Versi terbaru telah diluncurkan Google untuk Google Chrome, dimana update ini akan membawa versi browser menjadi 87, selain itu untuk menambah rasa, pelengkap dan fitur keren, kamu bisa menambahkan beberapa bagian berikut untuk membuat Google Chrome 87 kamu menjadi lebih baik dari apa yang default ditawarkan.

Penasaran apa saja itu?, berikut adalah diantaranya:

Tab Search

Mengenai fitur ini sudah saya tulis pada halaman terpisah yang dapat kamu akses pada halaman berikut, namun tentu untuk kamu yang ingin mendapatkan pengalaman lebih baik dalam mengakses tab, fitur Tab Search ini wajib sekali untuk kamu aktifkan.

Kenapa?, karena seperti yang sudah saya tulis juga sebelumnya, fitur ini akan sangat bermanfaat sekali terutama bagi mereka pengguna Google Chrome yang sering membuka banyak sekali tab dalam waktu yang sama, selain itu tersedianya keyboard shortcut untuk membuka fitur ini tentu menjadi nilai plus dalam kecepatan mengakses form pencarian.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup mengikuti langkah tutorial berikut saja.

Direct Actions

Nah yang kedua ini cukup saya suka, karena sama seperti apa yang hadir di Firefox, kita bisa melakukan direct actions di Address bar, misalkan cukup ketik saja “incognito” dan browser akan langsung membuka mode incognito.

Sementara ini beberapa perintah yang bekerja dengan sempurna adalah, update browser untuk melakukan update Google Chrome, incognito untuk masuk ke mode incognito, edit password untuk masuk dan melakukan pengeditan pada halaman saved password, translate this untuk mengalih bahasakan halaman yang kamu buka, wipe cookies, delete history, clear cache, untuk menghapus browsing data, dan edit credit card, yang mana untuk mengedit saved payment card.

Sayangnya fitur ini belum hadir secara default, dan kamu bisa mengaktifkannya dengan mengaktifkan dua flags experimental berikut

chrome://flags/#omnibox-suggestion-button-row
chrome://flags/#omnibox-pedal-suggestions

Reader Mode

Cukup disayangkan fitur yang pertama kali diperkenalkan pada Google Chrome 75 ini masih belum hadir secara default di Google Chrome, bahkan di versi terbaru sekalipun, namun meskipun begitu kamu bisa mengaktifkan fitur Reader Mode ini dengan mudah hanya dengan mengaktifkan Flags Experimental berikut saja.

chrome://flags#enable-reader-mode

Setelah flags experimental kamu aktifkan, kamu dapat langsung mengakses dan masuk ke tampilan Reader Mode dengan cara klik saja icon buku pada address bar.

Dan yah, meskipun bisa dibilang fiturnya tidak selengkap Microsoft Edge Chromium, namun sudah cukup untuk memuaskan hasrat membaca web novel atau hal lainnya menggunakan Reader Mode ini.

Back Forward Cache

Untuk meningkatkan pengalaman back atau forward, ada baiknya kamu mengaktifkan flags experimental berikut.

chrome://flags#back-forward-cache

Dimana dengan ini, ketika kamu melakukan back/forward, halaman tidak kembali load dari awal dan mengandalkan cache sepenuhnya. Fitur ini sudah lama hadir di Google Chrome dan sayangnya belum Google aktifkan secara default bahkan dalam versi terbaru sekalipun.

Smooth Scrolling

Sudah tidak perlu lagi dijelaskan mengenai fitur ini, dimana ketika flag experimental ini diaktifkan, animasi ketika scrolling akan terlihat lebih smooth dan tidak terasa patah patah.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kembali lagi, karena belum diaktifkan secara default, kamu bisa mengaktifkannya melalui flags experimental berikut.

chrome://flags/#smooth-scrolling

Pararrel Downloading

Fitur ini opsional untuk kamu yang tidak menggunakan Download Manager pihak ketiga seperti IDM atau FDM, dan jika kamu kamu mengaktifkan fitur ini, kecepatan download akan diakselerasi dan akan terasa lebih cepat.

Untuk mengaktifkan fitur ini, karena memang belum diaktifkan secara default, kamu bisa mengaktifkannya melalui flags experimental berikut.

chrome://flags/#enable-parallel-downloading

Nah itulah enam fitur yang menurut saya terbaik untuk diaktifkan di Google Chrome, beberapa diantaranya dapat juga diaktifkan di Microsoft Edge Chromium, Opera dan Browser berbasis Chromium Lainnya.

Cukup disayangkan memang karena beberapa fitur diatas masih belum juga diaktifkan secara default, terutama fitur Reader Mode yang bisa dibilang sangat bermanfaat untuk para pengguna Google Chrome yang suka membaca.

Nah bagaimana menurutmu? punya rekomendasi lain? silahkan berikan rekomendasi fitur yang dapat diaktifkan untuk para pengguna Google Chrome lainnya di kolom komentar dibawah.

Terima kasih.

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.