Sebuah kabar baru mengatakan bahwa File Explorer pada Windows 10 1903 yang akan segera dirilis akan bisa berjalan dengan proses terpisah. Namun setelah saya selidiki di Windows 10 1803 dan Windows 10 1809 ternyata fitur ini sudah ada. Namun faktanya fitur ini bukan secara default langsung aktif, perlu dilakukannya tweak terhadap pengaturan File Explorer itu sendiri.

File Explorer Windows 10 1903 Akan Bisa Berjalan Dengan Proses Terpisah! Manfaatnya?
Sumber : News Softpedia

Jika ingin merasakan proses File Explorer yang terpisah, tentunya Fitur ini perlu diaktifkan terlebih dahulu dari Folder Options di File Explorer, dan Centang pada bagian “Launch folder windows in a separate process”.

File Explorer Windows 10 Bisa Berjalan Dengan Proses Terpisah! Lalu Apa Manfaatnya?

Nah Setelah fitur ini diaktifkan, proses File Explorer di Task Manager dapat diperluas untuk melihat rincian lebih lanjut untuk setiap jendela aktif sesuai dengan folder yang kita buka di aplikasi.

File Explorer Windows 10 Bisa Berjalan Dengan Proses Terpisah! Lalu Apa Manfaatnya?
Bisa dilihat pada bagian WIndows Explorer – Diambil di Windows 10 1803

Manfaatnya?

Tentu saja dengan mengaktifkan fitur ini manfaat yang akan dirasakan adalah, ketika salah satu proses yang berjalan ternyata Not Responding, Crash, atau Error, maka tidak akan mempengaruhi proses lain, sehingga meski File Explorer/ Windows Explorer crash, proses Copy atau Move File, tidak akan mengalami kegagalan akibat File Explorer yang merestart sendiri, ya Intinya mirip sekali dengan cara kerja Tab di Google Chrome.

Perlukah Untuk Diaktifkan?

Menurut saya pribadi, sebaiknya diaktifkan saja, kenapa? ya jika kita melihat kembali pada apa manfaat yang diberikan oleh Proses terpisah ini bisa disimpulkan, bahwa fitur ini akan berguna sekali, apalagi jika sedang dalam kondisi dimana membuka banyak tab dan proses yang juga banyak.

Kekurangan?

Ya kekurangan yang saya rasakan sih cuma ada satu saja, dikarenakan berjalan dalam proses yang berbeda, dia mengambil sumber daya “extra” dari RAM, jadi jika kamu menggunakan RAM 4 GB Kebawah sih lebih baik fitur ini jangan diaktifkan saja.

Nah bagaimana menurutmu? apakah kamu sudah mengetahui fitur dari “Launch folder windows in a separate process”, atau bahkan kamu sudah menggunakannya? silahkan berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah guys.

 

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.