Home News GoPro Tidak Lagi Mendukung Windows Phone?

GoPro Tidak Lagi Mendukung Windows Phone?

gopro-hero4-lumia-window10mobile

Kabar terakhir menyebutkan bahwa GoPro dan Microsoft telah menyepakati perjanjian lisensi yang menyangkut hak paten pada teknologi yang mereka miliki. Meskipun demikian, keharmonisan rupanya tidak terlalu berjalan baik pada divisi smartphone Microsoft yang akhirnya membuat GoPro memutuskan hengkang dari Windows Phone.

Produsen Action Cam tersebut sebelumnya membuat aplikasi GoPro dan berjalan cukup baik pada perangkat Windows Phone dengan memberi update secara teratur dan terus memberi dukungan kamera terbaru yang mereka miliki.

Dalam GoPro Support Hub, salah satu pengguna sempat menanyakan apakah nantinya mereka akan merilis update untuk Windows 10 Mobile ketika Lumia 950 dan 950 XL telah dipasarkan, dan berikut tanggapan resmi dari tim GoPro:

Kami telah menawarkan aplikasi GoPro untuk Windows Phone, dan akan melakukan hal yang sama untuk perangkat yang akan datang seperti Lumia 950/Lumia 950 XL.

Ini mungkin tidak kompatibel pada perangkat baru, tapi jika tidak berjalan dengan baik akan menjadi salah satu prioritas utama untuk tim pengembang aplikasi GoPro.

Respon tersebut diberikan pihak GoPro pada bulan Desember tahun lalu, dan dengan pembaruan aplikasi terakhir pada September 2015.

Namun hal tersebut kini nampaknya sudah berubah.

Pernyataan baru muncul lagi pada akhir Januari 2016. Masih dalam thread forum yang sama namun dengan penanya yang berbeda.

Penanya yang memiliki GoPro Hero 4 tersebut mengalami perangkat Windows 10 Mobile miliknya tidak dapat terhubung ke kamera, lalu ia menanyakan pada Customer Service dan jawabannya ialah “Unfortunately the GoPro App is no longer compatible with Windows phones. I do apologize for the inconvenience.”.

Lebih lengkapnya, berikut tanggapan dari moderator forum GoPro yang sebelumnya menjanjikan prioritas tersebut:

Maaf membuat kebingungan. Perlu diingat bahwa postingan sebelumnya yang menyatakan bahwa kami mendukung Windows Phone merupakan postingan awal desember tahun lalu, dan seperti sifat teknologi yang selalu cepat berubah membuat keputusan kami juga berubah.

Dari pernyataan tersebut, yang menyebutkan kami pasti menawarkan pembaruan dukungan untuk Windows Phone. Ini berarti kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk dapat membantu kamu terhubung dengan ponsel dan kamera, tetapi kami tidak lagi akan memberikan pembaruan dan fitur baru untuk Windows Platform.

Kamu juga dapat melihat pada webpage utama kami untuk ketersedian aplikasi GoPro, disana tidak ada lagi pilihan untuk mendownload aplikasi GoPro di Windows Store:

http://shop.gopro.com/softwareandapp/gopro-app-%7C-mobile/GoPro-App.html#/start=1

Saya harap ini dapat mengatasi segala kebingungan apapun!

Cheers,

Blake

gopro-mainpage-without windows store

Seperti yang kita lihat, dalam webpage GoPro tersebut memang tidak lagi memiliki tombol pilihan akan ketersediaan aplikasi GoPro untuk Windows Phone, meskipun aplikasi mereka tetap tersedia di Windows Store dan dapat di download.

Dilihat dari pendapatan perusahaan, sepertinya GoPro tengah mengalami badai ujian yang mana banyak mendapatkan persaingan ketat akhir-akhir ini.

Dengan tidak lagi disupportnya Windows 10 Mobile oleh GoPro, sepertinya pengguna Windows Phone juga perlu segera berpaling ke action cam yang lain, meskipun tampaknya belum ada banyak pilihan lain juga untuk itu.

Bagaimana pendapat kamu tentang keputusan GoPro untuk tidak lagi mensupport Windows 10 Mobile? Bagikan pendapat kamu disini

Via MSPU

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Ask me everything about Windows & Android via Twitter @UFebri | Trying to hard wanna be a Web Backend |