu, jika kamu ingin menghapus aplikasi atau windows update, kamu sudah tidak bisa lagi menggunakan langkah klasik via Control Panel dan kamu akan langsung diarahkan pada halaman Settings yang lebih modern.

Masa Depan Control Panel?

Mengenai aplikasi klasik yang sudah hadir sejak era Windows terdahulu ini, kita sudah tahu bahwa mulai pada Windows 10 beberapa menu telah mulai dipindahkan ke halaman Settings yang lebih modern, dan dengan itu dapat dikatakan bahwa mulai era Windows 10 dan disempurnakan di era Windows 11, Control panel akan mulai secara perlahan ditinggalkan dan digantikan dengan Settings yang lebih modern.

Saya sendiri sebenarnya lebih suka dengan Control Panel karena rasanya opsi yang dihadirkan masih lebih lengkap dibandingkan aplikasi Settings, namun bagaimana lagi, mau tidak mau, suatu saat nanti kita harus terbiasa dan Control panel mungkin akan dilupakan dan dihilangkan.

Nah bagaimana menurutmu? menurutmu kapan sih Control Panel akan benar benar ditinggalkan? menurut saya sih sekitar 3 – 5 tahun kedepan, bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

  ⚡️ Review Logitech G435 Lightspeed: Mencari Headset Gaming Bluetooth Terbaik  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.