Home News Demi 3 Milyar Dolar, Nokia Menjual HERE ke Audi, BMW, dan Daimler...

Demi 3 Milyar Dolar, Nokia Menjual HERE ke Audi, BMW, dan Daimler — Lalu Nasib Pengguna HERE Bagaimana?

Demi 3 Milyar Dolar, Nokia Menjual HERE ke Audi, BMW, dan Daimler — Lalu Nasib Pengguna HERE Bagaimana?

Nokia oh Nokia… Rupanya sang mantan raja dan legenda handphone ini memang tengah menikmati perjalanan mereka dalam menjual berbagai aset perusahaannya. Setelah divisi mobile dan services mereka dijual ke Microsoft, beberapa waktu lalu salah satu layanan dan aplikasi mapping populer mereka; HERE ikut dijual juga.

Nokia melepaskan HERE ke perusahaan otomotif Audi, BMW, dan Daimler setelah ditawari dana segar sebesar 3 Milyar Dolar.

Pertanyaannya, lalu bagaimana dengan nasib para pengguna HERE — terlebih pengguna Windows Phone yang sebagian besar mengandalkan aplikasi tersebut untuk keperluan mapping dan navigasi?

 

Ditentukan oleh Audi, BMW, dan Daimler

Seiring dengan beralihnya kepemilikan HERE, maka kini pengembangan, distribusi, dan keputusan atas layanan dan aplikasi HERE berada di tangan Audi, BMW, dan Daimler.

Perusahaan otomotif tersebut kabarnya bakal menjadikan teknologi HERE sebagai sistem navigasi internal di mobil produksi mereka. Apakah aplikasi HERE untuk mobile akan tetap dilanjutkan atau tidak, itu tergantung dari keputusan mereka sendiri.

Jika Audi, BMW, dan Daimler memutuskan untuk menjadikan teknologi HERE eksklusif di mobil buatan mereka, maka bisa jadi aplikasi HERE mobile akan dihentikan distribusinya. Tetapi jika mereka memutuskan tetap menyediakan aplikasi ini untuk Android, iOS, dan Windows Phone (karena penggunanya amat sangat banyak!), maka kita tidak perlu khawatir akan kehilangan aplikasi mapping akurat ini di smartphone kita.

Namun mengingat Audi, BMW, dan Daimler adalah perusahaan yang fokus di bidang otomotif dan bukannya gadget / device, kita jadi cukup was-was juga sih sebenernya.

 

HERE Akan Semakin Bagus dan Akurat — dan Premium

Terlepas dari kekhawatiran akan kelanjutan HERE Maps dan HERE Drive di smartphone kita, beralihnya HERE ke Audi, BMW, dan Daimler ini bakal semakin membuat layanan mapping ini lebih bagus dan lebih akurat lagi.

Bukan rahasia lagi jika ketiganya adalah perusahaan otomotif kaya dengan jumlah uang yang melimpah, produk otomotifnya pun premium dan mewah-mewah. Jadi bisa dipastikan mereka akan memoles HERE habis-habisan untuk membuat akurasi, kualitas, dan layanan HERE menjadi premium — sekelas dengan mobil buatan mereka.

via nokia

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Mochammad Reza

    Plis plis plis jangan sampe di tarik dari Windows phone dan bakal selalu update,HERE satu2nya aplikasi mapping paling akurat dan lengkap,ane sering make soalnya,dan gak pernah di buat nyasar

    • Nggak bakallah.. Karena di Android dan iPhone juga laris :D

      • I Made Tobias Abdiman

        tau tau ditarik dari WP, dibiarin di robot ijo sama apel :v

        • Rasshid

          itulah namanya momen kampret

    • Rudy R

      masih ada sygic

  • Titoalvi

    Yah, padahal here maps satu2 apps navigator yang ane andelin nih klo mau nyari jalan :(

    • sama :))

      • muh fawaid

        gue jugak gan,, lebih update satelitnya,, kalo yg google maps nampilin satelit tahun 2002,, rumah gue belum ada malah :v

  • 3widyan

    jadi nokia punya apa sekarang?

    • andalan mereka sekarang tinggal Nokia Networks sm Nokia Technologies

  • wah..tw gt dari dulu ikutan jd kontributor HERE Maps *eh :v

  • Muhammad Raihan

    Harusnya bagi pengguna Windows/Windows phone dapet mobil gratis dari perusahaan ketiga mobil itu dong hehehehe bercanda

  • semoga nokia here tidak ditarik dari duna mobile(tetapi kemungkinan besar tidak ditarik, karena market di WP,android sama IOS cukup besar dan menguntungkan) :D

  • Adnan Zaki

    Kalo sampe ditarik mah.. Beeeuh.. Yaudah lah mau gmna lagi :(

  • Siddix

    Mungkin saja akan disandingkan smartphone(wp) dengan mobil mewah .premium eksklusif canggih

  • Kurotsuki Kaitou

    Ga ngefek juga sih. Toh map data dari Windwos Maps juga dari HERE. Dan aplikasi Maps bawaan Windows 10 udah cukup bagus. Malah ini masih di WP8.1, beberapa bulan terakhir udah jarang buka HERE Maps. Lebih sering buka Maps yang bawaan WP. :3

  • Juned Dza Lach

    Please Presiden Jokowi… Akuisisi lagi dong HERE Nokia,.. Beli lagi dong… Ane mengandalkan ne peta… Hehe.. OOT ya..

    • RiDho Ahmad

      salah memohon gan..
      minta ke Microsoft :D

    • Bill Jobs

      Indosat aja blm kebeli lagi gan :D
      :v :v

  • Reza Fahlevy

    haha udah saya tebak, beralih ke android saham anda tidak bangkrut

    • Bill Jobs

      KABEL MANA YA?
      ADA YANG PUTUS NIH JADI GAK NYAMBUNG GINI…

      PANGGIL CS TELKOM DULU DEH…

  • Nurcahya

    Kemungkinan sih bakal di tarik dari dunia mobile. Mengingat mereka pabrik otomotif, jadi kemungkinan cuman buat mobil mereka saja. Toh kalo semua bisa make here, jadi orang yg pake mobil merek ini dan low end pula, bakal gk ada bedanya dengan yg pake mobil bmw dan seri tertingginya pula. Tapi moga aja gk ditarik

    • Rasshid

      Kenapa ga bikin versi biasa dan versi premium aja coba?

      • Nurcahya

        ya ini juga menurut prediksi saya.
        mengingat yang beli cuman 3 doang, BMW, Daimler dan Audi.
        toh kalo masih ada versi mobile, bisa bisa nanti orang yang pake Lamborgini, Bugaty, Subaru, Mitsubishi, Toyota, jaguar, dll. bakalan masih bisa pake Here kan? jadi nanti gk ada bedanya dengan yang pake BMW, Daimler, dan Audi. jadi kalo menurut saya sih ada kemungkinan bakalan ditarik.
        cuman hanya mereka dan tuhan yang beneran tau :v

  • perfectminor

    Premium menjadi mungkin di negara yang banyak memiliki penjualan Audi & BMW