Seperti yang kita tahu, melakukan instalasi Windows 11 di perangkat yang tidak didukung (tidak sesuai dengan minimum requirement Windows 11) saat ini masih sangat dimungkinkan, kita bisa menggunakan Rufus, atau sejumlah metode advanced lain yang memang cukup banyak digunakan para pengguna.

Baca Juga : Cara Bypass Instalasi Windows 11 Dengan Rufus

Nah mengenai hal tersebut, pada pengujian yang saya lakukan di system yang tidak memiliki TPM 2.0, ketika saya ingin mencoba memperbarui Windows 11 Build 22598 ke 22621 melalui Windows Update, ternyata update sangat tidak dimungkinkan, karena system akan melakukan pengecekan perangkat apakah perangkat kita sudah sesuai dengan minimum requirement Windows 11 atau tidak sama sekali.

Jika kamu kebetulan adalah pengguna Windows 11 yang ingin melakukan upgrade, entah dari Windows 11 Sun Valley 1 ke Windows 11 Sun Valley 2 (22H2), atau ke versi lainnya, lalu apa yang harus dilakukan?.

Nah menjawab hal tersebut, melakukan upgrade dengan metode in place upgrade adalah solusi paling bagus yang dapat kamu coba, hanya saja metode ini juga harus menggunakan langkah khusus tambahan, yaitu diantaranya adalah.

Langkah 1. Membuat Bootable USB dengan menggunakan Rufus (Cara Bypass Instalasi Windows 11 Dengan Rufus) namun file ISO yang kamu gunakan adalah file ISO Windows 11 dengan Build baru yang ingin kamu install, misalkan adalah Build 22621 jika kamu berada dalam kasus seperti saya).

Langkah 2. Setelah Bootable USB berhasil dibuat, selanjutnya kita bisa melakukan in place upgrade seperti biasa menggunakan Bootable USB tersebut.

Mengenai hal ini, sebenarnya pernah WinPoin bahas dalam artikel sebelumnya mengenai Rufus 3.18 yang ternyata menghadirkan kemampuan untuk melakukan Bypass TPM Untuk In-Place Upgrade Windows 11.

Dengan solusi dan metode diatas, meskipun perangkat kamu tidak sesuai dengan minimum requirement Windows 11, kamu masih bisa menggunakan versi terbaru dari Windows 11 dengan melalui metode upgrade dari versi sebelumnya tanpa harus melakukan clean install. Tentu metode ini lebih ribet jika dibandingkan dengan melakukan upgrade via Windows Update, namun apa daya, Microsoft memberlakukan pembatasan yang ketat terhadap system requirement Windows 11.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.