reviewlumia640xl_1

Semenjak di akuisisi oleh Microsoft. Microsoft gencar membuat smartphone dengan label ‘Lumia’, mulai dari Lumia 535 hingga Lumia 640. Namun ada sesuatu yang menarik perhatian saya ketika Microsoft mengumumkan Lumia 640 di Mobile World Congress maret lalu. Mulai dari spesifikasinya yang mempuni terutama pada bagian kamera dan juga Microsoft telah mengabarkan bahwa device ini akan menjadi salah satu yang pertama mendapatkan update ke Windows 10.

Meskipun beberapa waktu yang lalu ada device terbaru lagi dari Microsoft yaitu Lumia 540. tapi menurut saya spesifikasi yang diberikan tanggung dengan apa yang saya harapkan. Jadi atas pertimbangan diatas, saya lebih memutuskan untuk membeli Lumia 640 XL. dan kali ini saya akan mencoba untuk mereviewnya khusus untuk pembaca WinPoin :)

 

First Impression

reviewlumia640xl_2

Kesan pertama yang pasti saat melihat device ini adalah layarnya yang besar yakni 5.7 Inchi dengan resolusi 1280×720 dengan teknologi ClearBlack dan IPS LCD. Dengan ukuran layar sebesar itu. Jika di bandingkan dengan Lumia 535, akan terasa lebih puas 640 XL terutama pada saat bermain game ataupun membaca berita di Internet.

reviewlumia640xl_3

Di tambah dengan material plastik yang solid menambah kesan elegan pada device ini. Device ini menggunakan prosessor Quad-core 1.2GHz. Device ini juga di dukung dengan SDcard hingga 128GB,  memory internal 8GB dan dengan dukungan jaringan 3G.

 

Kamera

reviewlumia640xl_4

Lumia 640 XL di lengkapi dengan kamera depan 5MP dengan wide angle dan kamera belakang 13MP dengan menggunakan optik ZEISS. menurutku ini sungguh mengesankan untuk device menengah keatas. Oh ya, untuk app Lumia Camera bisa dijalankan dengan baik pada app ini. sebelum mengambil gambar, kamu dapat mengatur exposure secara manual. (Baca Juga : 7 Aplikasi Editor Foto Windows Phone untuk Melengkapi Hobi Fotografi Kamu)

reviewlumia640xl_5

Hasil dari jepretannya pun tidak mengecawakan, baik foto outdoor maupun indoor. terlebih device ini dilengkapi LED flash, jadi akan berguna jika ingin mengambil gambar pada tempat yang lowlight. Berikut beberapa hasil foto yang dihasilkan oleh Lumia 640 XL yang diambil dari beberapa tempat/keadaan.

Outdoor Shoot

 reviewlumia640xl_15

Indoor Shoot

reviewlumia640xl_15

Indoor Shoot : Night shot with LED Flash (Lowlight)

reviewlumia640xl_8

Dan tentunya tidak lupa untuk contoh hasil jepretan 5 megapixel kamera depan yang sangat cocok untuk berselfie ria.

Dan bagi kalian yang sangat hobi Fotografi menggunakan Lumia, mengingat memory internal yang disediakan hanya 8GB, saya sarankan untuk membeli SDcard yang berukuran minimal 8GB karena untuk 1 photo bisa berukuran 2MB. Sayangnya dikarenakan didaerah saya komplek perumahan, jadi tidak banyak foto bagus yang bisa saya ambil, tetapi jika kamu ingin melihat foto dengan resolusi asli bisa melihatnya disini.

 

Perfomance

Karena device ini menggunakan prosessor Quad-core menjadikan device ini tidak akan Lag ataupun hang pada saat multitasking, cocok buat produktifitas sehari-hari.

reviewlumia640xl_10

Dan juga bagi kamu yang hobby gaming. Dengan ukuran layar yang besar, tentunya akan merasa lebih puas ketika bermain game di Lumia 640 XL. Karena so far tidak ada kendala ketika memainkan game berat seperti Asphalt 8: Airborne.

reviewlumia640xl_11

 

Battery Life

reviewlumia640xl_12

Lumia 640 XL dukung dengan menggunakan battray Li-Ion berkapasitas 3000mAh, akan bertahan sekitar 39 hari dalam keadaan standby dan untuk berbicara dalam jaringan 2G memakan waktu 31 Jam, untuk jaringan 3G dan Pada saat memainkan musik akan memakan waktu 102 Jam.

reviewlumia640xl_13

Disamping itu, Device ini juga di juga memiliki fitur Glance screen yang dapat menampilkan jam, notifikasi icon, battery icon. Tetapi dengan menggunakan fitur ini akan memakan sedikit resource baterai, jadi jika ingin menghemat penggunaan batrai, fitur ini bisa di non-aktifkan.

 

Gratis Office 365 Subscription selama 1 Tahun

reviewlumia640xl_14

Salah satu keuntungan yang dapat kamu peroleh ketika membeli Lumia 640 & Lumia 640 XL adalah mendapatkan Free Subscription untuk Office 365 selama 1 tahun untuk PC. Untuk Redeem code kamu harus mendownload App Office 365 Gift di Windows Store. Setelah menginstallnya, ikuti instruksi yang ada di layar yang nantinya akan dikirimkan email yang berisi Lisensi Subscription dari Office 365 selama 1 tahun.

 

Kesimpulan

Setelah melakukan penggunaan dalam kurun waktu 2 hari Bisa saya tarik kesimpulan bahwa. Dengan harga 3 Juta, menurut saya Device ini worthy untuk kalian yang suka hunting foto menggunakan Lumia serta memiliki produktifikas tinggi.

Dan satu hal yang pasti mengenai device ini adalah sangat tidak di anjurkan untuk menaruhnya didalam celana ketat seperti celana Jeans. Jadi alternatifnya harus menyimpannya di tempat lain seperti tas.

Jika kamu ada pertanyaan seputar Lumia 640 XL, jangan malu-malu untuk bertanya! :)

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.